Share

Penantian 16 Tahun Berakhir, Timnas Indonesia Akhirnya Main di Piala Asia Lagi

Quadiliba Al-Farabi, MNC Media · Rabu 15 Juni 2022 05:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 15 51 2611669 penantian-16-tahun-berakhir-timnas-indonesia-akhirnya-bakal-main-di-piala-asia-lagi-wysv8rQt8c.jpeg Timnas Indonesia vs Timnas Nepal. (Foto: PSSI)

KUWAIT - Kemenangan 7-0 yang diraih Tim Nasional (Timnas) Indonesia saat melawan Nepal tak hanya sekadar merebut tiket ke Piala Asia 2023 saja. Tapi itu juga mengakhiri penantian panjang skuad Garuda yang sudah 16 tahun tak pernah bermain lagi di kompetisi sepakbola terbesar di Asia tersebut.

Ya, Timnas Indonesia dipastikan akan tampil di Piala Asia 2023 yang berlangsung pada tahun depan. Hal itu diraih setelah laga terakhir kualifikasi Piala Asia 2023 pada Rabu (15/6/2022) dini hari WIB. Bermain melawan Nepal di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait, pasukan Shin Tae-yong menang dengan skor telak 7-0.

Adapun pencetak gol skuad Garuda diciptakan Dimas Drajad (6'), Witan Sulaeman (43' dan 81'), Fachruddin Aryanto (54'), Saddil Ramdani (55'), Elkan Baggott (80'), dan Marcelino Ferdinand (90').

Timnas Indonesia (Foto: PSSI)

Dengan kemenangan tersebut, Timnas Indonesia finis sebagai runner-up grup A dengan mengoleksi enam poin. Di puncak klasemen ditempati Yordania yang sudah lebih dulu memastikan tiket Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia sendiri bisa lolos ke Piala Asia 2023 meski tak menjadi juara grup karena termasuk dalam salah satu dari lima runnerup terbaik yang berhak maju ke putaran final. Dari enam grup yang dimainkan, hanya peringkat kedua Grup B, yakni Filipina yang tak masuk dalam lima runner-up terbaik tersebut.

Lolosnya tim asuhan Shin Tae-yong ini merupakan pertama kali sejak terakhir kali terjadi pada 2007 silam. Saat itu, Indonesia berstatus sebagai tuan rumah bersama Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Dalam kiprahnya di Piala Asia 2007 lalu, tim yang diperkuat Budi Sudarsono dkk itu gugur lebih awal di fase grup. Saat itu mereka tergabung dengan Korea Selatan, Arab Saudi, dan Bahrain di grup D.

Dari tiga laga yang dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) itu, tim asuhan Ivan Kolev hanya meraih satu kemenangan dan dua laga kalah. Adapun rinciannya menang 2-1 atas Bahrain, menyerah 1-2 lawan Arab Saudi, dan kalah 0-1 dari Korea Selatan.

Timnas Indonesia vs Nepal

Tentu pencapaian yang dibawa Shin Tae-yong tahun ini lebih baik karena lolos tidak melalui jalur tuan rumah. Diharapkan Witan Sulaeman dkk bisa bicara banyak di Piala Asia 2023 nanti.

Adapun putaran final Piala Asia 2023 akan dilangsungkan pada Juni 2023. Indonesia masuk dalam opsi tuan rumah untuk ajang ini.

Jadi, perjuangan Timnas Indonesia yang berhasil meloloskan diri ke Piala Asia 2023 patut diapresiasi. Setelah 17 tahun lamanya, kini Timnas Indonesia bisa beraksi lagi di Piala Asia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini