Share

Profil Markus Horison, Pelatih Kiper Timnas Indonesia U-16 yang Viral Usai Juara Piala AFF U-16 2022

Andika Pratama, Okezone · Sabtu 13 Agustus 2022 21:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 13 51 2647348 profil-markus-horison-pelatih-kiper-timnas-indonesia-u-16-yang-viral-usai-juara-piala-aff-u-16-2022-RUQEVeplBL.jpg Pelatih kiper Timnas Indonesia U-16, Markus Horison, viral di media sosial (Foto: Instagram/@markoesharison81)

PROFIL Markus Horison, akan dibahas Okezone. Sebagaimana diketahui, nama Markus viral di media sosial usai Timnas Indonesia U-16 menjuarai Piala AFF U-16 2022.

Nah, tahukah Anda, bahwa Markus adalah legenda sepak bola Tanah Air juga? Sewaktu aktif bermain, dia dikenal sebagai kiper yang amat tangguh. Markus juga bermain untuk klub-klub besar Indonesia sebelum pensiun.

Markus Horison (Foto: Instagram/@markoeshorison81)

Pemain kelahiran Pangkalan Brandan 14 Maret 1981 ini memuali karier sepakbolanya di klub amatir, PSL Langkat. Dia pun pernah bermain untuk PS Batam dan PSKB Binjai.

Markus memulai karier profesionalnya dengan membela PSMS Medan pada 2003. Meski begitu, dia baru menjadi kiper utama PSMS pada 2006.

Pada 2007, Markus pun dipanggil untuk membela Timnas Indonesia. Saat itu, Timnas Indonesia diasuh oleh juru taktik asal Bulgaria, Ivan Kolev.

Sejak itu, Markus kerap menjadi andalan di bawah mistar gawang Timnas Indonesia. Dia pun menjadi bagian dari skuad Timnas Indonesia yang menjadi runner-up Piala AFF 2010.

Markus tercatat terakhir kali membela Timnas Indonesia saat bentrok dengan Bahrain pada 6 September 2011. Saat itu, Skuad Garuda kalah 0-2 dari Bahrain.

Sementara itu, di level klub, selain main untuk PSMS, Markus pun pernah berseragam Persik Kediri, Arema Indonesia, Persib Bandung, Persidafon Dafonsoro, dan PSM Makassar. Markus pun pensiun sebagai pemain pada 2018. Dia terakhir kali bermain untuk klub liga teratas Timor Leste, Assalam FC.

Setelah pensiun, Markus langsung mengambil lisensi pelatih. Kini, Markus membantu Pelatih Bima Sakti di Timnas Indonesia U-16. Markus berperan sebagai pelatih kiper Timnas Indonesia U-16.

Timnas Indonesia U-16 pun keluar sebagai juara Piala AFF U-16 2022 usai mengalahkan Vietnam 1-0 di partai puncak. Akan tetapi, ada momen dalam perayaan gelar juara Timnas Indonesia U-16 yang membuat netizen bertanya-tanya.

Momen itu terjadi saat pengalungan medali kepada para pemain, pelatih, dan staf kepelatihan Timnas Indonesia U-16. Ketika mengantre untuk menerima medali, Markus dan salah satu staf pelatih, yang tidak diketahui namanya, mengucapkan ‘Lokal Pride’.

Video yang menangkap momen itu, diunggah salah satu netizen ke media sosial TikTok. Melalui akun @hendryrahmanjaya, dia mempertanyakan maksud dari kata-kata tersebut.

“Ini Markus Horison dan staf lainnya teriak-teriak lokal pride maksudnya gimana, ya? Ini nyindir buat Pelatih Shin Tae-yong? Mau orang luar negeri pun jika punya niatan baik untuk Indonesia, apa salahnya? Dan jika pemain, apa ga sadar ada Ji Da-bn yang half blood keturunan Korea dan pemain keturunan Indonesia lainnya?” tulis @hendryrahmanjaya di video yang diunggahnya, Sabtu (13/8/2022).

Markus Horison dan seorang staf kepelatihan Timnas Indonesia U-16 (Foto: TikTok/@hendryrahmanjaya)

Pada keterangan pada video tersebut, @hendryrahmanjaya meminta agar aksi saling sindir ini tidak dilakukan lagi. Menurutnya, semua pemain, baik lokal maupun keturunan, sama-sama berjuang untuk Indonesia.

“Stop sindir-menyindir. Mau pemain lokal ataupun pemain keturunan, tetap 1 nama, INDONESIA!!! Momentum di bulan hari kelahiran Indonesia, ayok saling jaga persatuan dan kesatuan,” ungkapnya.

Alhasil, Markus pun jadi perbincangan hangat di media sosial pada hari ini, Sabtu (13/8/2022). Kendati demikian, kejadian ini tidak akan menghapus jasa Markus untuk gelar juara Piala AFF U-16 2022 yang diraih Garuda Asia. Bagaimanapun, pelatihan dari Markus membantu kiper Timnas Indonesia U-16, Andrika Fathir Rachman, tampil apik sepanjang turnamen kelompok umur ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini