Share

Polres Malang Kerahkan 2.034 Personel untuk Amankan Derby Jatim Antara Arema FC vs Persebaya Surabaya

Avirista Midaada, Okezone · Jum'at 30 September 2022 11:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 30 49 2677981 polres-malang-kerahkan-2-034-personel-untuk-amankan-derby-jatim-antara-arema-fc-vs-persebaya-surabaya-qEOvAz5TWN.jpg Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat (Foto: MPI/Avirista Midaada)

POLRES Malang kerahkan 2.034 personel untuk amankan Derby Jatim antara Arema FC vs Persebaya Surabaya. Hal ini tidak mengherankan, karena laga yang bertajuk derbi seperti ini rentan untuk menimbulkan kerusuhan.

AKBP Ferli Hidayat selaku Kapolres Malang mendukung kebijakan Panitia Pelaksana (Panpel) yang tidak mengizinkan Bonek (suporter Persebaya) untuk mengunjungi Malang. Hal ini demi mengamankan jalannya pertandingan dan keamanan Malang, juga demi keamanan para Bonek sendiri.

Arema FC

"Manakala ada suporter Bonek Mania yang tetap hadir ke Malang, pihaknya akan mencoba mengumpulkan dan memberikan pengamanan untuk dikembalikan ke Surabaya," ucap Ferli Hidayat, melalui keterangan tertulisnya pada Jumat pagi (30/9/2022).

Sebagaimana diketahui, Kapolrestabes Surabaya dan Polsek-Polsek Jajaran di Surabaya juga telah menyiapkan titik-titik untuk nonton bareng sebagai upaya mengakomodir pendukung Persebaya agar tidak datang ke Malang.

"Kapolrestabes Surabaya dan Polsek-Polsek Jajaran di Surabaya juga telah menyiapkan titik-titik untuk nonton bareng, sebagai upaya mengakomodir pendukung Persebaya agar tidak datang ke Malang," kata dia.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan sejumlah wilayah untuk memberikan layanan kepada Aremania luar wilayah Malang raya yang ingin datang ke Malang. Pengamanan di wilayah - wilayah perbatasan Kabupaten Malang. Ribuan personel gabungan kepolisian, TNI, dan stakeholder lain juga telah disiagakan.

"Kami sudah menyiapkan 2.034 personel pengamanan, ditambah 50 personel cadangan yang ditempatkan di Polres. Kita berharap pertandingan kali ini bisa berjalan dengan aman dan damai. Rivalitas hanya berjalan 90 menit di lapangan, apapun hasilnya, kedua belah pihak bisa sama-sama menerima," tegasnya.

Persebaya Surabaya

Ferli mempunyai harapan, pertandingan nanti bisa menjadi contoh bagi pecinta sepak bola Indonesia, bahwa sebenarnya sepak bola bukanlah pemecah, namun sebagai pemersatu masyarakat.

"Kita berharap nanti kedepan suatu ketika sebagaimana kita bisa menerima supporter lainnya, kelak kedua belah pihak Aremania dan Bonek Mania bisa menyatu dalam satu tribun," tukasnya.

Duel dua tim Jawa Timur yang belum konsisten ini sesuai jadwal dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi bakal berlangsung pada Sabtu malam (1/10/2022) pukul 20.00 WIB. Laga ini bakal digelar di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini