Share

Pemerintah Siapkan 7 Lapangan Training Center di IKN, Ketum PSSI Kaget

Andhika Khoirul Huda, MNC Portal · Rabu 03 Agustus 2022 22:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 03 51 2641601 pemerintah-siapkan-7-lapangan-training-center-di-ikn-ketum-pssi-kaget-Wjh4rtYSJX.jpg Pertemuan Ketum PSSI, Mochamad Iriawan dan Menpora Zainudin Amali bersama Presiden RI, Joko Widodo. (Foto: PSSI)

JAKARTA – Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan merasa senang karena akhirnya Tim Nasional (Timnas) Indonesia akan diberikan lokasi training center oleh pemerintah yang berlokasi di Ibu Kota Nusantara (IKN). Menariknya, Iriawan mengaku hanya meminta disediakan tiga lapangan kepada Presiden Indonesia, Joko Widodo, namun kenyataannya pemerintah bakal menyiapkan tujuh lapangan untuk training center Timnas Indonesia.

Pada Rabu (3/8/2022) pagi WIB, Jokowi mengadakan pertemuan dengan Iwan Bule –sapaan Iriawan- di Istana Merdeka, Jakarta, bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainuddin Amali. Dalam kesempatan tersebut, Iwan Bule menyebut bahwa Jokowi menyampaikan bahwa pemerintah berencana untuk membangun training center sepakbola di IKN.

Tak tanggung-tanggung, orang nomor satu di Tanah Air itu mengatakan bahwa pemerintah menyiapkan lahan sebesar 30-50 hektar untuk mendirikan fasilitas tersebut. Padahal, Iwan Bule menyatakan PSSI hanya membutuhkan sekira 15 hektar saja.

Pertemuan Ketum PSSI bersama Menpora dengan Presiden Jokowi (PSSI)

Tak sampai di situ, Iwan Bule membeberkan bahwa Jokowi memiliki obsesi untuk membangun tujuh lapangan di training center tersebut. Padahal, menurut Iwan Bule, tiga lapangan saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan Timnas Indonesia.

“Beliau (Jokowi) akan bangunkan lengkap (fasilitasnya) semua di sana, termasuk lapangan, kolam renang. Beliau juga terobsesi untuk membuat tujuh lapangan, padahal kami tadinya bilang tiga lapangan saja sudah cukup,” kata Iriawan dalam konferensi pers virtual, Rabu (3/8/2022).

“Ya kami sangat tenang tentunya karena dengan begitu bisa semua kelompok umur latihan di sana,” imbuhnya.

Lebih lanjut, pria berusia 60 tahun itu membocorkan titik yang akan menjadi lokasi dari pembangunan training center tersebut. Meski belum diketahui secara spesifik, menurutnya lokasinya akan berada di antara Kota Balikpapan dan Samarinda dengan estimasi waktu perjalanan tak lebih dari satu jam dari Bandara Internasional Sepinggan, Balikpapan.

Akan tetapi, Iwan Bule menyebut bahwa sejauh ini desain dari training center tersebut masih belum dibuat. Yang jelas, Jokowi menjanjikan bakal membangunnya dengan dilengkapi fasilitas yang lengkap, termasuk dengan adanya asrama dan hotel.

Pertemuan Ketum PSSI bersama Menpora dengan Presiden Jokowi (PSSI)

“Untuk desain masih belum ada karena nanti akan lihat dulu lokasinya. Nanti setelah itu baru kita buat desainnya kita datangkan ahli-ahli dari Indonesia dan mungkin luar negeri karena kita ingin seperti yang ada di Singapura,” ujar Purnawirawan Perwira Tinggi Polri itu.

“Di situ kan ada lapangan, ada theater, ada untuk menyimpan data juga sehingga nanti semuanya lengkap. Contohnya seperti yang di UPI Bandung itu. Lalu presiden juga bilang ingin menambahkan ada asrama atau hotel juga di sana,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini