Share

Presiden PSG Kritisi Tindakan Barcelona yang Jual Aset Hak Siar Gila-Gilaan demi Atasi Masalah Utang

Cikal Bintang, MNC Portal · Kamis 29 September 2022 13:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 29 51 2677356 presiden-psg-kritisi-tindakan-barcelona-yang-jual-aset-hak-siar-gila-gilaan-demi-atasi-masalah-utang-MXljOft7ge.jpg Nasser Al-Khelaifi kritik cara Barcelona atasi masalah keuangan (Foto: Twitter/PSG_inside)

PRESIDEN PSG kritisi tindakan Barcelona yang jual aset hak siar gila-gilaan demi atasi masalah utang. Presiden Paris Saint-Germain (PSG), Nasser Al-Khelaifi, mencemaskan bahwa tindakan ini akan menjamur, diikuti oleh klub-klub lain.

La Blaugrana –julukan Barcelona– menuju bursa transfer musim panas tahun ini dengan dililit utang yang luar biasa jumlahnya. Namun, manajemen klub raksasa Catlaan mengakalinya dengan menjual hak siar kepada berbagai perusahaan.

Presiden Barcelona, Joan Laporta

Penjualan itu memungkinkan Barcelona bisa menutup utang serta mengakali regulasi keuangan yang ketat di Liga Spanyol. Banyak pihak yang mengkritik langkah asal-asalan yang diambil oleh manajemen Barcelona, karena terlalu berisiko dan bisa disebut perjudian.

Al-Khelaifi pun ikut mengkritik kebijakan yang dinilai sembrono tersebut. Pengusaha berkebangsaan Qatar itu mengkhawatariskan jika aksi Barcelona dalam hal ini akan menjadi contoh bagi klub-klub lain jika mengalami situasi serupa.

“Apakah ini adil? Tidak, itu tidak adil ... Apakah itu legal? Saya tidak yakin,” kata Al-Khelaifi ihwal penjualan aset Barcelona, dikutip dari Politico, Kamis (29/9/2022).

"Jika mereka mengizinkannya, orang lain (klub lain) akan melakukan hal yang sama,” sambungnya.

Lebih lanjut, Presiden PSG itu menegaskan, Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) harus segera menyelidiki langkah yang diambil oleh Barcelona. Al-Khelaifi yakin, UEFA akan mengambil tindakan tegas terhadap hal itu.

Aleksandar Ceferin

“UEFA tentu saja memiliki peraturan (keuangan) mereka sendiri. Pasti mereka akan melihat semuanya,” tambah Al-Khelaifi tegas.

Sementara itu, UEFA sendiri sudah mengeluarkan pernyataan resmi mengenai masalah ini. UEFA menuliskan, semua klub yang berada di bawah naungan Federasi akan terus dipantau jika bermasalah.

“Semua klub yang berpartisipasi dalam kompetisi klub UEFA dipantau sesuai dengan Peraturan Lisensi Klub UEFA dan Keberlanjutan Keuangan. Keputusan tentang kepatuhan diambil oleh Badan Kontrol Keuangan Klub (CFCB) yang independen,” tulis UEFA dikutip dari Politico.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini