Share

5 Alasan Timnas Indonesia Berpeluang Lolos ke Piala Dunia 2026 jika Melaju ke Perempatfinal Piala Asia 2023, Nomor 1 Masuk Jajajaran 8 Tim Kuat di Asia

Hakiki Tertiari , Jurnalis · Senin 20 Juni 2022 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 20 51 2614430 5-alasan-timnas-indonesia-berpeluang-lolos-ke-piala-dunia-2026-jika-melaju-ke-perempatfinal-piala-asia-2023-nomor-1-bisa-masuk-jajajaran-8-tim-kuat-di-asia-c6Hgv3PwA1.jpg Berikut 5 alasan Timnas Indonesia berpeluang lolos ke Piala Dunia 2026 (Foto: PSSI)

SEBANYAK 5 alasan Timnas Indonesia berpeluang lolos ke Piala Dunia 2026 jika melaju Perempatfinal Piala Asia 2023, akan dibahas dalam artikel ini. Ya, peluang Timnas Indonesia mentas di Piala Dunia semakin terbuka lebar pada tahun 2026 mendatang.

Pasalnya, bukan hanya diselenggarakan di tiga negara, melainkan Konfederasi Sepak Bola Internasional (FIFA) juga menambah jumlah peserta Piala Dunia 2026. Sebelumnya, hanya ada 32 tim yang mentas di Piala Dunia, nantinya di tahun 2026 akan bertambah menjadi 48 tim!

Ya, dengan tambahan itu bisa sangat dimanfaatkan skuad Garuda untuk mentas di Piala Dunia. Lantas, apa hubungannya dengan Piala Asia 2023? Berikut 5 alasan Timnas Indonesia berpeluang lolos ke Piala Dunia 2026 jika lolos Perempatfinal Piala Asia 2023:

5. Kualitas Tim Semakin Tangguh

Timnas Indonesia

Kiprah Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023 sudah dilirik dunia. Sebab, Timnas Indonesia mampu mengalahkan Kuwait, salah satu tim unggulan yang satu grup dengan Timnas Indonesia. Capaian itu jadi bukti tangguhnya Timnas Indonesia bisa mengalahkan negara Timur Tengah.

Selain itu, skuad Garuda juga bisa menghajar Nepal dengan skor 7-0. Hasil itu menjadi bukti bahwa Timnas Indonesia sudah bisa bersaing dengan negara Asia Selatan.

Apalagi jika bisa lolos ke Perempatfinal Piala Asia 2023. Tentunya, kualitas Timnas Indoensia tambah bertambah, bahkan bisa menjelma jadi tim tangguh di Asia.

4. Punya Pelatih yang Mumpuni

Shin Tae-yong

Kemudian, adanya Shin Tae-yong di kursi kepelatihan juga masuk alasan Timnas Indonesia bisa lolos Piala Dunia 2026. Bukan hal yang baru jika Shin Tae-yong merupakan pelatih berpengalaman. Ya, tangan dinginnya membawa Korea Selatan mentas di Piala Dunia 2018, jadi bukti nyata kehebatannya.

Belum lagi,pelatih asal Korea Selatan itu juga pernah mengalahkan Jerman di Piala Dunia 2018! Ya, berkat sentuhan Shin Tae-yong Korea Selatan mencetak sejarah menang lawan salah satu tim terkuat di dunia. Tentu bukan tak mungkin, tangan dingin Shin Tae-yong juga bisa ampuh bersama skuad Garuda.

3. Melesatnya Ranking FIFA Timnas Indonesia

Timnas Indonesia

Sejak kehadiran Shin Tae-yong, kiprah Timnas Indonesia terus membaik. Bukan hanya berhasil memastikan lolos Piala Asia 2023, Timnas Indonesia pun naik 20 peringkat di ranking FIFA, sejak kedatangan Shin Tae-yong.

Tentu hal itu bukan suatu yang bisa dianggap sebelah mata. Perlahan tapi pasti Timnas Indonesia mulai memperlihatkan kualitasnya bersaing dengan negara tetangga di Asia Tenggara, maupun level Asia.

2. Manfaatkan Slot AFC yang Bertambah

Timnas Indonesia

Piala Dunia 2026 yang diadakan di tiga negara, yaitu Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko dipastikan menggunakan format baru. Jika sebelumnya hanya ada 32 tim yang berlaga, FIFA menambah slot kontestan menjadi 48 tim.

Nah, untuk Asia (AFC) pun otomatis ikut bertambah. Jika sebelumnya hanya ada 4,5 plus 0,5 wakil melalui playoff antarkonfederasi, nantinya AFC diberi jatah 8,5 plus 0,5 oleh FIFA. Itu Artinya, Asia bisa mengirimkan 9 wakil di Piala Dunia 2026.

Jika Timnas Indonesia berhasil lolos ke perempatfinal Piala Asia 2023, itu artinya skuad Garuda sudah berhasil masuk ke jajaran 8 tim terbaik yang bisa melalui fase grup dan gugur. Dengan kata lain, bukan tak mungkin skuad Garuda bisa konsisten tembus 8 tim yang lolos ke Piala Dunia 2026.

1. Indonesia Masuk Jajaran 8 Tim Kuat di Asia

Timnas Indonesia

Kiprah Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 tentu jadi sorotan. Bagaimana tidak, jika bisa melaju hingga perempatfinal Piala Asia 2023, praktis Timnas Indonesia sudah masuk dalam jajaran delapan tim terbaik se-Asia!

Akan tetapi, pasukan Shin Tae-yong ini harus konsisten dan berjuang lebih ekstra. Sebab, Timnas Indonesia masuk di pot 4 drawing Piala Asia 2023, lantaran menjadi kontestan dengan ranking FIFA terbuncit.

Itu artinya, Timnas Indonesia berpotensi satu grup dengan salah satu tim yang berada di pot 1. Adapun tim yang berada di pot 1 merupakan tim-tim unggulan. Sebut saja seperti Irak, Jepang, maupun Korea Selatan. Jadi, sanggupkah skuad Garuda tembus perempatfinal?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini