Share

5 Alasan Timnas Indonesia Bakal Juara Piala AFF 2022 Usai 2 Kali Kalahkan Curacao, Nomor 1 Bikin Segan Lawan!

Hakiki Tertiari , Okezone · Rabu 28 September 2022 08:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 28 51 2676369 5-alasan-timnas-indonesia-bakal-juara-piala-aff-2022-usai-2-kali-kalahkan-curacao-nomor-1-paling-ditakuti-OMIOn8NErA.JPG Berikut 5 alasan Timnas Indonesia bakal juara Piala AFF 2022 usai kalahkan Curacao (Foto: Aldi Chandra/MPI)

SEBANYAK 5 alasan Timnas Indonesia bakal juara Piala AFF 2022 usai dua kali kalahkan Curacao akan diulas dalam artikel ini. Kemenangan Elkan Baggott dan kolega di FIFA Matchday September 2022 berdampak baik bagi tim besutan Shin Tae-yong.

Bagaimana tidak, dari dua laga uji coba melawan Curacao, Timnas Indonesia mampu mendulang kemenangan. Di pertemuan pertama, pada Sabtu, 24 September 2022, skuad Garuda menang dengan skor 3-2.

Kemudian, di pertemuan kedua, pada Selasa 27 September 2022, Timnas Indonesia menggila dan menghajar Curacao dengan skor 2-1. Catatan itu membuat Timnas Indonesia makin punya alasan besar untuk juara Piala AFF 2022, yang berlangsung pada 20 Desember hingga 16 Januari 2023! Lantas, apa saja alasannya?

Berikut 5 alasan Timnas Indonesia bakal juara Piala AFF 2022:

5. Poin Tambahan di Ranking FIFA

Timnas Indonesia

Torehan hasil manis skuad Garuda atas Curacao membuat berhak mendapat tambahan total 14,71 poin. Hal itu berpengaruh pada posisi mereka di ranking FIFA, yang melesat tiga anak tangga!

Catatan itu menjadi yang terbaik ketimbang tim di wilayah ASEAN lainnya. Sekadar informasi, Vietnam yang menempati peringkat 96 dunia hanya mendapat tambahan 7,81 poin. Sedangkan Thailand hanya bisa menambah 4,23 poin.

Begitu pun Timnas Malaysia. Tim besuta Kim Pan-gon hanya mampu meraih tambahan sebesar 2,25 poin di FIFA Matchday September 2022. Tak ayal posisi Timnas Indonesia kini patut diperhitungkan untuk juara Piala AFF 2022.

4. Peningkatan Kualitas Pemain

Timnas Indonesia

Curacao bukan lah tim mudah yang bisa dipandang sebelah mata. Sebab, Juninho Bacunha dan kolega sendiri datang dengan status tim peringkat FIFA ke-84.

Secara postur dan fisik pun Curacao setara dengan tim dari wilayah CONCACAF lainnya. Akan tetapi, Timnas Indonesia mampu meladeni mereka. Praktis, hal itu membuat kualitas pemain Timnas Indonesia bertambah. Bermodal kemenangan itu, bukan hal mustahil, jika Timnas Indonesia mampu mengalahkan lawannya di ASEAN.

3. Mental Semakin Kuat

Timnas Indonesia

Seperti yang sudah disinggung, menghadapi tim dari benua Amerika, bukan perkara mudah. Vietnam saja hanya mampu imbang kontra Curacao pada tiga tahun silam.

Namun, Timnas Indonesia justru menang hingga dua kali! Selain mendapat pelajaran berharga, mentalitas para pemain Timnas Indonesia juga ditenggarai kian bertambah dan siap menggilas lawannya di Piala AFF 2022 mendatang.

Follow Berita Okezone di Google News

2. Bersaing dengan 3 Tim Benua Eropa

Timnas Indonesia

Selanjutnya, bukan hanya menang lawan tim dari benua Amerika saja, di balik hasil positif lawan Curacao, ternyata Timnas Indonesia juga mampu bersaing dengan tim dari benua Eropa! Maksud bersaing di sini, Timnas Indonesia jadi tim keempat dengan total tambahan poin terbanyak di ranking FIFA September 2022.

Skuad Garuda berhak mendapatkan tambahan total 14,71 poin di ranking FIFA, menjadi 1.033,90 poin usai kandaskan Curacao dua kali. Timnas Indonesia pun hanya kalah dari tiga tim di Eropa, yaitu Azerbaijan, Moldova, dan Belanda.

Untuk diketahui, di FIFA Matchday September 2022, Azerbaijan berhasil meraup 19,55 poin. Kemudian, Moldova sukses menambah 16,27 poin. Sementara itu, Belanda mampu mendapatkan total 15,11 poin.

1. Mampu Kalahkan Tim di Luar Asia

Timnas Indonesia

Seperti yang sudah disinggung, Timnas Curacao bukan tim sembarangan. Mereka datang jauh dari benua Amerika (CONCACAF) untuk bersua Timnas Indonesia. Alih-alih menang mudah, Curacao justru keok di tangan skuad Garuda.

Keberhasilan ini membuat Timnas Indonesia menunjukkan betapa hebatnya tim asuhan Shin Tae-yong melawan tim dari luar Asia, yang menempati urutan ke-84 dunia! Catatan itu membuat pengalaman Timnas Indonesia semakin tinggi dan bikin segan lawan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini