Share

Hasil RANS Nusantara FC vs PSM Makassar di Liga 1 2022-2023: Diwarnai Hujan Deras hingga Laga Ditunda, Juku Eja Akhirnya Menang 2-1

Andhika Khoirul Huda, MNC Portal · Senin 15 Agustus 2022 21:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 15 49 2648449 hasil-rans-nusantara-fc-vs-psm-makassar-di-liga-1-2022-2023-diwarnai-hujan-deras-hingga-laga-ditunda-juku-eja-akhirnya-menang-2-1-psbHKrDQW2.jpg Suasana laga RANS Nusantara FC vs PSM Makassar. (Foto: Instagram/psm_makassar)

CIBINONG – PSM Makassar berhasil mencuri tiga poin dari markas RANS Nusantara FC di laga pekan keempat Liga 1 2022-2023, pada Senin (15/8/2022) malam WIB. Berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor, tim berjuluk Juku Eja itu tepatnya menang dengan skor tipis 2-1 berkat dua gol dari Everton.

Menariknya, laga RANS FC vs PSM sempat tertunda selama kurang lebih 1,5 jam. Hal itu dikarenakan lapangan tergenang air karena hujan deras yang mengguyur lokasi pertandingan tersebut.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Hujan deras yang mengguyur Stadion Pakansari sejak awal laga cukup menambah kesulitan bagi kedua tim. Aliran bola mereka menjadi tersendat karena sejumlah genangan air yang ada di atas lapangan hijau.

Meski begitu, saat laga berjalan delapan menit, Rans mampu menciptakan peluang emas ketika Jujun Junaedi lolos dari perangkap offside dan tinggal berhadapan dengan M. Reza Arya Pratama. Namun, Reza yang keluar dari sarangnya berhasil menghalau bola yang ditendang oleh Jujun.

RANS Nusantara FC vs PSM Makassar

Tujuh menit berselang, gantian Pasukan Eduardo Tavares yang nyaris membobol gawang The Prestige Phoenix -julukan Rans lewat Kenzo Nambu. Sayangnya, tandukannya yang menyambut crossing manis Yakob Sayuri di mulut gawang tim tuan rumah berhasil diselamatkan oleh kepala Ady Setiawan.

Hujan yang semakin deras membuat aliran bola semakin terhambat karena genangan air di lapangan semakin banyak. Alhasil wasit pun memutuskan untuk memberhentikan laga lebih dulu pada menit 20.

Setelah ditunda selama hampir 1,5 jam akhirnya pertandingan kembali digelar dalam kondisi hujan yang sudah mereda. Rans pun tampil lebih dominan selepas itu.

Terus menekan, tim yang dimiliki oleh Raffi Ahmad itu berhasil memecah kebuntuan pada menit 30 lewat Mitsuru Maruoka. Sepakan volinya yang menyambar bola liar dari sepak pojok meluncur deras ke pojok kanan bawah gawang.

Tak mau kalah, lima menit kemudian, PSM nyaris menyamakan kedudukan lewat Willem Jan Pluim. Akan tetapi, tendangan keras yang dilepaskannya dari luar kotak penalti masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Pada menit-menit akhir babak pertama, pertandingan berjalan keras karena kedua tim bermain sangat ngotot. Namun, hingga turun minum tidak ada gol tambahan yang tercipta. Rans unggul 1-0 atas PSM.

Babak Kedua

Pada babak kedua, PSM mampu menguasai jalannya pertandingan. Mereka bermain dalam tempo cepat dan membuat tim ruan rumah tertekan.

Hasilnya, saat babak kedua baru berjalan dua menit, Juku Eja berhasil menyamakan kedudukan lewat Everton Nascimento. Tendangan melengkung kaki kirinya yang mengarah ke pojok kiri atas gawang tak mampu digapai oleh Wawan Hendrawan.

Sepuluh menit kemudian, The Prestige Phoenix hampir kembali unggul. Sayangnya, tandukan Septian Bagaskara di mulut gawang PSM, yang menyambut tandukan Victor Sallinas, masih menyamping tipis di sisi kiri gawang.

RANS Nusantara FC vs PSM Makassar

Tak lama berselang, PSM gantian mengancam lewat serangan balik cepat. Namun, sepakan jarak jauh yang dilesatkan Yakob Sayuri mengarah tepat ke pelukan Wawan.

Pada menit 67, Everton nyaris menorehkan gol keduanya dalam laga ini. Akan tetapi, umpan silang ciamik Kenzo Nambu yang dihantamnya dengan tendangan keras dari dalam kotak penalti bisa ditepis oleh Wawan.

Malapetaka datang pada Rans pada menit 77. Sallinas diganjar kartu merah oleh wasit setelah mendapat kartu kuning kedua usai melanggar Everton di dekat kotak penalti meski dia berdiri sebagai orang terakhir.

Kemudian, tendangan bebas yang didapat PSM dari pelanggaran tersebut nyaris berbuah gol. Namun sayang, tendangan mendatar Yuran Fernandes yang mengarah ke sudut kiri bawah gawang bisa dihalau Wawan.

Lalu, rebound dari tepisan tersebut disambar oleh Everton dari jarak dekat. Akan tetapi, lagi-lagi Wawan mampu membuat penyelamatan gemilang dengan menepis sepakan pemain asal Brasil itu.

Pada 10 menit terakhir waktu normal, Juku Eja terus mengurung pertahanan Rans. Akhirnya, gol kemenangan yang ditunggu pun datang pada menit 90+2.

Gol tersebut ditorehkan oleh Everton. Tendangannya dari dalam kotak penalti dalam situasi kemelut dari sepak pojok mengenai salah seorang pemain Rans sehingga bola berubah arah dan mengecoh Wawan. Alhasil, PSM berhasil menutup laga ini dengan kemenangan 2-1 atas armada Rahmad Darmawan.

Berikut susunan pemain Rans Nusantara FC vs PSM Makassar:

RANS (4-3-3): Wawan Hendrawan; Ady Setiawan, O.K. John, Victor Sallinas, Moh. Edo Febriansah; Mitsuru Maruoka, M. Fadilla Akbar, Makan Konate; David Laly, Jujun Junaedi, Septian Bagaskara.

Cadangan: Hilmansyah, Kurniawan, M. Hamdan Zamzani, Saddam Hi Tenang, Alfin Tuasalamony, Arthur Bonai, Defri Riski, Sandi Sute, Cristian Gonzales, Wander Luiz.

Pelatih: Rahmad Darmawan

PSM (3-5-2): M. Reza Arya Pratama; Agung Mannan, Yance Sayuri, Yuran Fernandes; Akbar Tanjung, Arfan, Kenzo Nambu, Muh. Rizky Eka, Willem Jan Pluim; Everton Nascimento, Yakob Sayuri.

Cadangan: Harlan Suardi, Dallen Ramadhan, Erwin Gutawa, Victor Dethan, Bryan Cesar Ramadhan, M. Rafli Asrul, M. Ramadhan Sananta, Muh. Dzaki Asraf, Ricky Pratama.

Pelatih: Bernardo Tavares

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini