Share

Rahmad Darmawan dan Netizen Keluhkan Kondisi Stadion Pakansari, Masih Layak Jadi Venue Timnas Indonesia vs Curacao?

Ilham Sigit Pratama, MNC Portal · Minggu 11 September 2022 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 11 51 2665170 rahmad-darmawan-dan-netizen-keluhkan-kondisi-stadion-pakansari-masih-layak-jadi-venue-timnas-indonesia-vs-curacao-8z4eDopLs3.jpg Kondisi Stadion Pakansari saat diguyur hujan pada laga RANS Nusantara FC vs Persik Kediri. (Foto: Instagram/rans.nusantara)

BOGOR - Pelatih RANS Nusantara FC, Rahmad Darmawan mengeluhkan kondisi Stadion Pakansari usai timnya menahan Persik Kediri 1-1 di pekan kesembilan Liga 1 2022-2023 pada Sabtu 10 September 2022 kemarin. Netizen juga ikut menyoroti kualitas lapangan tersebut, namun nyatanya PSSI masih kekeuh menjadikan Stadion Pakansari sebagai venue Tim Nasional (Timnas) Indonesia di FIFA Matchday September 2022.

Padahal dari kritikan Rahmad Darmawan serta sejumlah pencinta sepakbola Tanah Air melihat Stadion Pakansari tak layak menjadi lokasi pertandingan Timnas Indonesia vs Curaco. Sebab mereka menganggap stadion tersebut tak layak menggelar pertandingan FIFA.

Sebagaimana diketahui, Stadion Pakansari menjadi salah satu kandidat venue untuk laga Timnas Indonesia versus Curacao. Hal ini patut dipertanyakan mengapa stadion yang terletak di Cibinong, Kabupaten Bogor itu dianggap layak menggelar pertandingan berlabel FIFA.

RANS Nusantara FC vs Persik Kediri di Stadion Pakansari (insttagram/rans.nusantara)

Bukan rahasia lagi bahwa curah hujan di Jabodetabek sedang tinggi-tingginya pada September 2022 ini. Selain itu, Stadion Pakansari juga sudah beberapa kali tergenang air kala menggelar laga Liga 1 musim ini.

Pada 15 Agustus 2022 silam, laga Rans kontra PSM Makassar sempat dihentikan sementara karena lapangan tergenang air hujan. Terkini, laga Rans versus PSM yang digelar pada Sabtu 10 September 2022 juga tergenang air.

Hal ini sempat dikeluhkan oleh pelatih RANS, Rahmad Darmawan. Menurutnya, lapangan yang tergenang air cukup menyulitkan kedua tim untuk mendistribusikan bola.

"Karena genangan air, kedua tim sama-sama kurang bisa mengembangkan permainan. Kami mulai lebih baik pertengahan babak pertama,” kata pria yang disapa RD itu pada jumpa pers, dikutip Minggu (11/9/2022).

Tentu amat memalukan jika genangan air tersebut kembali terulang di laga FIFA Matchday nanti. Dikhawatirkan pelatih Curacao, Art Langeler atau pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong juga mengeluhkan hal yang sama seperti yang diutarakan RD.

RANS Nusantara FC vs Persik Kediri di Stadion Pakansari (insttagram/rans.nusantara)

Sementara itu, di media sosial, warganet berbondong-bondong mengkritik PSSI. Mereka mempertanyakan mengapa JIS yang berstandar internasional justru dicoret, sedangkan Stadion Pakansari yang kerap tergenang air justru dipilih menjadi kandidat venue FIFA Matchday.

β€œPSSI masih masuki Pakansari ke dalam list venue Indonesi vs Curacao ga ya? Intensitas hujan di Bogor lagi tinggi, Rans vs Persik aja banjir tuh tadi, ohiya lupa yang penting Stadionnya berstandar FIFA,” kata warganet dengan nama pengguna @ha**iromui.

β€œNah kebetulan nih match sekarang main di Pakansari dalam kondisi hujan deras, bisa dilihat kondisi lapangan kaya gimana, masih tetap nih FIFA Matchday main di Pakansari?” sahut warganet dengan nama pengguna @hel**yudha.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini