Share

UPI Bandung Jadi Lokasi TC, Shin Tae-yong: Untuk Persiapan Timnas Indonesia U-20 Hadapi Piala Dunia U-20 2023

Antara, Jurnalis · Rabu 01 Juni 2022 18:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 01 51 2603852 upi-bandung-jadi-lokasi-tc-shin-tae-yong-untuk-persiapan-timnas-indonesia-u-20-hadapi-piala-dunia-u-20-2023-2gPOffOvlH.jpg Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Foto: Instagram/shintaeyong7777)

BANDUNG - Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong menyambut baik dukungan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia, Zainudin Amali yang sudah mengizinkan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung sebagai lokasi pemusatan latihan (TC).

Kendati demikian, dalam waktu ini Shin Tae-yong mengatakan bahwa fasilitas itu mungkin baru akan dipakai Timnas Indonesia U-20 yang bersiap menghadapi Piala Dunia U-20 2023.

“Itu akan dipakai untuk Timnas Indonesia U-20 yang mempersiapkan diri menuju Piala Dunia U-20,” ujar Shin Tae-yong di Bandung, Rabu (1/6/2022).

Shin Tae-yong (ANTARA)

Juru taktik asal Korea Selatan itu memastikan bahwa timnas senior belum akan memanfaatkan fasilitas tersebut dalam waktu dekat.

Sebab, setelah laga persahabatan FIFA kontra Bangladesh, pada hari ini, Rabu (1/6/2022) dan Kualifikasi Piala Asia 2023, 8-14 Juni 2022, dirinya belum berencana untuk memanggil kembali skuad Timnas Indonesia untuk berlatih.

“Jadi, kami tidak melanjutkan TC di Bandung. Karena selain pertandingan resmi FIFA, kami tidak bisa memanggil pemain,” lanjut Shin Tae-yong.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia, Zainudin Amali menyatakan bahwa pemerintah menyiapkan UPI, Bandung, sebagai pusat pelatihan Timnas Indonesia.

Kawasan UPI, yang memiliki beragam fasilitas seperti stadion, kolam renang, gymnasium, sains dan medis olahraga hingga hotel, dianggap cocok untuk menggembleng para pemain timnas baik kelompok umur maupun senior.

PSSI, sebut Menpora, dapat memakai semua fasilitas di UPI kapan saja, sampai organisasi yang kini dipimpin Mochamad Iriawan itu merasa cukup, misalnya lantaran menemukan lokasi yang lebih bagus.

Timnas Indonesia (Foto: PSSI)

“Pak Rektor UPI (Solehudin-red) sudah oke. Kami menyiapkan semuanya sampai PSSI merasa tidak perlu lagi karena sudah mendapatkan tempat lain yang bagus. Selama PSSI mau menggunakan UPI, saya menjamin bisa dipakai," tutur Zainudin.

Tentunya fasilitas pemusatan latihan itu menjadi hal yang baik untuk Timnas Indonesia. Apalagi mengingat sempat ada masalah Timnas Indonesia tak bisa berlatih di Stadion Madya, Senayan hanya karena masalah sewa lapangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini