Share

5 Kunci Sukses Timnas Indonesia U-20 Lolos ke Piala Asia U-20 2023, Nomor 1 Paling Krusial

Djanti Virantika, Okezone · Senin 19 September 2022 09:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 19 51 2670191 5-kunci-sukses-timnas-indonesia-u-20-lolos-ke-piala-asia-u-20-2023-nomor-1-paling-krusial-YmffCNn3wS.jpg Berikut 5 kunci sukses Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023. (Foto: PSSI)

5 kunci sukes Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023 menarik dikulik. Sebab, Timnas Indonesia U-20 tampil begitu tangguh di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 sehingga menang sempurna di fase grup.

Ya, Timnas Indonesia U-20 sukses mengamankan tiket ke Piala Asia U-20 2023 usai menjadi juara Grup F. Garuda Nusantara -julukan Timnas Indonesia U-20- mengalahkan Timor Leste dengan skor 4-0, melibas Hong Kong dengan skor 5-1, dan menutup perjalanan di Grup F dengan menghajar lawan terkuat, Vietnam, dengan skor 2-1.

BACA JUGA: Daftar 9 Tim yang Lolos ke Piala Asia U-20 2023 Lewat Jalur Juara Grup: Timnas Indonesia U-20 Bersanding dengan Jepang hingga Korea Selatan!

Di balik keberhasilan itu, ada sejumlah faktor yang dinilai jadi kunci sukses. Apa saja? Berikut 5 kunci sukes Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023.

BACA JUGA: Statistik Buktikan Timnas Indonesia U-20 Unggul Mutlak Atas Vietnam

5. Tampil Percaya Diri

Timnas Indonesia U-20 vs Timnas Vietnam U-20

Salah satu kunci sukses Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023 adalah penampilan yang begitu percaya diri dari para anak asuh Shin Tae-yong. Sang pelatih pun mengakui hal itu.

Hokky Caraka dkk tampak tak gentar menghadapi seluruh lawannya di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Alhasil, permainan ciamik bisa ditunjukkan mereka. Sejak melawan Timor Leste, Garuda Nusantara bisa tampil lebih agresif dengan melancarkan serangan sejak awal laga.

"Para pemain sangat percaya diri sejak laga dimulai,” ujar Shin Tae-yong usai mengalahkan Vietnam, sebagaimana dikutip dari laman resmi PSSI.

4. Dukungan Penuh di Gelora Bung Tomo

Timnas Indonesia U-20

Faktor lainnya yang menjadi kunci sukses Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023 adalah dukungan penuh dari suporter di Stadion Gelora Bung Tomo. Para pencinta sepakbola Tanah Air terus memadati Stadion Gelora Bung Tomo sejak laga perdana fase grup Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Dukungan penuh dari para suporter ini pun telah memantik semangat dan kepercayaan diri lebih dari para pemain Garuda Nusantara. Tak hanya itu, para lawan pun tampak gentar dalam menghadapi animo tinggi dari para pendukung Timnas Indonesia U-20 kala berlaga di Stadion Gelora Bung Tomo.

Hal itu turut diakui pelatih Timnas Vietnam U-20, Dinh The Nam, kala melawan Timnas Indonesia U-20. Dia yang waswas dengan atmosfer Gelora Bung Tomo pun mempersiapkan mental timnya sebaik mungkin.

“Kami akan sangat mempersiapkan pertandingan itu, terutama dari segi fisik dan mental, karena pemain saya akan mendapat tekanan hebat dari suporter,” kata Dinh The Nam dalam jumpa pers jelang laga.

3. Kinerja Cemerlang Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinan

Selain itu, ada faktor dari sejumlah pemain Garuda Nusantara. Salah satunya dari Marselino Ferdinan. Diketahui, sang pemain sukses memberi pengaruh besar dalam permainan Timnas Indonesia U-20 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Marselino bahkan sukses mencetak 3 gol di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Pada laga melawan Vietnam, Garuda Nusantara bahkan baru bisa mencetak gol perdana usai Marselino diturunkan di babak kedua. Gol pembuka keunggulan sekaligus pemecah kebuntuan Timnas Indonesia U-20 itu dicetak Marselini pada menit ke-60.

Tak ayal, hal ini menegaskan kembali bahwa sosok Marselino memang layak diandalkan Shin Tae-yong. Pasalnya, sebelum Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 bergulir, Shin Tae-yong sempat dapat sorotan karena dinilai terlalu mengandalkan sosok Marselino Ferdinan dalam permainannya.

2. Semangat Pemain yang Pantang Pudar

Timnas Indonesia U-20 vs Timnas Vietnam U-20

Faktor lainnya adalah semangat pemain Timnas Indonesia U-20 yang begitu berapi-api di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Dengan menjadi tuan rumah, Garuda Nusantara tentunya makin bertekad kuat mendulang hasil manis di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Tak ayal, sejak awal perjalanan di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Timnas Indonesia U-20 sudah tampil perkasa. Marselino Ferdinan cs menunjukkan tak gentar menghadapi siapa pun lawan di ajang tersebut.

Hal ini pun turut diakui oleh pelatih Timnas Vietnam U-20. Dia menilai armada Shin Tae-yong benar-benar punya semangat juang tinggi dalam Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 ini.

“Mereka adalah tim kuat yang juga berstatus sebagai tuan rumah, mereka punya semangat juang dan kemampuan menyerangnya juga sangat bagus,” tutur Dinh The Nam.

1. Taktik Jitu Shin Tae-yong

Shin Tae-yong

Terakhir, ada faktor yang paling krusial dalam lolosnya Timnas Indonesia U-20 ke Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Faktor itu adalah taktik jitu dari Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan itu sukses meracik timnya menjadi begitu kuat dan solid. Keputusannya dalam menurunkan pemain pun terlihat sangat tepat di setiap laga, termasuk kala melawan Vietnam semalam.

Kala menghadapi lawan terberatnya itu, Shin Tae-yong memutuskan mencadangkan beberapa pemain andalannya lebih dahulu, seperti Marselino Ferdinan, Alfriyanto Nico, hingga Rabbani Tasnim. Mereka baru diturunkan di babak kedua.

Namun, keputusan itu berbuah manis. Hujan gol bisa tercipta dari sebelumnya Timnas Indonesia U-20 sempat terlihat buntu dalam membobol gawang Vietnam.

“Jadi, starting awal memang sangat bekerja keras sampai fisik mereka menurun di babak kedua, dan memang sebagai pelatih, saya memang ada insting untuk memasukkan tiga pemain,” kata Shin Tae-yong.

“Insting saya itu bekerja dengan baik, akhirnya kami bisa meraih kemenangan di laga ini, itu artinya kami sudah lebih kuat,” pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini