Share

Ikut Berduka atas Meninggalnya 127 Orang di Stadion Kanjuruhan, Manajemen Arema FC Buka Posko Informasi dan Siapkan Santunan

Quadiliba Al-Farabi, MNC Media · Minggu 02 Oktober 2022 07:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 02 49 2678992 ikut-berduka-atas-meninggalnya-127-orang-di-stadion-kanjuruhan-manajemen-arema-fc-buka-posko-informasi-dan-siapkan-santunan-NxvJTbbYJd.jpg Momen kerusuhan terjadi pascalaga Arema FC vs Persebaya Surabaya. (Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto)

MALANG - Manajemen Arema FC telah menyiapkan posko informasi usai adanya kabar korban jiwa dalam kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan. Jelas manajemen Arema pun menyatakan turut berduka cita dan pihak klub pun bersedia untuk menyantuni korban dari kerusuhan pascalaga melawan Persebaya Surabaya.

Seperti diketahui, insiden kerusuhan itu terjadi kelar Arema FC vs Persebaya Surabaya di pekan ke-11 Liga 1 2022-2023 pada Sabtu 1 Oktober 2022 malam WIB. Tim tuan rumah harus mengakui keunggulan Bajul Ijo dengan skor 2-3.

Tak terima kekalahan tersebut, ratusan suporter tumpah ruah turun ke dalam lapangan. Mereka pun terlibat baku hantam dengan pihak kepolisian yang mencoba melerai.

Kericuhan Laga Arema vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan. (ANTARA/Ari Bowo Sucipto)

Namun, situasi semakin mencekam ketika pihak kepilisian mulai menembakkan gas air mata ke salah satu sisi tribun. Dikabarkan dari situ, banyak suporter yang terinjak-injak hingga kehabisan nafas.

Akhirnya, dikonfirmasi peristiwa ini memakan korban jiwa kurang lebih sebanyak 127 orang. Ini merupakan insiden “berdarah” terparah yang dialami Indonesia dalam satu tahun terakhir.

Dari laman resmi Arema FC disebutkan pihak manajemen terutama panitia pelaksana bertanggung jawab atas insiden ini. Sebagai bentuknya, mereka akan memberikan santunan dan Crisis Center sebagai tempati pendataan informasi korban.

“Arema FC menyampaikan duka mendalam atas musibah di Kanjuruhan. Manajemen Arema FC turut bertanggung jawab untuk penanganan korban baik yang telah meninggal dunia dan yang luka-luka," ungkap Ketua Panpel Arema FC, Abdul Haris dikutip dari laman resmi Arema FC, Minggu (2/10/2022).

Suasana kerusuhan kelar laga Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan (Avirista Midaada/MPI)

"Manajemen juga akan membentuk crisis center atau posko informasi yang menghimpun dan menerima laporan untuk penanganan korban yang dirawat di rumah sakit," tambah Haris.

"Kepada keluarga korban manajemen arema fc memohon maaf sebesar besarnya serta siap memberikan santunan. Manajemen siap menerima saran masukan dalam penanganan pasca musibah agar banyak yang diselamatkan," pungkas Abdul Haris.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini