Share

Diperkuat Sandy Walsh, Betapa Dalamnya Sektor Kanan Pertahanan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Rivan Nasri Rachman, Okezone · Senin 26 September 2022 10:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 26 51 2674918 diperkuat-sandy-walsh-betapa-dalamnya-sektor-kanan-pertahanan-timnas-indonesia-di-piala-asia-2023-YXHbRyrarp.jpg Sandy Walsh akan segera membela Timnas Indonesia. (Foto: Instagram/sandywalsh)

SEKTOR kanan pertahanan Tim Nasional (Timnas) Indonesia bisa dikatakan memiliki sejumlah pemain yang menjanjikan. Selain Asnawi Mangkualam yang biasanya selalu mengisi sektor tersebut, nantinya akan ada juga Sandy Walsh yang diperkirakan siap untuk turun di Piala Asia 2023 mendatang.

Ya, Sandy Walsh bisa dikatakan akan segera bergabung dengan Timnas Indonesia. Sebab proses naturalisasinya bersama Jordi Amat tinggal selangkah lagi untuk rampung.

Jordi Amat dan Sandy Walsh tinggal diambil sumpah kewarganegaraan untuk mendapat paspor Indonesia. Rencananya, Jordi Amat dan Sandy Walsh akan diambil sumpahnya untuk menjadi Warga Negara Indonesia secara virtual.

Jadi, jika proses sumpah kewarganegaraan telah selesai, maka Sandy Walsh akan resmi berseragam Timnas Indonesia. Masuknya pemain klub Belgia, KV Mechelen tersebut pun membuat Shin Tae-yong semakin banyak memiliki opsi di sektor kanan pertahanan Timnas Indonesia.

Asnawi Mangkualam

Kehadiran Sandy semakin memperdalam lini belakang Timnas Indonesia, khususnya di sektor kanan. Sebab seperti yang sudah dijabarkan di atas, Sandy kemungkinan besar akan bersaing dengan Asnawi.

Menariknya, selain Sandy dan Asnawi, Shin Tae-yong masih memiliki sejumlah nama yang bisa dimainkan di sektor kanan pertahanan skuad Garuda. Sebut saja seperti Rachmat Irianto, Muhammad Ferarri, hingga Yakob Sayuri.

Irianto sejatinya memang seorang gelandang bertahan, namun ia bisa dimainkan menjadi bek tengah dan fullback kanan. Pada saat Timnas Indonesia menang 3-2 atas Curacao di FIFA Matchday 2022 pada Sabtu 24 September 2022 lalu, Irianto bahkan dipercaya untuk bermain sebagai bek tengah.

Baca Juga: Kesehatan Prima sebagai kunci menyambut tahun kelinci

Follow Berita Okezone di Google News

Lalu bagaimana dengan fullback kanan? Shin Tae-yong sudah beberapa kali memainkan Irianto sebagai pengganti Asnawi. Seperti pada semifinal SEA Games 2021 lalu saat melawan Thailand, Shin Tae-yong menaruh Irianto sebagai bek kanan karena Asnawi harus absen lantaran terkena akumulasi kartu kuning.

Kemudian di Kualifikasi Piala Asia 2023, lagi-lagi Shin Tae-yong mempercayakan Irianto sebagai wingback kanan. Pada momen tersebut, Irianto berhasil bermain baik.

Sementara itu, Yakob Sayuri pun tak kalah hebat. Yacob dipercaya bermain sebagai wingback kanan saat Garuda menang 3-2 atas Curacao.

Sandy Walsh

Yacob dapat tampil luar biasa dan mampu menggantikan peran Asnawi dengan baik. Hal itu jelas menjadi kabar baik untuk Shin Tae-yong, karena ia kini bisa memilih banyak pemain yang bisa dimainkan sebagai fullback atau wingback kanan.

Menarik tentunya melihat bagaimana Sandy Walsh bermain di sektor pertahanan Timnas Indonesia. Sejauh ini agenda yang kemungkinan bisa diikuti Sandy jika sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) adalah Piala Asia 2023 yang digelar pada 16 Juni sampai 16 Juli 2023 mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini