Share

Penuh Haru, Shin Tae-yong Ungkap Makna Jadi Pelatih Timnas Indonesia kepada Media Korea Selatan

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Selasa 21 Juni 2022 14:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 21 51 2615426 penuh-haru-shin-tae-yong-ungkap-makna-jadi-pelatih-timnas-indonesia-kepada-media-korea-selatan-wOutLvSImH.jpg Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Foto: PSSI)

PELATIH Shin Tae-yong curhat ke salah satu media Korea Selatan, yakni Newsis, mengenai banyak pihak yang bertanya-tanya mengapa ia mau melatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia. Dalam wawancara tersebut, Shin Tae-yong pun menceritakan makna menjadi pelatih Timnas Indonesia.

Bagi Shin Tae-yong, menjadi pelatih Timnas Indonesia ternyata sangat berarti. Sebab ia ingin mengetahui seberapa jauh kompetensi dan bakatnya dalam melatih suatu tim.

Shin Tae-yong sejak awal tahu bahwa melatih Timnas Indonesia tidaklah mudah. Apalagi banyak tawaran yang masuk kepadanya bisa dikatakan jauh lebih baik ketimbang menangani skuad Garuda.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Pelatih berusia 51 tahun sempat mengaku mendapatkan tawaran melatih klub di Liga China yang tentunya menyuguhkan gaji yang lebih fantastis. Namun, Shin Tae-yong tetap memilih mengambil pekerjaan melatih Timnas Indonesia karena merasa tantangannya jauh lebih menantang.

β€œ(Melatih di Indonesia) ini adalah lokasi yang baru. Saya ingin memiliki tantangan. Saya mau mengevaluasi diri saya kembali di tempat yang baru dan mengetahui seperti apa kompetensi dan bakat yang saya miliki,” ungkap Shin Tae-yong, melabnsir dari Newsis, Rabu (21/6/2022).

β€œKetika saya pertama kali melatih di Indonesia, banyak orang-orang dekat saya yang mempertanyakan keputusan saya itu. Mereka menyebut masih banyak lokasi (tim yang bisa dilatih) yang jauh lebih baik,” lanjutnya.

Kini Shin Tae-yong tampaknya sudah semakin yakin bahwa keputusannya melatih Timnas Indonesia adalah keputusan yang tepat. Sebab ia mampu membuktikan diri dengan mampu membawa Timnas Indonesia berprestasi.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Tercatat sejak dilatih Shin Tae-yong, Timnas Indonesia mampu menjadi runner-up Piala AFF 2020, merebut medali perunggu di SEA Games 2021, dan memastikan skuad Garuda tampil di Piala Asia 2023.

Bahkan peringkat FIFA Timnas Indonesia naik sangat drastis di tangan Shin Tae-yong. Pada awalnya Timnas Indonesia berada di peringkat 175, kini skuad Garuda bertengger di posisi ke-155 alias naik 20 peringkat dalam kurun waktu kurang lebih setahun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini