Share

PSSI Berencana Pindahkan Kantor ke IKN Dekat Training Center

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Kamis 04 Agustus 2022 00:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 04 51 2641625 pssi-berencana-pindahkan-kantor-ke-ikn-dekat-training-center-N6kFx7mBXO.jpg PSSI berencana memindahkan kantor ke IKN (Foto: Istimewa)

JAKARTA โ€“ Indonesia berencana untuk memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Rencana itu pun mempengaruhi Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI).

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, merencanakan kantor PSSI pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal itu didasarkan dari peraturan FIFA dan agar dekat dengan training center anyar yang akan dibangun di sana.

Menpora Zainudin Amali, Ketum PSSI Mochamad Iriawan, dan Presiden Jokowi (Foto: PSSI)

Iwan Bule dipanggil oleh Presiden Joko Widodo untuk membahas sepakbola Tanah Air di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 3 Agustus 2022. Dalam kesempatan itu, Jokowi mengungkapkan, bahwa pemerintah akan membuat training center sepakbola di IKN.

Rencana tersebut disambut baik oleh PSSI yang memang sudah memiliki rencana untuk membuat tempat pemusatan latihan khusus untuk Timnas Indonesia. Iwan Bule -sapaan akrab Iriawan- pun sangat mengapresiasi dukungan pemerintah.

Iwan Bule menyatakan, pemerintah menyiapkan lahan seluas 30 hingga 50 hektar untuk membangun fasilitas tersebut. Nantinya, training center itu bakal dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menunjang seluruh kegiatan olahraga dan sepakbola di IKN.

Oleh karena itu, Iwan Bule juga ingin sekaligus memindahkan kantor PSSI yang saat ini berada di FX Sudirman ke IKN. Sebab, menurut peraturan FIFA, kantor federasi sepakbola harus berada di wilayah ibu kota negara.

โ€œTadi, secara spesifik tidak dibahas, tapi sudah kami sampaikan, bahwa kantor juga harus pindah. Karena aturan FIFA mengatakan kantor federasi itu harus ada di ibu kota negara, jadi kemungkinan kita akan pindah kesana karena kita harus berdekatan dengan pusat latihan,โ€ kata Iriawan dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Kamis (4/8/2022).

โ€œObsesi saya, nanti ada kantor, ada lapangan, ada pusat kebugaran, ada sport science, pokoknya lengkap. Kalau 30 hektar itu, kan, sudah sangat besar, jadi saya bisa bilang kantor pindah ke sana,โ€ imbuhnya.

Meski belum diketahui secara detail, Iwan Bule menjelaskan, bahwa lokasi training center anyar tersebut nantinya akan bertempat di antara Balikpapan dan Samarinda. Dalam keterangannya, jarak tempuh fasilitas tersebut tidak akan lebih dari satu jam perjalanan dari Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan.

Lalu, Iwan Bule juga mengungkapkan, Presiden Jokowi ingin membangun tujuh lapangan di training center IKN. Padahal, PSSI awalnya hanya meminta tiga lapangan saja.

Tentu saja, kabar tersebut menjadi angin segar bagi para pencinta sepakbola Tanah Air. Pasalnya, Timnas Indonesia tidak memiliki lapangan khusus untuk melakukan pemusatan latihan selama ini.

Menpora Zainudin Amali dan Ketum PSSI Mochamad Iriawan (Foto: PSSI)

Selain itu, pembangunan training center tersebut juga akan bermanfaat untuk pembinaan para pemain muda yang terdiri dari berbagai kelompok umur. Diharapkan, bakat-bakat mereka bisa terasah dengan maksimal di training center yang nantinya akan dibangun di IKN.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini