Share

Melihat Kisah di Balik Tendangan Kalajengking Milik Rene Higuita

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Kamis 06 Oktober 2022 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 06 51 2682100 melihat-kisah-di-balik-tendangan-kalajengking-milik-rene-higuita-55yTFIuh91.jpg Melihat kisah di balik tendangan kalajengking milik Rene Higuita (Foto: REUTERS)

MELIHAT kisah di balik tendangan kalajengking milik Rene Higuita akan anda ketahui pada artikel ini. Penggemar sepakbola tentu tidak asing dengan legenda sepakbol Kolombia satu ini.

Ya, legenda itu adalah Rene Higuita sang kiper nyentrik. Penjaga gawang satu ini identik dengan aksinya sebagai Sweeper.

Rene Higuita

Kiper yang bisa dikatakan sebagai ikon sepak bola Kolombia ini adalah penjaga gawang pertama yang mengenalkan peran tersebut. Pemain yang kini berusia 56 tahun itu kerap keluar dari areanya, Rene Higuita juga mendapat julukan El Loco atau Si Gila.

Pasalnya, sepakbola di era 80 dan 90-an, kiper dikenal hanya sebatas penjaga gawang saja. Selain andal menjadi Sweeper, Rene Higuita ternyata dapat dibilang tajam. Tercatat 41 gol telah ia cetak selama 25 tahun berkarier di lapangan hijau sebagai kiper.

BACA JUGA:Tragedi Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Marc Klok Ajak Semua Pihak Berbenah Diri

Kendati demikian, namanya lebih dikenang akan aksi gilanya yakni menyelamatkan gawang dengan tendangan kalajengking saat membela Kolombia melawan Inggris pada 1995. Lantas, bagaimana kisah di balik tendangan kalajengking milik Rene Higuita? Untuk mengetahuinya, simak ulasan okezone berikut ini.

Tendangan kalajengking dilakukan Higuita persis dilakukannya di garis gawangnya kala Kolombia menjalani laga persahabatan kontra Inggris di Stadion Wembley, 6 September 1995. Kala itu, tendangannya itu diperuntukkan untuk menyapu umpan silang Jamie Redknapp yang mengarah ke gawangnya.

Aksinya sontak membuat penonton dan komentator terkejut. Bahkan, aksi itu masuk dalam momen terbaik olahraga ke-94 dalam 100 momen terhebat di dunia olahraga.

Rene Higuita

Usut punya usut, Rene Higuita melakukan aksi tersebut lantaran terinspirasi dari permainan anak-anak di taman yang menendang bola dengan gaya salto. Ia pun berpikir hasilnya akan keren andai dilakukan dengan terbalik.

Oleh karena itu, Rene Higuita pun berlatih untuk mewujudkan hal tersebut yang baru tercipta lima tahun kemudian saat melawan Inggris. Aksi tendangannya itu pun menjadi inovasi di dunia sepak bola dan dianggap sebagai perlawanan akan cara konvensional dalam bermain sikulit bundar itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini