Share

Profil Cuco Martina, Kapten Timnas Curacao yang Bantu Mohamed Salah Raih Puskas Award 2018

Ramdani Bur, Okezone · Jum'at 23 September 2022 15:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 23 51 2673650 profil-cuco-martina-kapten-timnas-curacao-yang-bantu-mohamed-salah-raih-puskas-award-2018-Pvl8XOoSyh.jpg Profil Cuco Martina, kapten Timnas Curacao yang bantu Mohamed Salah raih Puskas Award 2018. (Foto: Instagram/@cucomartina15)

PROFIL Cuco Martina, kapten Timnas Curacao yang bantu Mohamed Salah meraih Puskas Award akan dibahas dalam artikel ini. Sekadar diketahui, Timnas Indonesia akan menghadapi Curacao pada 24 dan 27 September 2022.

Curacao sendiri bukanlah tim sembarangan. Negara yang berada di Kepulauan Karibia ini menempati peringkat 84 dunia, atau unggul 71 anak tangga dari Timnas Indonesia. Hal itu tidak mengherankan, mengingat Curacao merupakan salah satu tim terkuat di kawasannya.

Cuco Martina

(Cuco Martina saat diperkenalkan sebagai pemain Everton)

Terbukti pada 2017, Curacao keluar sebagai juara Piala Karibia setelah menang 2-1 atas Jamaika. Kekuatan Curacao salah satunya karena dihuni pemain-pemain brilian. Pemain-pemain Timnas Curacao diketahui membela sejumlah klub yang mentas di liga-liga top Eropa seperti Belanda dan Inggris.

Ambil contoh sang kapten, Cuco Martina. Meski berstatus tanpa klub per 1 Juli 2022, pemain 32 tahun ini mengalami pengalaman membela sejumlah klub top Eropa. Sepanjang karier sepakbolanya, Cuco Martina pernah membela RKC Waalkwijk, FC Twente, Southampton, Stoke City, Everton, Feyenoord Rotterdam hingga Go Ahead Eagles.

Melihat daftar tim di atas, Cuco Martina pernah merasakan atmosfer kasta tertinggi Liga Inggris, Premier League. Cuco Martina 24 kali turun di Premier League bersama Southampton. Sementara bareng Everton, Cuco Martina 21 kali turun di Premier League.

Cuco Martina juga memiliki pengalaman turun di Liga Eropa. Sebut saja lima laga bersama Southampton, tiga pertandingan bareng Everton dan dua laga saat memperkuat FC Twente.

Namun, aksi Cuco Martina paling menyorot perhatian ketika memperkuat Everton. Dibilang begitu karena Cuco Martina seakan membantu megabintang Liverpool, Mohamed Salah, mendapatkan Puskas Award atau gol terbaik dunia pada 2018.

Saat itu, Everton bertandang ke markas Liverpool di lanjutan pekan ke-16 Liga Inggris 2017-2018 pada Minggu, 10 Desember 2017 malam WIB. Pelatih Everton saat itu, Sam Allardyce, memercayakan Cuco Martina mentas sebagai fullback kiri.

Ia diinstruksikan mematikan pergerakan Mohamed Salah, pemain yang sudah mengemas 12 gol dari 15 laga awal Liga Inggris 2017-2018. Ternyata, usaha mati-matian Cuco Martina tidak membuahkan hasil.

Di menit 42 pertandingan, Mohamed Salah menerima umpan dari Joe Gomez. Tak lama berselang, Cuco Martina langsung mencoba menutup pergerakan Mohamed Salah. Namun, Body balance Mohamed Salah saat itu sangatlah kuat, sehingga membuat Cuco Martina terjatuh.

Mohamed Salah dan Cuco Martina

(Momen Mohamed Salah mengelabui Cuco Martina. (Foto: YouTube FIFA)

Ketika Cuco Martina terjatuh, Mohamed Salah langsung berbalik badan dan masuk ke kotak penalti Everton. Meski dibayang-bayangi Idrissa Gueye dan Ashley Williams, Mohamed Salah tetap santai melepaskan sepakan placing yang menembus gawang Everton kawalan Joel Robles.

Singkat kata pada penganugerahan FIFA Puskas Award 2018, gol Mohamed Salah ke gawang Everton dinyatakan sebagai pemenang, mengungguli gol salto Cristiano Ronaldo ke gawang Juventus di leg I perempatfinal Liga Champions 2017-2018.

Karena itu, Cuco Martina secara tidak langsung membantu Mohamed Salah mendapatkan Puskas Award 2018. Jika saja Cuco Martina tidak terjatuh, belum tentu Mohamed Salah bisa mencetak gol cantik ke gawang Everton.

Berikut profil Cuco Martina:

Lahir: Rotterdam, Belanda, 25 September 1989

Posisi Bermain: Fullback Kanan dan kiri

Gelar: Piala Karibia 2017 dan Piala Raja 2019

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini