Share

Media Vietnam Rendahkan Shin Tae-yong yang Berhasrat Bawa Timnas Indonesia Permalukan Timnas Vietnam di Piala Asia 2023

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 22 Juni 2022 12:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 22 51 2615974 media-vietnam-rendahkan-shin-tae-yong-yang-berhasrat-bawa-timnas-indonesia-permalukan-timnas-vietnam-di-piala-asia-2023-XDP644vAiB.jpg Shin Tae-yong belum pernah membawa Timnas Indonesia membobol gawang Vietnam. (Foto: PSSI)

MEDIA Vietnam, The Thao 247, merendahkan Shin Tae-yong yang berhasrat membawa Timnas Indonesia menyulitkan Timnas Vietnam di Piala Asia 2023. The Thao 247 menyebut, jangankan menyulitkan Vietnam, membobol gawang Golden Star -julukan Timnas Vietnam- saja Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong tak bisa melakukannya.

Timnas Indonesia memastikan lolos ke Piala Asia 2023 setelah absen tampil di ajang tersebut selama 16 tahun. Selain Timnas Indonesia, Asia Tenggara diwakilkan tiga negara lain yakni Vietnam, Malaysia dan Thailand.

Shin Tae-yong

(Shin Tae-yong bawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023)

Dari empat negara di atas, tiga di antaranya dibesut pelatih asal Korea Selatan. Sebut saja Shin Tae-yong yang membesut Timnas Indonesia, Kim Pan-gon (Malaysia) dan Park Hang-seo (Vietnam).

Berhubung sama-sama lolos, Timnas Indonesia, Malaysia dan Vietnam berpotensi saling bentrok. Bahkan salah satu dari Timnas Indonesia dan Malaysia bisa satu grup dengan Vietnam, mengingat mereka berada di pot yang berbeda.

Dalam wawancara dengan media asal Korea Selatan, Newsis, Shin Tae-yong mengaku siap menampilkan performa brilian. Hal itu terutama saat dipertemukan dengan Vietnam.

“Para pemain menguasai taktik dengan cepat dan memiliki kesan yang baik bekerja sama dengan pelatih asal Korea. Saya pikir semua pelatih merencanakan jangka panjang dan melaksanakannya dengan sangat baik,” kata Shin Tae-yong kepada Newsis, mengutip dari The Thao 247.

“Saya akan membantu Indonesia memainkan pertandingan yang berkesan di Piala Asia 2023 jika harus bertemu Vietnam,” lanjut Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong

Namun, ucapan Shin Tae-yong malah mendapat respons negatif dari The Thao 247. Media tersebut justru mengumbar catatan buruk Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong yang tak pernah membobol gawang skuad asuhan Park Hang-seo.

Di level senior, Timnas Indonesia dan Vietnam dua kali bentrok, ketika tampuk kepelatihan dipegang Shin Tae-yong dan Park Hang-seo. Pertemuan pertama tersaji di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang berlangsung Juni 2021.

Saat itu, Vietnam menang 4-0 atas Timnas Indonesia! Pertemuan kedua terjadi di matchday ketiga Grup B Piala AFF 2022 yang berlangsung Desember 2021. Hasilnya, skor sama kuat 0-0.

“Shin Tae-yong memang unggul head-to-head atas Park Hang-seo. Namun, semenjak keduanya bersaing di Asia Tenggara, hasilnya berbanding terbalik. Bahkan Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong belum pernah membobol gawang Vietnam,” tulis The Thao 247.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini