Share

Timnas Indonesia dalam Bahaya, Media Vietnam Sebut China Tetap Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Djanti Virantika, Okezone · Rabu 17 Agustus 2022 06:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 17 51 2649266 timnas-indonesia-dalam-bahaya-media-vietnam-sebut-china-tetap-jadi-tuan-rumah-piala-asia-2023-uHltelxzFs.jpg Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. (Foto: Instagram/@pssi)

MEDIA Vietnam, Soha.vn, menyebut China bisa tetap menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Kondisi ini bisa turut memberi dampak kepada Timnas Indonesia karena PSSI diketahui ikut mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Jika terpilih menjadi tuan rumah, hal ini bisa memengaruhi posisi Timnas Indonesia di pot drawing Piala Asia 2023.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Federasi Sepakbola Asia (AFC) mencari tuan rumah baru untuk menggelar turnamen Piala Asia 2023. Pasalnya, China yang sebelumnya ditunjuk menjadi tuan rumah memutuskan mundur karena kasus Covid-19 yang kembali melonjak di sana.

Para pemain Timnas Indonesia

Ada 4 negara yang mencalonkan diri menjadi tuan rumah baru Piala Asia 2023. Selain Indonesia, ada Korea Selatan, Qatar, dan Australia.

Pihak AFC pun belum memutuskan siapa yang akan ditunjuk menjadi tuan rumah baru Piala Asia 2023. Keputusansoal status tuan rumah baru akan diumumkan 17 Oktober 2022.

BACA JUGA: Penyebab Media Vietnam Tantang Timnas Indonesia Kalahkan Vietnam di Piala AFF 2022

Namun kini, media Vietnam, Soha.vn, menyebut China dapat kembali menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Sebab, dengan kembali menjadikan China sebagai tuan rumah, penyelenggaraan Piala Asia 2023 dinilai takkan terancam mengalami penundaan.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal AFC, Datuk Seri Windsor Paul John, menyatakan bahwa Piala Asia 2023 terancam ditunda hingga 2024. Hal ini bisa terjadi jika Qatar atau Australia terpilih menjadi tuan rumah. Pasalnya, penyelenggaraan harus menyesuaikan dengan cuaca di negara tersebut.

BACA JUGA: Egy Maulana Vikri Kalahkan Rekor 3 Pemain Malaysia pada Debutnya Bersama FC ViOn Zlate Moravce

“China dapat kembali menjadi tuan rumah putaran final Piala Asia setelah mengumumkan pencabutan hak tuan rumah. Rencana AFC soal penyelenggaraan putaran final Piala Asia 2023 memiliki perkembangan baru. Kemungkinan turnamen ini tidak akan ditunda seperti yang dikabarkan sebelumnya,” tulis media Vietnam, Soha.vn, dikutip Rabu (17/8/2022).

“Pada 15 Agustus, laman 163.com China memposting informasi baru terkait turnamen sepakbola terbesar di Asia, putaran final Piala Asia 2023. Dengan demikian, ada kemungkinan China masih akan menjadi tuan rumah acara ini,” sambungnya.

“Menurut laman 163.com, setelah China mengumumkan pencabutan hak tuan rumah, AFC mengirim surat kepada sejumlah federasi anggota untuk mengundang negara-negara tersebut menjadi tuan rumah putaran final Piala Asia 2023. Federasi Sepakbola China juga menerima surat dari AFC,” jelas Soha.vn.

Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023

“Laman 163.com menyebutkan, di antara federasi yang menerima undangan dari AFC, kemungkinan China menerima undangan untuk kembali menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 masih yang tertinggi. Saat ini, Federasi Sepakbola China juga sedang mempertimbangkan kemungkinan ini, sebelum membuat pengumuman akhir. Jika China masih menjadi tuan rumah, pihak China dan AFC akan berdiskusi untuk membuat aturan pencegahan epidemi,” tuturnya.

Jika benar terjadi, Timnas Indonesia harus memupus harapan tampil di hadapan publik sendiri. Tak hanya itu, jika batal menjadi tuan rumah Piala Asia 2023, hal ini bisa memengaruhi hasil drawing Timnas Indonesia nantinya.

Sebab, Timnas Indonesia sebenarnya akan otomatis naik ke pot 1 dari yang awalnya menempati pot 4, jika menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Jika masuk pot 1, Timnas Indonesia otomatis terhindar dari lima negara kuat Asia di fase grup. Sebut saja Iran, Jepang, Korea Selatan, Australia, dan Qatar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini