Share

2 Calon Pengganti Asnawi Mangkualam di Laga Timnas Indonesia vs Curacao

Rivan Nasri Rachman, Okezone · Sabtu 24 September 2022 13:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 24 51 2674144 2-calon-pengganti-asnawi-mangkualam-di-laga-timnas-indonesia-vs-curacao-eRwlnjGcl6.jpg 2 Calon Pengganti Asnawi Mangkualam di Laga Timnas Indonesia vs Curacao. (Foto: Instagram/asnawi_bhr)

2 calon pengganti Asnawi Mangkualam di laga Tim Nasional (Timnas) Indonesia vs Curacao akan dibahas di artikel ini. Dua pemain pengganti Asnawi yang dimaksud itu adalah Rachmat Irianto atau Muhammad Ferarri.

Seperti yang diketahui, Asnawi dipastikan absen pada laga perdana Timnas Indonesia vs Curacao di FIFA Matchday September 2022 yang akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), pada Sabtu (24/9/2022) pukul 20.00 WIB. Pemain Ansan Greeners itu absen lantaran mengalami cedera amstring.

Asnawi sendiri sejatinya sudah ikut latihan di Bandung bersama pasukan Garuda. Hanya saja Shin Tae-yong melihat kondisi Asnawi masih belum bugar karena itu ia diberikan porsi latihan yang berbeda oleh pelatih asal Korea Selatan tersebut dan harus beristirahat saat melawan Curacao di GBLA nanti.

Tentu absennya Asnawi membuat Shin Tae-yong harus mencari pemain lain yang akan mengisi posisi fullback kanan yang biasanya dimainkan oleh pemain berusia 22 tahun tersebut. Untungnya, Shin Tae-yong tak perlu pusing karena dia memiliki dua pemain, yakni Irianto dan Ferarri yang bisa bermain sebagai fullback kanan.

Rachmat Irianto

Irianto sendiri sejatinya merupakan pemain gelandang bertahan. Namun, ia dapat bermain di posisi mana pun seperti sebagai bek tengah maupun fullback kanan.

Shin Tae-yong bahkan sudah beberapa kali memainkan Irianto sebagai pengganti Asnawi. Seperti pada semifinal SEA Games 2021 lalu saat melawan Thailand, Shin Tae-yong menaruh Irianto sebagai bek kanan kaerna Asnawi harus absen lantaran terkena akumulasi kartu kuning.

Sayangnya pada saat itu Irianto gagal melakukan tugasnya sebagai fullback kanan dengan baik. Ia terkena kartu merah dan membuat Timnas Indonesia U-23 kala itu kalah dari Thailand dan gagal melaju ke final.

Follow Berita Okezone di Google News

Lalu di Kualifikasi Piala Asia 2023, lagi-lagi Shin Tae-yong mempercayakan Irianto sebagai wingback kanan. Pada momen tersebut, Irianto berhasil bermain baik. Jadi, memainkan Irianto sebagai fullback kanan bisa menjadi opsi bagi Shin Tae-yong saat melawan Curacao nanti.

Kemudian Ferarri juga bisa dimainkan sebagai bek kanan. Sejatinya pemain Persija Jakarta itu merupakan pemain bek tengah, namun kemampuan Ferarri sebagai fullback kanan cukup baik.

Muhammad Ferarri

Ferarri sendiri sejauh ini tengah menjadi sorotan karena permainan apiknya saat berhasil membawa Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023. Ferarri bisa dikatakan menjadi pemain andalan baru Shin Tae-yong sehingga tak heran jika ia dipanggil ke timnas senior.

Tentu bagi Ferarri agak sulit menembus bek tengah utama Timnas Indonesia. Namun, ia mungkin bisa langsung dimainkan sebagai fullback kanan untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan Asnawi.

Lantas, siapakah di antara Irianto atau Ferarri yang akan dipilih oleh Shin Tae-yong untuk mengisi posisi bek kanan Timnas Indonesia saat melawan Curacao nanti? Atau justru ada pemain lain yang bisa menjadi kejutan? Patut dinantikan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini