Share

Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023, Media Korea Selatan: Terima Kasih Park Hang-seo!

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 16 Juni 2022 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 16 51 2612774 timnas-indonesia-lolos-ke-piala-asia-2023-media-korea-selatan-terima-kasih-park-hang-seo-kPHFvXWBWT.jpg Timnas Indonesia baru saja lolos ke Piala Asia 2023. (Foto: Instagram/@PSSI)

MEDIA Korea Selatan, Yonhap, mengucapkan terima kasih kepada pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo. Yonhap menganggap kesuksesan Park Hang-seo bersama Timnas Vietnam telah memacu sejumlah negara lain di Asia Tenggara untuk menunjuk pelatih asal Korea Selatan.

Sekadar diketahui, ada tiga negara di Asia Tenggara yang ditangani juru taktik asal Korea Selatan. Sebut saja Timnas Indonesia yang ditangani Shin Tae-yong, Kim Pan-gon (Malaysia) dan Park Hang-seo (Vietnam).

Park Hang-seo dan Shin Tae-yong

(Shin Tae-yong dan Park Hang-seo, dua dari tiga pelatih asal Korea Selatan yang menangani tim asal Asia Tenggara. (Foto: Soha.vn)

Shin Tae-yong dan Kim Pan-gon baru saja membawa Timnas Indonesia dan Malaysia lolos ke Piala Asia 2023. Ini merupakan turnamen Piala Asia pertama bagi Timnas Indonesia dalam 16 tahun terakhir, terhitung sejak 2007.

Namun, di Piala Asia 2007 Timnas Indonesia lolos lewat jalur tuan rumah. Jika lolos lewat jalur kualifikasi, Timnas Indonesia terakhir kali melakukannya pada Piala Asia 2004 atau 19 tahun yang lalu. Kim Pan-gon lebih gila lagi.

Ia membawa Timnas Malaysia pertama kalinya lolos ke Piala Asia lewat jalur kualifikasi, setelah terakhir kali melakukannya pada 1980 atau 43 tahun yang lalu! Benar, Timnas Malaysia lolos ke Piala Asia 2007, namun lewat jalur tuan rumah.

Shin Tae-yong dan Kim Pan-gon mengikuti jejak Park Hang-seo yang lebih dulu membawa Timnas Vietnam lolos ke Piala Asia 2023. Park Hang-seo mengantarkan Vietnam lolos setelah finis di posisi dua pada babak kedua Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Sebelum kesuksesan di atas, Park Hang-seo sudah berjaya bareng Vietnam. Ia membawa Timnas Vietnam U-23 lolos ke final Piala Asia U-23 2018, menembus semifinal SEA Games 2018 hingga menyabet dua medali emas SEA Games 2019 dan 2021.

Sementara itu di level senior, Park Hang-seo mengantarkan Vietnam juara Piala AFF 2018, menembus perempatfinal Piala Asia 2019 dan melaju ke semifinal Piala AFF 2020. Yonhap menilai kesuksesan Park Hang-seo di atas telah menginspirasi negara-negara Asia Tenggara lain untuk menunjuk juru taktik asal Negeri Ginseng.

Park Hang-seo

(Park Hang-seo sukses besar bersama Timnas Vietnam)

Hasilnya pun positif. Shin Tae-yong dan Kim Pan-gon yang berasal dari Korea Selatan membangkitkan prestasi Timnas Indonesia dan Timnas Malaysia.

“Semua orang tahu setelah Park Hang-seo menjadi pelatih Vietnam, ia muncul sebagai pahlawan dan menulis banyak sejarah untuk sepakbola Asia Tenggara dan seluruh dunia,” tulis Yonhap.

“Berkat Park Hang-seo, kepercayaan kepada pelatih asal Korea Selatan mulai tumbuh. Timnas Indonesia yang dipimpin Shin Tae-yong finis runer-up di Piala AFF dan merebut perunggu SEA Games 2021. Sementara itu, Malaysia lolos ke Piala Asia 2023. Perhatian kepada pelatih asal Korea Selatan semakin besar,” tutup Yonhap.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini