Share

5 Pesepakbola Indonesia yang Berstatus Personel TNI, Andalan Persib Bandung hingga Timnas Indonesia!

Dimas Khaidar, Okezone · Rabu 05 Oktober 2022 10:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 05 49 2680932 5-pesepakbola-indonesia-yang-berstatus-personel-tni-andalan-persib-bandung-hingga-timnas-indonesia-6If9c7ms7E.jpg 5 Pesepakbola Indonesia yang berstatus personel TNI (Foto: Okezone)

SEBANYAK 5 pesepakbola Indonesia yang berstatus personel TNI akan diulas pada artikel ini. Membahas sepakbola memang tidak akan ada habisnya, kali ini terdapat sejumlah pemain sepakbola Indonesia yang ternyata juga berstatus sebagai personel TNI.

Pesepakbola Indonesia yang merangkap jabatan sebagai anggota TNI ini muncul usai beberapa klub di Indonesia berafiliasi dengan dunia militer dan kepolisian. Hal itu pun menjadi penyebab dari bermunculannya para pesepakbola yang merangkan jabatan sebagai anggota TNI.

Tentunya, bergabung dengan instansi militer atau kepolisian menjadi salah satu keuntungan bagi para pemain. Oleh sebab itu, beberapa pemain ternama memutuskan untuk bergabung dengan klub yang berafiliasi dengan dunia militer.

Berikut 5 pesepakbola Indonesia yang berstatus personel TNI

5. Manahati Lestusen

Manahati Lestusen

Pemain pertama dalam daftar pesepakbola Indonesia yang berstatus personel TNI adalah pemain Persikabo 1973, Manahati Lestusen. Pemain asal Maluku ini ternyata juga merupakan anggota TNI.

Sebelum membela Persikabo 1973, Manahati Lestusen juga pernah memperkuat klub-klub di kasta tertinggi sepakbola Indonesia lainnya seperti Barito Putera dan Bhayangkara FC. Tidak hanya itu, Manahati Lestusen juga sempat membela klub Uruguay, Penarol B serta klub Belgia, CS Vise pada 2013.

Saat ini, eks pemain Barito Putera itu berpangkat Sersan Dua atau Serda dan bertugas di satuan Polisi Militer, Komando Daerah Militer VXI/Pattimura.

4. Frets Butuan

Frets Butuan

Selanjutnya terdapat pemain Persib Bandung yakni Frets Butuan. Frets Butuan memilik profesi lain selain sepakbola yakni sebagai prajurit TNI.

Pemain yang berposisi sebagai sayap kiri itu kini bertugas di Batalyon Infanteri Lintas Udara 330, Cicalengka, Bandung. Selain itu, eks pemain PSMS Medan itu juga menjadi andalan Persib Bandung selama beberapa musim terakhir.

3. Abduh Lestaluhu

Abduh Lestaluhu

Berikutnya dalam daftar pemain sepakbola yang berprofesi sebagai TNI adalah Abduh Lestaluhu. Abduh Lestaluhu sempat menjadi salah satu pemain yang dibicarakan usai menendang bola ke bench Thailand di final Piala AFF 2016.

Selain menjadi pesepakbola, Abduh Lestaluhu juga berprofesi sebagai anggota TNI. Pemain yang saat ini membela Persis Solo itu memiliki pangkat Sersan Satu atau Sertu di Detasemen Polisi Militer TNI AD.

2. Andy Setyo Nugroho

Andy Setyo Nugroho

Dalam urutan keempat di daftar pemain sepakbola yang berporfesi sebagai TNI adalah Andy Setyo Nugroho. Andy Setyo Nugroho merupakan bagian dari Timnas Indonesia U-19 yang menjadi juara Piala AFF-19 2019.

Kini, Andy Setyo Nugroho merupakan pemain dari Persikabo 1963. Selain berprofesi sebagai pesepakbola profesional, Andy Setyo Nugroho juga tercatat sebagai anggota TNI dengan pangkat Sersan Satu atau Sertu dan ditugaskan di Komando Strategis Darat atau KOSTRAD

1. Erwin Ramdani

Erwin Ramdani

Pemain terakhir dalam daftar pesepakbola yang berprofesi sebagai TNI ialah Erwin Ramdani. Erwin Ramdani merupakan pemain Persib Bandung sejak 2019.

Pemain berusia 29 tahun ini memiliki profesi lain selain sepakbola. Sama seperti empat pemain sebelumnya, Erwin Ramdani merupakan seorang anggota TNI, saat ini ia bertugas di Detasemen Polisi Militer atau Denpom III/Siliwangi Bandung.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini