Share

5 Pemain Timnas Indonesia yang Dulu Hidup Sederhana, Nomor 1 Andalan Shin Tae-yong

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Minggu 03 Juli 2022 18:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 03 51 2622827 5-pemain-timnas-yang-dulu-hidup-sederhana-nomor-1-andalan-shin-tae-yong-Ij2UmyTakY.jpg Berikut 5 pemain timnas yang dulu hidup sederhana. (Foto: PSSI)

5 pemain Timnas Indonesia yang dulu hidup sederhana menarik dikulik. Pasalnya, Timnas Indonesia diketahui memiliki banyak pemain bintang yang bahkan tak jarang menarik minat banyak klub luar negeri.

Dengan mengukir karier yang luar biasa, mereka pun kini bisa mengantongi pendapatan yang banyak. Alhasil, hidup yang sejahtera pun mereka jalani kini.

BACA JUGA: Dibutuhkan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Minta Naturalisasi Jordi Amat Tetap Lanjut

Namun ternyata, sebelum menjalani hidup seperti ini, sejumlah pemain timnas dulu hidup sederhana. Lantas, siapa saja 5 pemain timnas yang dulu hidup sederhana? Untuk lebih jelasnya, simak rangkuman berikut ini.

BACA JUGA: 6 Pemain Timnas Indonesia Favorit Shin Tae-yong, Nomor 1 Berkarier di Benua Biru

5 Pemain Timnas yang Dulu Hidup Sederhana

Berikut ini 5 pemain timnas yang dulu hidup sederhana.

5. Andik Vermansah

Andik Vermansah

Sebelum menjadi pemain timnas yang berprestasi, Andik Vermansyah berjualan es di sekitaran Stadion Tambaksari Surabaya. Usahanya itu demi mendapat penghasilan untuk biaya berlatih di sekolah sepak bola (SSB).

Usaha yang tak kenal menyerah itu akhirnya membuat Andik masuk ke tim utama Persebaya pada 2008 saat usianya masih 17 tahun. Dari situlah, kariernya mulai berkembang hingga membuatnya menjadi langganan Timnas Indonesia. Bahkan, Andik pernah berkarier di luar negeri.

4. Andhika Ramadhani

Andhika Ramadhani

Sedari kecil, Andhika Ramadhani sudah membantu ibunya untuk menjaga warung kopi milik keluarganya, terutama sejak sang ayah meninggal. Namun, kehidupannya ini berubah sejak Andhika berstatus sebagai kiper Persebaya Surabaya.

Bermain di kasta tertinggi sepakbola Indonesia dengan performa yang luar biasa, dalam 17 penampilan, Andhika Ramadhani memikat Shin Tae-yong. Dia hampir masuk daftar skuad SEA Games 2021.

3. Evan Dimas

Evan Dimas

Para pencinta sepakbola mungkin tak asing dengan nama pemain ini. Sebab, sejak 2014, Evan Dimas sudah menjadi langganan membela Timnas senior. Hal ini terjadi karena aksi memukaunya bersama tim nasional kelompok umur.

Jauh sebelum keberhasilannya, Evan dan keluarga harus hidup dengan serba kekurangan. Bahkan, untuk berlatih dan bermain saja, ia menggunakan sepatu dengan harga Rp20.000. Kisah pilu Evan kini berubah signifikan dengan kontrak hingga miliaran rupiah dari klub-klub top Indonesia setiap musimnya.

2. Pratama Arhan

Pratama Arhan

Nama Pratama Arhan melejit sejak membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, bahkan pengikut di sosial medianya meledak hingga 2,9 juta orang pengguna Instagram. Kini, ia tengah memulai kariernya di kancah Asia dengan bergabung Tokyo Verdy, klub kasta kedua Liga Jepang.

Sebelumnya, akibat keterbatasan ekonomi, Pratama Arhan harus bermain. Dia berlatih menggunakan sepatu yang harganya Rp25.000.

1. Witan Sulaeman

Witan Sulaeman

Lalu, ada nama Witan Sulaeman. Sebelum menjadi andalan Timnas Indonesia, dia bahkan pernah menjadi tukang sayur, membantu orangtua yang telah memberi dukungan penuh terhadap karier sepakbolanya.

Bahkan sebelum bergabung dengan skuad Garuda, deretan kompetisi pernah dilalui Witan. Namanya semakin meroket setelah lulus dari Diklat Ragunan dan menjadi langganan tim nasional kelompok umur, mulai U-19 hingga U-23.

Ia bahkan dipercaya sebagai andalan Shin Tae-yong di Piala AFF 2020 hingga Kualifikasi Piala Asia 2023 bersama Timnas Indonesia senior. Kini, Witan berkarier di Lechia Ddansk.

Demikian 5 pemain timnas yang dulu hidup sederhana yang dapat dijadikan sebagai motivasi dalam meraih cita-cita.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini