Share

Termasuk Bima Sakti, dalam 10 Tahun Terakhir Hanya Pelatih Lokal yang Bawa Timnas Indonesia Juara

Andhika Khoirul Huda, MNC Portal · Sabtu 13 Agustus 2022 08:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 13 51 2647087 fakta-mengejutkan-ternyata-dalam-10-tahun-terakhir-hanya-pelatih-lokal-yang-sukses-bawa-timnas-indonesia-juara-j9nMVcQzu4.jpg Bima Sakti jadi salah satu pelatih lokal yang berhasil bawa juara Timnas Indonesia di level usia 16 tahun (Foto: PSSI)

FAKTA mengejutkan seputar Timnas Indonesia akan diulas dalam artikel ini. Ya, keberhasilan Timnas Indonesia U-16 juara Piala AFF U-16 2022, ternyata menambah deretan pelatih lokal, yang sukses membawa Timnas Indonesia juara.

Diketahui sebelumnya, ternyata dalam 10 tahun terakhir, hanya pelatih lokal yang sukses memberikan gelar juara untuk Timnas Indonesia, di berbagai kelompok usia. Mulai dari U-16, U-19, U-23, hingga senior.

Timnas Indonesia U-16

Teranyar, pasukan Garuda Asia (julukan Timnas Indonesia U-16) menyabet gelar juara Piala AFF U-16 2022 usai mengalahkan Timnas Vietnam U-16 dengan skor tipis 1-0 pada Jumat 12 Agustus 2022 malam WIB. Gol semata wayang Muhammad Kafiatur Rizky di pengujung babak pertama jadi penentunya.

Prestasi tersebut jelas melambungkan nama pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti. Terlebih lagi, ini adalah trofi pertama dalam karier kepelatihannya.

Namun ternyata, dalam satu dekade terakhir memang hanya pelatih dalam negeri yang mampu mempersembahkan gelar bagi Indonesia di berbagai kelompok umur. Sebelum Bima Sakti, ada dua pelatih lainnya.

Pertama, Indra Sjafri. Tak tanggung-tanggung, pria yang kini menjabat sebagai Direktur Teknik PSSI itu, dua kali membawa Tim Merah-Putih menjadi yang terbaik.

Gelar juara pertamanya adalah Piala AFF U-19 2013. Kala itu, Indra membantu Evan Dimas dan kolega juara menaklukkan Vietnam lewat adu penalti dengan skor 7-6, usai bermain imbang tanpa gol selama 90 menit di Stadion Delta, Sidoarjo.

Kemudian, pada Piala AFF U-22 2019, juru taktik berusia 59 tahun itu kembali membawa Garuda Muda terbang tinggi. Saat itu, Timnas Indonesia U-22 menjadi juara usai menghajar Timnas Thailand U-22 dengan skor 2-1 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja.

Shin Tae-yong

(Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia)

Selain Indra Sjafri, Fakhri Husaini merupakan pelatih lainnya yang mampu memberikan prestasi bagi Timnas Indonesia. Pelatih kelahiran Lhokseumawe itu mempersembahkan gelar juara perdana Piala AFF U-16 untuk Tim Merah-Putih pada edisi 2018 sejak digelar pada 2002 lalu.

Ketika itu, Fakhri Husaini mengawal Bagus Kahfi dkk menjadi juara dengan mengalahkan Thailand lewat adu penalti dengan skor 4-3 di Stadion Delta, Sidoarjo. Sebelumnya, kedua tim bermain imbang 1-1 di waktu normal.

Selain pelatih-pelatih lokal di atas, belum ada lagi juru taktik yang berhasil memberikan gelar juara untuk Timnas Indonesia. Bahkan, pelatih asing saja belum ada yang melakukannya di level tim senior.

Mulai dari Luis Manuel Blanco, Jacksen F. Thiago, Alfred Riedl, Pieter Huistra, Luis Milla hingga Simon McMenemy, tak ada yang bisa memberikan prestasi untuk Timnas Indonesia. Kini, harapan besar ada pada diri Shin Tae-Yong, yang sudah membawa pasukan Garuda menjadi runner up Piala AFF 2020 dan lolos ke Piala Asia 2023.

Tentu saja diharapkan, pelatih asal Korea Selatan itu bisa memberikan gelar juara level senior untuk Timnas Indonesia, yang sudah enam kali menjadi runner up Piala AFF. Pasalnya, terakhir kali tim senior berprestasi adalah pada 1991 lalu saat menyabet emas di ajang SEA Games.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini