Share

5 Alasan Timnas Indonesia U-19 Bakal Lolos ke Semifinal Piala AFF U-19 2022 meski Imbang Lawan Vietnam di Laga Pembuka

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 03 Juli 2022 09:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 03 51 2622648 5-alasan-timnas-indonesia-u-19-bakal-lolos-ke-semifinal-piala-aff-u-19-2022-meski-imbang-lawan-vietnam-di-laga-pembuka-TimAAJBtNU.jpg Berikut 5 alasan Timnas Indonesia U-19 bisa lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022. (Foto: Aldhi Chandra/MNC Portal Indonesia)

5 alasan Timnas Indonesia U-19 bakal lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022, meski imbang lawan Vietnam di laga pembuka menarik dikulik. Sebab, Timnas Indonesia U-19 dipastikan harus berjuang keras di laga-laga selanjutnya pada fase Grup A demi lolos ke semifinal.

Ya, Timnas Indonesia U-19 harus puas mengawali perjalanan di Piala AFF U-19 2022 dengan menuai hasil imbang. Meski punya sejumlah peluang emas kala melawan Vietnam, Marselino Ferdinan dkk gagal memanfaatkannya dengan baik sehingga laga berakhir dengan skor 0-0.

BACA JUGA: Piala AFF U-19 2022: Media Vietnam Soroti Kemarahan Shin Tae-yong Kelar Laga Timnas Indonesia U-19 vs Timnas Vietnam U-19

Meski gagal menang di laga perdana, Timnas Indonesia U-19 diyakini masih bisa melenggang ke babak semifinal. Sejumlah alasan melatarbelakanginya. Apa saja? Berikut 5 alasan Timnas Indonesia U-19 bakal lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

BACA JUGA: Timnas Indonesia U-19 Hampir Kalah dari Vietnam di Piala AFF U-19 2022, Shin Tae-yong: Ini Skenario Terburuk!

5. Perjalanan Masih Panjang

Timnas Indonesia U-19

Alasan pertama karena perjalanan Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022 masih panjang. Garuda Nusantara -julukan Timnas Indonesia U-19- masih memiliki 4 laga lagi di babak penyisihan grup.

Keempat laga itu akan mempertemukan Timnas Indonesia U-19 dengan Brunei Darussalam, Thailand, Filipina, dan terakhir Myanmar. Jika terus mendulang hasil manis, armada Shin Tae-yong akan memperlebar kansnya lolos ke semifinal.

Meski sejatinya, usai ditahan imbang Vietnam, Timnas Indonesia U-19 kini masih menduduki posisi keempat di klasemen sementara Grup A. Di puncak klasemen, ada Myanmar yang menang telak atas Brunei dengan skor 7-0.

4. Skuad Bakal Makin Padu

Timnas Indonesia U-19

Alasan lainnya adalah skuad Timnas Indonesia U-19 diyakini bakal makin padu ke depannya. Dalam laga melawan Vietnam di laga perdana Grup A, Timnas Indonesia U-19 memang belum bekerja efektif dalam hal menyerang.

Marselino Ferdinan dkk beberapa kali kesulitan mengalirkan bola ke lini depan. Umpan dari pemain tengah Timnas Indonesia U-19 dapat dipotong lawan atau tidak tepat sasaran.

Namun, kondisi ini bisa diperbaiki oleh Garuda Nusantara -julukan Timnas Indonesia U-19. Sebab, usai laga melawan Vietnam, Shin Tae-yong menegaskan akan mengasah kembali serangan Garuda Nusantara.

“Saya akui, finishing kami kurang baik untuk hari ini, untuk cetak gol, perlu timing yang pas, kecepatan bola juga harus baik. Itu yang harus diperbaiki, itu yang harus disayangkan, seharusnya bisa cetak gol,” kata Shin Tae-yong dalam jumpa pers pascalaga.

3. Makin Semangat Berkat Dukungan Langsung Suporter

Timnas Indonesia U-19

Alasan ketiga karena Timnas Indonesia U-19 bakal tampil lebih bersemangat berkat dukungan penuh suporter di stadion. Dengan bermain di negara sendiri, Garuda Nusantara dipastikan bakal semakin bertekad kuat meraih kemenangan.

Shin Tae-yong sendiri bahkan menegaskan bahwa targetnya di Piala AFF U-19 2022 adalah menjadi juara. Sebab, dia pastinya ingin mengangkat trofi di hadapan publik Indonesia.

2. Punya Kualitas

Timnas Indonesia U-19

Faktor kedua adalah kualitas dari Timnas Indonesia U-19. Di Piala AFF U-19 2022, Shin Tae-yong memang memanggil para pemain muda terbaik Tanah Air.

Beberapa pemain yang diketahui punya kualitas ciamik adalah Marselino Ferdinan dan juga Ronaldo Kwateh. Keduanya sudah banyak mendapat kepercayaan dari Shin Tae-yong untuk membela Timnas Indonesia senior.

Kini, keduanya bisa menularkan pengalamannya kepada para pemain muda lainnya. Di luar nama itu, pemain lain di Timnas Indonesia U-19 juga sudah menuai pengalaman kala berlaga di Toulon Cup 2022. Dengan kualitas yang dimiliki, Timnas Indonesia U-19 bisa mendulang hasil manis di laga-laga ke depannya hingga lolos ke semifinal.

1. Kejeniusan Shin Tae-yong

Shin Tae-yong

Faktor terakhir adalah berkaitan dengan Shin Tae-yong. Dengan kejeniusan Shin Tae-yong, Timnas Indonesia U-19 diyakini bisa meraih hasil manis di 4 laga tersisa Grup A hingga lolos ke semifinal.

Ya, Shin Tae-yong memang sudah punya banyak pengalaman dalam menangani tim. Dia bahkan sukses membawa Timnas Indonesia senior menjadi runner-up Piala AFF 2020 dan lolos ke Piala Asia 2023. Kemudian, dia mengantar Timnas Indonesia U-23 meraih medali perunggu di SEA Games 2023.

Taktik Shin Tae-yong pun diyakini bisa membawa Timnas Indonesia U-19 mendulang hasil manis di 4 laga tersisa sehingga lolos ke semifinal. Apalagi, targetnya adalah menjuarai Piala AFF U-19 2022.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini