Share

5 Orang yang Suka Kritik Shin Tae-yong, Nomor 1 Eks Juru Taktik Timnas Indonesia U-19!

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Sabtu 01 Oktober 2022 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 01 51 2678563 5-orang-yang-suka-kritik-shin-tae-yong-nomor-1-eks-juru-taktik-timnas-indonesia-u-19-pNWYubmS9u.jpg Berikut 5 orang yang suka kritik Shin Tae-yong (Foto: PSSI)

SEBANYAK 5 orang yang suka kritik Shin Tae-yong akan diulas dalam artikel ini. Sebagai pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memang dicintai banyak pencinta sepakbola Tanah Air.

Apalagi prestasi Timnas Indonesia terus mencuat, setelah di bawah kendali Shin Tae-yong. Namun ternyata, ada pula sejumlah orang yang kerap melontarkan kritik pedas kepada pelatih berpaspor Korea Selatan itu.

Meski demikian, segala kritik yang dilontarkan padanya tak membuat pelatih asal Korea Selatan ini terpuruk. Justru para pengkritik ini membuat Shin Tae-yong makin menunjukkan kualitas dirinya sebagai pelatih top dunia. Lantas, siapa saja orang yang suka kritik Shin Tae-yong?

Berikut 5 orang yang suka kritik Shin Tae-yong:

5. Milomir Seslija

Milomir Seslija

Pelatih asal Bosnia ini pernah menukangi PSM Makassar dan Borneo FC. Pengalaman menjadi arsitek tim Tanah Air, membuat dirinya tahu mengenai kualitas pemain dalam negeri.

Hal itu membuat Milomir Seslija ternyata kerap melontarkan kritik kepada Shin Tae-yong. Salah satu kritik pedasnya pernah ia sampaikan pada 2021 silam. Ketika itu Milo (sapaan akrabnya), menilai jika pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia hanya berfokus pada latihan fisik dan kebugaran. Menurutnya, hal tersebut dianggap berlebihan.

4. Fakhri Husaini

Fakhri Husaini

Kemudian, orang yang suka kritik Shin Tae-yong ada Fakhri Husaini. Eks pelatih Timnas Indonesia U-16 itu pernah melontarkan kritik pedas kepada ke Shin Tae-yong soal sikapnya ke media.

Menurut Fakhri Husaini, Shin Tae-yong dibayar untuk membenahi Timnas Indonesia. Akan tetapi, ia disebut kerap mengeluh pada media soal kualitas Timnas Indonesia.

3. Paul Munster

Paul Munster

Selanjutnya, orang yang suka kritik Shin Tae-yong adalah Paul Munster. Eks juru taktik Bhayangkara FC itu pernah dibuat bingung dengan keputusan Shin Tae-yong yang memanggil Evan Dimas dan Adam Alis ke Timnas Indonesia untuk laga playoff Kualifikasi Piala Asia 2023.

Paul Munster berpendapat bahwa ada yang ganjil dari pemanggilan dua anak asuhnya. Pasalnya, Evan Dimas dan Adam Alis bukan pemain utama Bhayangkara FC setelah mengalami cedera.

2. Haruna Soemitro

Haruna Soemitro

Bukan hanya pelatih saja orang yang suka kritik Shin Tae-yong. Ada juga salah satu anggota Exco PSSI, yaitu Haruna Soemitro yang pernah melontarkan kritik pedas kepada Shin Tae-yong.

Ketika itu Haruna Soemitro berpendapat jika dalam hal sepak bola yang terpenting adalah hasil, bukan proses. Kritik tersebut dilayangkan saat Shin Tae-yong hanya bisa mengantarkan Timnas Indonesia sebagai runner up Piala AFF 2020.

Namun, kritik tersebut justru menjadi bumerang baginya. Sebab, ia justru dihujani kritik oleh netizen, yang meminta Haruna Soemitro untuk turun jabatan.

1. Indra Sjafri

Indra Sjafri

Kemudian di urutan pertama orang yang suka kritik Shin Tae-yong adalah Indra Sjafri. Ya, eks juru taktik Timnas Indonesia U-19 ini sempat terlibat seperti terlibat perang dingin dengan Shin Tae-yong.

Pria yang kini menjabat sebagai Direktur Teknik PSSI ini, kerap melayangkan kritik pada Shin Tae-yong. Salah satu kritik pedasnya adalah saat Indra menilai Shin Tae-yong tidak percaya diri dengan apa yang ia janjikan. Hal ini mengacu pada Shin Tae-yong yang terlalu banyak bicara pada media Korea Selatan.

Itulah 5 orang yang suka kritik Shin Tae-yong.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini