Share

Media Vietnam Sebut Selebrasi Tengil Pemain Timnas Vietnam U-20 Bikin Marah Suporter Timnas Indonesia U-20

Andika Pratama, Okezone · Senin 19 September 2022 13:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 19 51 2670449 media-vietnam-sebut-selebrasi-tengil-pemain-timnas-vietnam-u-20-bikin-marah-suporter-timnas-indonesia-u-20-F66n6pvCZK.jpg Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023 (Foto: Twitter/@PSSI)

MEDIA Vietnam, The Thao 247, menyebut selebrasil tengil pemain Timnas Vietnam U-20 membuat marah suporter Timnas Indonesia U-20. Sebagaimana diketahui, kedua tim itu baru saja bentrok dalam pekan pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Pertandingan itu berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Minggu (19/9/2022), malam WIB. Timnas Indonesia U-20 dan Vietnam bermain terbuka.

Dinh Xuan Tien (Foto: VFF)

Namun, Garuda Nusantara lebih menguasai permainan pada babak pertama. Vietnam pun mengandalkan serangan balik saat itu. Sayang, hingga babak pertama berakhir, skor kacamata tidak berubah.

Pertandingan menjadi seru pada babak kedua karena lima gol tercipta. Marselino Ferdinan memecah kebuntuan Garuda Nusantara pada menit 60. Tendangan kerasnya membawa Garuda Nusantara unggul 1-0 atas Vietnam.

Vietnam pun merespons pada menit 66. Serangan balik cepat Vietnam membuahkan gol bunuh diri usai Muhammad Ferarri salah mengantisipasi umpan terik di depan gawang Timnas Indonesia U-20.

Pada menit 79, Garuda Nusantara kecolongan melalui serangan balik Vietnam yang membuahkan gol oleh Dinh Xuan Tien. Sang pemain merayakan gol itu dengan membuat gestur kuping gajah yang seperti meledek suporter Timnas Indonesia U-20 di GBT.

The Thao 247 menilai, selebrasi itu memancing emosi suporter Garuda Nusantara yang memenuhi GBT. Maklum saja, sejak menit pertama, suporter Timnas Indonesia U-20 memang memberikan tekanan luar biasa kepada para pemain Vietnam. Akan tetapi, Vietnam justru mampu mengungguli Timnas Indonesia U-20.

“Terlalu senang setelah mencetak gol sekaligus meluapkan emosi di bawah tekanan penonton Indonesia, pemain berbaju 18 itu sedikit melakukan selebrasi berlebihan saat mengangkat tangan dan membuat pose ‘telinga gajah’,” tulis The Thao 247, Senin (19/9/2022).

Infografis Timnas Indonesia U-20 (Foto: Okezone)

“Selebrasi ini langsung membuat geram para suporter Indonesia yang hadir di lapangan karena menganggap aksi tersebut dimaksudkan untuk mengejek penonton dan juga Indonesia U-20. Begitu pertandingan berakhir, banyak penggemar Indonesia membanjiri fanpage sepakbola Vietnam untuk mengkritik Dinh Xuan Tien. Media Indonesia juga melaporkan kejadian ini,” sambung media Vietnam itu.

Untungnya,, pada menit 82, Timnas Indonesia U-20 bisa menyamakan kedudukan melalui sundulan Ferarri dalam situasi sepak pojok. Selang tiga menit, Rabbani Tasnim mencetak gol usai memaksimalkan umpan tarik Alfriyanto Nico. Timnas Indonesia U-20 berbalik unggul 3-2 atas Vietnam hingga pertandingan berakhir.

Akhirnya, Timnas Indonesia U-20 pun lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 sebagai juara Grup F. Sementara itu, meski kalah, Vietnam juga lolos sebagai satu dari lima runner-up terbaik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini