Share

Media Vietnam Sebut Kemenangan Timnas Indonesia U-20 atas Vietnam sebagai Keajaiban

Reinaldy Darius, Okezone · Kamis 22 September 2022 16:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 22 51 2672945 media-vietnam-sebut-kemenangan-timnas-indonesia-u-20-atas-vietnam-sebagai-keajaiban-L91hpBmj0z.jpg Media Vietnam sebut Timnas Indonesia U-20 menang secara ajaib atas Vietnam (Foto: Twitter/PSSI)

MEDIA Vietnam sebut kemenangan Timnas Indonesia U-20 atas Vietnam sebagai keajaiban. The Thao 247 merespons kekalahan Timnas Vietnam U-20 yang dipermalukan dengan skor 2-3 oleh Timnas Indonesia U-20 di ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu 18 September 2022 tersebut, Timnas Vietnam sempat unggul 2-1 setelah tertinggal akibat gol pembuka Indonesia oleh Marselino Ferdinan pada menit ke-60. Enam menit kemudian, Muhammad Ferarri menciptakan gol bunuh diri ke gawang Indonesia dan Dinh Xuan Tien membalikkan kedudukan untuk Vietnam menjadi 2-1 pada menit ke-79.

Marselino Ferdinan

Namun, Garuda Muda sukses bangkit dalam waktu singkat. Di menit ke-82, Muhammad Ferarri membayar blundernya dengan gol penyeimbang, sebelum Rabbani Tasnim memastikan kemenangan Indonesia dengan skor 3-2 pada tiga menit kemudian.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia U-20 pun lolos secara langsung ke putaran final Piala Asia U-20 2023. Skuad asuhan Shin Tae-yong sukses menyapu bersih kemenangan di ketiga laga Grup F babak kualifikasi.

Timnas Vietnam U-20 juga sebenarnya sukses meraih tiket lolos setelah mengoleksi enam poin dari tiga laga. Mereka berhak lolos sebagai salah satu dari lima tim runner-up terbaik.

Namun demikian, nampaknya masih ada dendam yang tersisa dari media Vietnam. The Thao 247 mengklaim bahwa kemenangan Indonesia dalam laga tersebut hanyalah suatu keajaiban saja.

"Itu tidaklah berlebihan untuk mengatakan bahwa Timnas Indonesia U-20 hanya membuat keajaiban melawan Timnas Vietnam U-20 di babak KualifikasI Piala Asia U-20 2023," kata media Vietnam tersebut, The Thao 247, dalam artikelnya yang berjudul "Setelah Mr Park, Kini Pelatih Shin Tae-yong yang Disebut Pahlawan Nasional oleh Media Korea".

Media Vietnam tersebut membandingkan prestasi Shin Tae-yong dengan Park Hang-seo, pelatih Timnas Senior Vietnam. Sebagai pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo memang pernah meraih gelar juara Piala AFF 2018.

Namun, jika dibandingkan secara head-to-head, Shin Tae-yong unggul jauh dari Park Hang-seo. Transfermarkt mencatat bahwa keduanya telah bertemu 13 kali dan Shin Tae-yong sukses memenangkan delapan di antaranya.

Park Hang-seo

Tiga pertandingan dimenangkan oleh Park Hang-seo, sedangkan dua partai lain berakhir imbang. Ke-13 catatan tersebut diukir ketika Shin Tae-yong melatih Timnas Indonesia dan Seongnam Ilhwa, selagi Park Hang-seo melatih Timnas Vietnam, Chunham Dragons, dan Sangju Sangmu.

Kendati begitu, perlu dicatat bahwa seluruh kemenangan yang diraih oleh Shin Tae-yong adalah ketika bersama Seongnam Ilhwa. Semenjak melatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong belum pernah mengalahkan Park Hang-seo.

Sejauh ini, keduanya telah bertemu tiga kali kala melatih Timnas. Park Hang-seo memenangkan dua di antaranya, selagi satu partai lain berakhir imbang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini