Share

Media Malaysia Soroti Penyebab Timnas Indonesia dan PSSI Batal Tinggalkan AFF

Djanti Virantika, Okezone · Senin 08 Agustus 2022 09:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 08 51 2643746 media-malaysia-soroti-penyebab-timnas-indonesia-dan-pssi-batal-tinggalkan-aff-mJxG5lYz5I.jpg Timnas Indonesia dipastikan bertahan di AFF. (Foto: PSSI)

MEDIA Malaysia, Semuanya Bola, ikut menyoroti penyebab Timnas Indonesia dan PSSI batal tinggalkan AFF. Kabar Timnas Indonesia tetap bertahan di AFF sendiri diketahui berdasarkan pernyataan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Sebagaimana diketahui, wacana Timnas Indonesia keluar dari AFF berembus kencang beberapa waktu belakangan. Hal itu disebabkan dugaan sepakbola gajah yang diperagakan Timnas Vietnam U-19 dan Timnas Thailand U-19 pada Piala AFF U-19 2022 beberapa bulan lalu.

Mochamad Iriawan

Dugaan sepakbola gajah ini sendiri diketahui telah merugikan Timnas Indonesia U-19. Armada Shin Tae-yong akhirnya harus tersingkir dari ajang Piala AFF U-19 2022 yang berlangsung di Indonesia.

BACA JUGA: Ketum PSSI Pastikan Timnas Indonesia Tetap Bertahan di AFF, Tidak Pindah ke EAFF

Merasa dirugikan, PSSI bertindak tegas dengan melayangkan surat protes kepada AFF. Namun kala itu, AFF tak langsung memberi respons kepada PSSI sehingga wacana hijrah ke konfederasi lain menguak. Salah satu yang dibidik adalah Federasi Sepakbola Asia Timur (EAFF).

BACA JUGA: 2 Kiper Indonesia yang Berkarier di Luar Negeri namun Belum Pernah Perkuat Timnas, Nomor 1 Main di Jepang

Namun, Iwan Bule -sapaan akrab Mochamad Iriawan- baru-baru ini menyatakan bahwa PSSI akan tetap bertahan di AFF. Hal ini disampaikan usai menyaksikan laga Timnas Indonesia U-16 melawan Vietnam di Piala AFF U-16 2022, Sabtu 7 Agustus 2022.

Pernyataan Ketum PSSI pun turut menjadi sorotan media Malaysia. Mereka pun menyoroti penyebab Timnas Indonesia bertahan di AFF yang disampaikan Mochamad Iriawan.

 “PSSI beri alasan kenapa Indonesia tetap di AFF. Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) sudah membatalkan niatnya untuk keluar dari naungan Federasi Sepakbola Asean (AFF), setelah sebelumnya diisukan akan bergabung dengan Federasi Sepakbola Asia Timur (EAFF),” tulis Semuanya Bola, dikutip Senin (8/8/2022).

Timnas Indonesia

“Setelah berbagai evaluasi yang dilakukan PSSI, Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, memutuskan untuk tetap bertahan di AFF. Menurut Iriawan, Indonesia adalah bagian dari Asia Tenggara dan PSSI akan terus memperkuat skuad nasional mereka untuk bersaing di bawah AFF,” sambungnya.

“Alih-alih mundur dari naungan AFF, Iriawan punya cara lain yang lebih baik untuk sepakbola Indonesia, dengan setiap kelompok umur sepakbola nasional terus berbenah untuk bisa menguasai Asia Tenggara,” pungkas Semuanya Bola.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini