Share

Shin Tae-yong Mengeluh ke Media Korea Selatan karena Pegang 3 Level Timnas Indonesia, STY Kembali Jadi Manajer Pelatih?

Ramdani Bur, Okezone · Rabu 03 Agustus 2022 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 03 51 2641116 shin-tae-yong-mengeluh-ke-media-korea-selatan-karena-pegang-3-level-timnas-indonesia-sty-kembali-jadi-manajer-pelatih-iDPECU633H.jpg Shin Tae-yong kembali diangkat menjadi manajer pelatih Timnas Indonesia? (Foto: PSSI)

SHIN Tae-yong mengeluh kepada media Korea Selatan, Khan, karena memimpin 3 level Timnas Indonesia sekaligus, yakni U-19, U-23 dan senior. Keluhan itu disampaikan Shin Tae-yong setelah mengadakan pertemuan dengan presiden Jokowi beserta rombongan yang medio minggu lalu baru saja mengunjungi Korea Selatan.

“Sayangnya di Indonesia, saya memimpin tiga tim sekaligus,” kata Shin Tae-yong mengutip dari Khan.

Shin Tae-yong

Tentunya, ucapan di atas tak sejalan dengan ungkapan Shin Tae-yong medio Juni 2022. Saat itu, Shin Tae-yong mendukung penuh keputusan PSSI yang memberikan jabatan pelatih Timnas Indonesia senior, U-23 dan U-19 kepadanya.

“Tim senior saat ini skuadnya hampir sama dengan U-23. Jadi secara program dan sistem memang harus dibawa atau diterapkan di tiga tim ini,” kata Shin Tae-yong kepada awak media di Stadion Madya, Senayan pada Selasa, 21 Juni 2022.

“Memang ada rasa capek dan lelah, namun tiga tim ini harus saya pegang. Kalau tidak pastinya akan balik lagi ke semula,” lanjut Shin Tae-yong saat itu.

Apakah ini pertanda PSSI bakal kembali mengaktifkan Shin Tae-yong sebagai manajer pelatih? Ketika dipercaya sebagai pelatih Timnas Indonesia pada akhir Desember 2019, Shin Tae-yong hanya diplot membesut Timnas Indonesia senior.

Namun, bukan berarti Shin Tae-yong lepas tangan dengan tim-tim di bawahnya seperti Timnas Indonesia U-16, U-19 dan U-23. Ia saat itu ditugaskan memsupervisi tiga timnas kelompok umur tersebut, supaya programnya berkeseninambungan dengan tim senior.

Gong Oh-kyun

(Gong Oh-kyun pernah menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia U-19)

Saat itu, masing-masing tim sudah memiliki pelatih kepala. Timnas Indonesia U-23 dipegang Indra Sjafri, Timnas Indonesia U-19 dibesut Gong Oh-kyun dan Timnas U-16 ditangani Bima Sakti.

Namun, semuanya berubah di tengah jalan. Indra Sjafri tiba-tiba diangkat menjadi Direktur Teknik PSSI dan Gong Oh-kyun mengundurkan diri. Alhasil, Shin Tae-yong harus memegang dua posisi peninggalan Indra Sjafri dan Gong Oh-kyun, yakni membesut Timnas Indonesia U-19 dan Timnas Indonesia U-23.

Daftar staf pelatih Timnas senior Indonesia hingga U-16 di awal-awal kepelatihan Shin Tae-yong:

Timnas Indonesia senior

Pelatih: Shin Tae-yong

Asisten: Indra Sjafri, Kim Hae-woon, Lee Jae-hong

Timnas Indonesia U-23

Pelatih: Indra Sjafri

Asisten: Nova Arianto, Kim Woo-jae

Timnas Indonesia U-19

Pelatih: Gong Oh-kyun

Asisten: Nova Arianto

Timnas Indonesia U-16

Pelatih: Bima Sakti

Asisten: Indriyanto Nugroho, Firmansyah, Markus Horison

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini