Share

Anies Baswedan Ungkap Penyebab Persija Jakarta Belum Bisa Berkandang di JIS untuk Sementara Waktu di Liga 1 2022-2023

Muhammad Refi Sandi, Jurnalis · Minggu 24 Juli 2022 19:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 24 49 2635474 anies-baswedan-ungkap-penyebab-persija-jakarta-belum-bisa-berkandang-di-jis-untuk-sementara-waktu-di-liga-1-2022-2023-xqAcfTOEvl.jpg Suasana Grand Launching Persija Jakarta di Jakarta International Stadium. (Foto: Carlos Roy/MPI)

GUBERNUR DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengungkapkan penyebab kenapa Persija Jakarta belum bisa berkandang di Jakarta International Stadium (JIS) untuk sementara waktu di Liga 1 2022-2023. Ia mengatakan administrasi yang belum lengkap dari PSSI menjadi kendala Persija Jakarta belum bisa bermarkas di stadion megah ini.

"Jadi ada persyaratan yang harus diselesaikan oleh Jakpro yang dipersyaratkan oleh PSSI yang itu harus dilengkapi," kata Anies Baswedan usai menjamu skuad Persija Jakarta dan Chonburi FC di Balaikota, Jakarta Pusat, Sabtu 23 Juli 2022.

Jakarta International Stadium

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Widi Amanasto menekankan ada masalah administrasi bukan bisnis, sehingga Persija Jakarta belum bisa berkandang di JIS. Tak hanya itu, standar keselamatan pemain keluar dan masuk juga harus dibenahi Jakpro selaku yang bertanggungjawab atas pembangunan stadion.

"(JIS) siap buat menampung untuk menjadi homebase dari apa yang kita cita-citakan bersama masyarakat Jakarta yaitu Persija menjadikan JIS sebagai homebase. Namun, beberapa administrasi memang harus kita selesaikan,โ€ kata Widi.

โ€œBukan masalah bisnis tapi masalah administrasi biasa itu yang menjadi polemik. Tapi, masalah administrasi karena menyangkut kepada keselamatan pemain," ujar Widi.

"Pemain itu harus steril dari para penonton tidak boleh nyampur karena berbahaya bagi pemain. Karena itu, kita sedang bekerja sama dengan PSSI bagaimana mengatur flow dari masuk hingga pemain keluar, supaya tidak diganggu oleh penonton karena bersamaan dari flow masuk dan keluar," imbuhnya.

Widi berharap permasalahan administrasi dan penambahan fasilitas dapat selesai dalam sepekan ke depan. "Kita harapkan segera dapat diselesaikan minggu depan Insya Allah secara administrasi kita selesai," tutur Widi.

Jakarta International Stadium

Kemudian, Direktur Utama (Dirut) Persija Jakarta Ambono Januarianto mengatakan terkait markas Persija dalam mengarungi Liga 1 2022-2023 mengandalkan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sebagai stadion utama. Sementara itu, Stadion Patriot Chandrabaga Bekasi dan JIS sebagai stadion cadangan.

"Mengenai homebase, sebenarnya sudah dijawab, sementara ini yg didaftarkan secara resmi itu homebase kita adalah GBK didaftarkan. Tapi kita juga mengatakan kemungkinan kita akan main di GBK, JIS, dan Patriot. Ketiga itu kita main. Homebase cuma satu, tapi main boleh di mana-dimana," ucap Bono.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini