Share

10 Stadion Terbesar di Dunia Berdasarkan Kapasitas Penonton, Nomor 1 Bukan di Benua Eropa

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Sabtu 18 Juni 2022 16:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 18 51 2613923 10-stadion-terbesar-di-dunia-berdasarkan-kapasitas-penonton-nomor-1-bukan-di-benua-eropa-AfCkd9grVQ.jpg 10 stadium terbesar di dunia berdasarkan kapasitas penonton. (Foto: Reuters)

10 stadion terbesar di dunia berdasarkan kapasitas penonton akan dibahas pada artikel kali ini. Stadion sendiri merupakan tempat yang dipergunakan untuk menonton sebuah acara olahraga atau konser.

Setiap negara biasanya memiliki satu stadion yang terbesar. Besarnya stadion ini biasanya diukur dari kapasitas penonton yang bisa ditampung. Semakin besar stadion, pasti semakin besar juga daya tampungnya.

BACA JUGA: 5 Stadion Ternama yang Kini Telah Dihancurkan, Nomor 1 Berubah Jadi Apartemen

Nah, ternyata ada loh stadion-stadion terbesar di seluruh dunia. Namun, stadion terbesar ternyata bukan terletak di Benua Eropa yang identik sekali dengan olahraga, utamanya sepakbola. Berikut simak 10 stadion terbesar di dunia berdasarkan kapasitas penonton.

10 Stadion Terbesar di Dunia Berdasarkan Kapasitas Penonton

10. Stadion Wembley

Stadion Wembley

Di London Borought of Bent, terdapat stadion yang masuk ke daftar stadion terbesar di dunia, yaitu Stadion Wembley. Tak hanya digunakan sebagai tempat pertandingan sepakbola, stadion ini juga dijadikan tempat konser artis papan atas dunia. Kapasitas stadion ini adalah 90.000 orang.

9. Rose Bowl

Pada 1994, Stadion Rose Bowl di Amerika Serikat menjadi tuan rumah Piala Dunia. Penonton yang dapat ditampung oleh stadion ini adalah sebanyak 94.000 orang.

8. Stadion First Nasional Bank (FNB)

Sebulan sebelum dilaksanakannya Piala Dunia 2010, stadion ini berubah nama menjadi Soccer City. Soccer City berlokasi di Johannesburg, Afrika Selatan. Stadion ini mampu menampung 94.736 penonton.

7. Camp Nou โ€“ Spanyol

Camp Nou

Barcelona merupakan salah satu klub bola terbesar di dunia. Selaras dengan hal tersebut, klub ini juga memiliki stadion yang diklaim sebagai salah satu stadion terbesar di dunia. Kapasitas penontonnya mencapai 99.786 orang.

6. Beaver Stadium

Beaver Stadium terletak di kampus Pennsylvania State Unversity. Pada awalnya, stadion ini bisa menampung 30.000 penggemar. Namun, setelah direnovasi, stadion ini mampu menampung 106.572 penonton.

5. Stadion Azteca

Stadion Azteca berada di Meksiko ini mampu menampung 105.064 orang. Pada 1970 dan 1986. stadion ini pernah dijadikan sebagai tempat pertandingan semifinal Piala Dunia.

4. Michigan Stadium

Stadion ini merupakan stadion milik Universitas Michigan di Amerika Serikat. Berjuluk โ€œThe Big Houseโ€ karena ukurannya memang besar dan menjadi stadion terbesar di Negeri Paman Sam. Stadion ini berkapasitas 107.601 penonton dan biasa digunakan untuk acara olahraga, kelulusan, dan lain-lain.

3. Rungrado May Day Stadium

Mengutip dari StadiumDB.com, Rungrado May Day Stadium di Pyongyang, Korea Utara, memiliki luas sekira 20,7 hektar. Stadion ini diklaim mampu menampung penonton sebanyak 114.000. Stadion ini diperuntukkan untuk acara olahraga dan juga parade militer.

2. Stadion Salt Lake

India juga memiliki stadion sepakbola dengan kapasitas yang besar. Stadion Salt Lake atau yang bisa disebut Stadion Yuva Bharati Krirangan memiliki daya tampung sebesar 120.000 penonton.

1. Narendra Modi Stadium

Narenda Modi Stadium

Stadion yang dibangun pada 1983 ini merupakan milik Asosiasi Kriket Gujarat. Narendra Modi Stadium memiliki kapasitas sebesar 132.000 penonton dan terletak di Ahmedabad, India.

Selama berdiri, sudah banyak pertandingan bergengsi yang diadakan di stadion ini. Salah satunya Piala Dunia Kriket 1987, 1996, dan 2011.

Demikian informasi mengenai 10 Stadion Terbesar di Dunia Berdasarkan Kapasitas Penonton.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini