Share

5 Negara Calon Kuat Lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday September 2022, Nomor 1 Momok bagi Skuad Garuda

Andika Pratama, Jurnalis · Senin 27 Juni 2022 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 27 51 2618666 5-negara-calon-kuat-lawan-timnas-indonesia-di-fifa-matchday-september-2022-nomor-1-momok-bagi-skuad-garuda-CMFLOjg1tp.jpg Berikut lima negara calon kuat Timnas Indonesia di FIFA Matchday September 2022 (Foto: PSSI)

5 negara calon kuat lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday September 2022, akan dibahas Okezone. Perlu diketahui, FIFA Matchday berikutnya akan bergulir pada 19 hingga 27 September 2022.

Itu menjadi kesempatan bagi Timnas Indonesia untuk memperbaiki ranking FIFA. Sekarang, Skuad Garuda ada di ranking 155 FIFA. Nah, agar dapat banyak poin di FIFA Matchday, lawan Timnas Indonesia harus kuat dan ada di ranking lebih bagus.

Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, telah berdiskusi dengan Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, soal lawan Skuad Garuda. Hasilnya, Timnas Indonesia diwacanakan melawan tim peringkat 120 ke bawah. Itu bakal jadi ujian bagi Timnas Indonesia yang akan mentas di Piala Asia 2023. Berikut lima negara calon kuat lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday September 2022, menurut Okezone:

5. Korea Selatan

Son Heung-min (Foto: Reuters)

Daftar ini akan dimulai dengan Korea Selatan yang kini menempati ranking 28 FIFA. Secara kekuatan, Korea Selatan jelas ada di atas Timnas Indonesia.

Uji coba dengan Korea Selatan mungkin terjadi karena faktor Shin Tae-yong. Sebagaimana diketahui, Shin Tae-yong adalah juru taktik Son Heung-min dan kolega kala mentas di Piala Dunia 2018 silam.

4. Yordania

Timnas Yordania (Foto: Twitter/@afcasiancup)

Selanjutnya, ada Yordania yang kini menempati ranking 86 FIFA. Yordania adalah rival Timnas Indonesia di Grup A babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Perlu diketahui, Yordania keluar sebagai juara Grup A dan Timnas Indonesia runner-up.

Pada bentrokan di Grup A, Timnas Indonesia kalah tipis 0-1 dari Yordania meski permainan berjalan cukup berimbang. Jika bisa uji coba dengan Yordania pada September mendatang, itu bisa menjadi kesempatan untuk balas dendam.

3. Palestina

Timnas Palestina (Foto: Twitter/@afcasiancup)

Palestina memiliki kedekatan emosional dengan Tanah Air dari berbagai sisi. Untuk mempererat hubungan, Timnas Indonesia mungkin menggelar uji coba dengan Palestina yang kini ada di ranking 94 FIFA. Uji coba itu juga jadi peluang Timnas Indonesia mempelajari gaya main Palestina yang merupakan salah satu peserta Piala Asia 2023.

2. Vietnam

Timnas Vietnam (Foto: AFF)

Posisi kedua ditempati oleh Vietnam yang merupakan tim dengan ranking FIFA terbaik di Asia Tenggara. The Golden Star kini ada di ranking 97 FIFA.

Vietnam kerap menjadi batu sandungan Timnas Indonesia di Asia Tenggara. Sebelum mentas di Piala Asia 2023, Timnas Indonesia sebaiknya memutus catatan buruk itu. Hal tersebut dapat dimulai dengan mengalahkan The Golden Star dalam uji coba pada September mendatang.

1. Thailand

Timnas Thailand (Foto: Twitter/@Changsuek_TH)

Posisi pertama ditempati oleh Thailand yang juga menjadi momok bagi Timnas Indonesia di Asia Tenggara. Ranking FIFA Thailand lebih rendah ketimbang Vietnam, yakni 111. Akan tetapi, Timnas Indonesia punya urusan yang belum tuntas dengan tim berjuluk Gajah Perang itu.

Kekalahan di final Piala AFF 2020 tentu masih membekas di benak para pemain Timnas Indonesia dan suporter Merah-Putih. Oleh sebab itu, uji coba lawan Thailand dapat jadi panggung balas dendam bagi Timnas Indonesia. Selain itu, kemenangan atas Thailand juga akan jadi bukti, bahwa Timnas Indonesia siap bersaing di level yang lebih tinggi dari Asia Tenggara. (ADP)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini