Share

Penyebab Timnas Thailand Kalah dari Malaysia Terbongkar, Timnas Indonesia Diuntungkan Jelang Piala AFF 2022!

Ramdani Bur, Okezone · Jum'at 23 September 2022 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 23 51 2673324 penyebab-timnas-thailand-kalah-dari-malaysia-terbongkar-timnas-indonesia-diuntungkan-jelang-piala-aff-2022-IaXlvxHsiI.jpg Pelatih Timnas Thailand, Alexandre Polking, terlalu bergantung kepada Chanathip Songkrasin. (Foto: Twitter/@Changsuek_TH)

PENYEBAB Timnas Thailand kalah dari Timnas Malaysia di semifinal Piala Raja 2022 terbongkar. Ditariknya sang playmaker, Chanathip Songkrasin, karena cedera di awal laga disebut-sebut menjadi penyebab skuad Gajah Perang gagal menang atas Malaysia.

Semenjak menjabat sebagai pelatih Timnas Thailand pada Oktober 2021, Alexandre Polking terlalu bergantung kepada skill individu Chanathip Songkrasin. Di Piala AFF 2020, Thailand keluar sebagai juara karena andil besar gelandang milik Kawasaki Frontale tersebut.

Chanathip Songkrasin

(Alexandre Polking terlalu bergantung kepada Chanathip Songkrasin)

Terbukti, Chanathip Songkrasin memborong semua gol Thailand saat menang 2-0 atas Vietnam di leg I semifinal Piala AFF 2020. Kemudian di leg I final Piala AFF 2020, Chanathip Songkrasin mencetak dua gol awal Thailand, sehingga skuad Gajah Perang menang 4-0 atas Timnas Indonesia.

Kemudian, Thailand mengarungi babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 tanpa Chanathip Songkrasin yang mengalami cedera. Beruntung, hanya Uzbekistan, tim kategori mapan yang dihadapi Thailand saat itu.

Saat itu, Thailand menang 3-0 atas Maladewa dan 2-0 kontra Sri Lanka. Baru di laga ketiga, ketiadaan Chanathip Songkrasin begitu terlihat. Thailand tak berhaya di hadapan Uzbekistan karena kalah 0-2!

Sebelumnya di SEA Games 2021, Alexandre Polking juga tak bisa memanfaatkan tenaga Chanathip Songkrasin. Hasilnya, Timnas Thailand U-23 gagal menjadi juara karena kalah 0-1 dari tuan rumah Timnas Vietnam U-23 di partai puncak.

Terbaru, Chanathip Songkrasin hanya bermain 15 menit saat Thailand kalah adu penalti dari Malaysia di semifinal Piala Raja 2022. Saat itu, Chanathip Songkrasin ditarik keluar dan digantikan Sumanya Purisay.

Chanathip Songkrasin

“Chanathip benar-benar pemain penting. Ia mengalami cedera ringan, namun kami tak mau mengambil risiko dengan menariknya lebih awal. Saya ingin Chanathip kembali ke Jepang (Kawasaki Frontale) dalam kondisi bugar,” kata Polking mengutip dari Soha.

Melihat fakta di atas, Polking terlalu bergantung kepada Chanathip Songkrasin. Kabar baiknya bagi Timnas Indonesia, Chanathip Songkrasin disebut-sebut takkan membela Thailand di Piala AFF 2022 karena ingin beristirahat.

Absennya Chanathip Songkrasin tentu menguntungkan Timnas Indonesia yang tengah menggeliat di bawah asuhan Shin Tae-yong. Dengan begitu, Timnas Indonesia berpeluang mengalahkan Thailand di matchday ketiga Grup A Piala AFF 2022 yang dilangsungkan di Indonesia pada 29 Desember 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini