Share

Alasan Terbesar Mengapa Qatar Terpilih Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022, Apa Saja?

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Selasa 12 Juli 2022 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 11 51 2627690 alasan-terbesar-mengapa-qatar-terpilih-menjadi-tuan-rumah-piala-dunia-2022-apa-saja-AgUO0vi7yc.jpg Alasan terbesar mengapa Qatar terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 (Foto: Reuters)

ALASAN terbesar Qatar terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 akan diulas dalam artikel ini. Seperti diketahui, gelaran Piala Dunia 2022 tinggal menghitung bulan, tepatnya dimulai pada 21 November hingga 18 Desember 2022 mendatang.

Sebanyak 32 negara akan saling berjibaku demi menjadi raja sepakbola dunia. Nah, sebelum jauh menjadi saksi siapa juara Piala Dunia 2022, ada baiknya Anda mengetahui alasan Qatar bisa terpilih jadi tuan rumah.

Piala Dunia 2022

Lantas, apa saja alasannya? Berikut alasan terbesar mengapa Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Terpilihnya Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 tentu menjadi sorotan tersendiri. Pasalnya, Piala Dunia merupakan ajang sepakbola bergengsi, yang akan diikuti oleh Tim Nasional (Timnas) dari penjuru negara dunia.

Pada 2010, Qatar resmi dipercaya sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Mereka berhasil mendapat suara terbanyak dalam pemungutan suara dari 22 anggota eksekutif Federasi Sepakbola Internasional (FIFA).

Qatar mengalahkan empat pesaing lainnya. Keempat negara itu adalah Amerika Serikat, Korea Selatan, Jepang, dan Australia.

Satu alasan terbesar Qatar bisa jadi tuan rumah adalah karena Qatar dianggap memenuhi kriteria Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) untuk menyelenggarakan pesta sepakbola dunia empat tahunan ini. Sekadar diketahui, Qatar merupakan negara yang sangat kaya.

Total PDB Qatar diketahui mencapai USD146,4 miliar (2020). Pemerintah Qatar juga membuktikan keseriusannya dengan melakukan renovasi pada 8 stadion yang mereka miliki untuk menyambut putaran final Piala Dunia 2022.

Sejak dipercaya menjadi tuan rumah pada 2010, Qatar terus berbenah diri menyambut para kontestan, yang bakal datang ke negaranya. Perjalanan Qatar membenahi semua fasilitas utama hingga penunjang, tentu tidak mudah.

Piala Dunia 2022

Qatar mendapat sejumlah tantangan. Publik semoat menyoroti terpilihnya Qatar sebagai tuan rumah. Banyak isu yang berkembang akan hal ini. Salah satunya adalah isu penyuapan kepada pejabat FIFA sebesar Rp54,2 miliar. Tudingan akan suap ini bertujuan untuk mengamankan dukungan bagi Qatar untuk menjadi tuan rumah.

Namun selah dua tahun terakhir diusut, akhirnya negara yang berada di semenjang Jazirah Arab ini bebas akan tuduhan tersebut. Bukan hanya itu saja, Qatar juga menghadapi tuduhan dari Amnesty Internasional dan Human Rights Watch.

Ketika itu, Qatar dituding melakukan perbuatan buruk kepada pekerja asing yang dipekerjakan untuk membangun fasilitas Piala Dunia. Namun, Qatar lagi-lagi bisa menjawab tantangan tersebut.

Dengan demikian, FIFA mempercayai jerih payah Qatar untuk jadi tuan rumah. Alhasil, FIFA tak sama sekali berupaya mengubah tuan rumah Piala Dunia 2022 dan tetap mempercayai Qatar sebagai penyelenggara Piala Dunia tahun ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini