Share

Vietnam Sebut Penyebab Prestasi Timnas Indonesia Meroket di Tangan Shin Tae-yong

Ramdani Bur, Okezone · Kamis 29 September 2022 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 29 51 2677074 vietnam-sebut-penyebab-prestasi-timnas-indonesia-meroket-di-tangan-shin-tae-yong-XNve0K4dhH.jpg Shin Tae-yong dongkrak prestasi Timnas Indonesia. (Foto: Instagram/@shintaeyong7777)

PENGAMAT sepakbola asal Vietnam, Quang Huy, mengungkap penyebab kenapa prestasi Timnas Indonesia terus meningkat di bawah asuhan Shin Tae-yong. Quang Huy mengatakan disiplin tinggi yang diterapkan Shin Tae-yong menjadi penyebab performa skuad Garuda mengalami peningkatan.

Quang Huy menjadikan dasar penilaian ketika Vietnam dan Timnas Indonesia bertemu di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang dilangsungkan di Uni Emirat Arab pada Juni 2021.

Timnas Indonesia

Saat itu, Timnas Indonesia dihajar Vietnam 0-4! Namun, setelah itu berkat tangan dingin Shin Tae-yong, performa Timnas Indonesia terus meningkat.

Ketika kembali bertemu tepatnya di Piala AFF 2020 yang berlangsung pada Desember 2021, Timnas Indonesia sanggup menahan Vietnam 0-0. Hebatnya di sepanjang 2022 ini, Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong hanya kalah satu kali, tepatnya 0-1 dari Yordania.

Di luar itu, Timnas Indonesia selalu menang, termasuk dua kali menumbangkan Curacao dengan skor 3-2 dan 2-1. Karena itu, Quang Huy menilai aspek disiplin menjadi kunci utama prestasi Timnas Indonesia terus meroket.

“Sejak bertemu di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Timnas Indonesia terus berubah dan menjadi lebih kuat di bawah Shin Tae-yong. Kuncinya ada di disiplin,” kata Quang Huy mengutip dari Soha.

“Disiplin adalah hal dasar yang membantu perkembangan sepakbola Indonesia. Indonesia mempunyai pemain-pemain berbakat sama seperti Vietnam. Namun, di masa lalu disiplin merupakan hal yang kurang dari Indonesia,” lanjutnya.

Shin Tae-yong

Shin Tae-yong dikenal sebagai pelatih tegas. Sejumlah aturan ia tegakkan, demi kebaikan Timnas Indonesia.

Sebut saja mulai dari membatasi penggunaan media sosial, menjalankan sesi timbang badan, menetapkan jam malam, dilarang telat latihan hingga larangan mengonsumsi kudapan seperti gorengan.

Karena itu, Quang Huy menyimpulkan jika Vietnam bertemu Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, skuad asuhan Park Hang-seo harus waspada. Sebab, kekuatan Timnas Indonesia saat ini sudah jauh lebih meningkat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini