Share

Exco Beberkan PSSI Belum Punya Rencana B jika Kontrak Shin Tae-yong Gagal Diperpanjang

Ilham Sigit Pratama, MNC Portal · Sabtu 01 Oktober 2022 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 01 51 2678727 exco-beberkan-pssi-belum-punya-rencana-b-jika-kontrak-shin-tae-yong-gagal-diperpanjang-NpQLE39maP.jpg PSSI belum siapkan Rencana B jika Shin Tae-yong tolak perpanjangan kontrak (Foto: Twitter/PSSI)

EXCO beberkan PSSI belum punya Rencana B jika kontrak Shin Tae-yong gagal diperpanjang. Menurut Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani, pihaknya masih belum menyampaikan rencana perpanjangan kontrak kepada sang pelatih.

Shin Tae-yong telah menjadi juru selamat bagi sepakbola Indonesia setelah berhasil meraih berbagai hasil positif untuk Tim Nasional di berbagai level usia. Tak ayal jika para pendukung Timnas Indonesia mendesak PSSI untuk segera memperpanjang kontrak Shin Tae-yong, yang pada saat ini hanya berlaku hingga 31 Desember 2023.

Shin Tae-yong

Terbaru, dua kemenangan atas Curacao pada FIFA Matchday lalu membuat Timnas Indonesia naik tiga tingkat ke ranking 152 FIFA. Belum lagi, sebelumnya Shin Tae-yong juga membawa dua kelompok umur Timnas Indonesia (senior dan U-20) ke putaran final Piala Asia.

Hal itu pun membuat PSSI terkesan bukan main. Ketua Umum (Ketum) PSSI bahkan menjanjikan perpanjangan kontrak minimal empat tahun kepada pelatih berpaspor Korea Selatan tersebut.

Namun demikian, Exco PSSI, Hasani Abdulgani mengatakan bahwa pihaknya hingga kini masih belum menyusun agenda rapat Exco untuk membahas perpanjangan kontrak Shin Tae-yong. Selain itu, belum ada satu pun pengurus PSSI yang mengomunikasikan rencana tersebut langsung kepada Shin Tae-yong.

“Saat ini, untuk rapat Exco kami belum ada rencana, pembicaraan langsung dengan coach Shin juga belum ada,” kata Hasani melalui pesan singkat kepada MNC Portal Indonesia, Sabtu (1/10/2022).

Sebab, PSSI belum memiliki rencana cadangan andai pahit-pahitnya Shin Tae-yong menolak perpanjangan kontrak. Namun Hasani secara pribadi mendukung 100 persen rencana PSSI untuk menyodorkan kontrak baru kepada pelatih yang membawa Timnas Korea Selatan menyingkirkan Jerman di Piala Dunia 2018 tersebut

 Shin Tae-yong

“Untuk plan B, kami juga belum mendiskusikan, mudah-mudahan dia (Shin Tae-yong) tidak menolak, kalau nanti diminta untuk perpanjang kontrak,” imbuhnya.

Saat ini, Shin Tae-yong sedang difokuskan pada sejumlah turnamen-turnamen besar selanjutnya. Terdekat, Shin Tae-yong akan mendampingi Timnas Indonesia U-20 untuk pemusatan latihan (TC) di Turki dan Spanyol.

Piala AFF 2022 adalah turnamen besar terdekat yang akan dihadapi Shin Tae-yong. Di tahun 2023, Piala Asia 2023, Piala Asia U-20 2023 dan Piala Dunia U-20 2023 juga sudah menanti arsitek kelahiran Yeongdok 51 tahun silam tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini