Share

Penyebab Shin Tae-yong Lebih Pilih Marselino Ferdinan ketimbang Ronaldo Kwateh untuk Bela Timnas Indonesia di FIFA Matchday Juni 2022

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Kamis 26 Mei 2022 22:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 26 51 2600879 penyebab-shin-tae-yong-lebih-pilih-marselino-ferdinan-ketimbang-ronaldo-kwateh-untuk-bela-timnas-indonesia-di-fifa-matchday-juni-2022-Yxvj2PeCgG.jpg Ronaldo Kwateh kala membela Timnas Indonesia. (Foto: PSSI)

JAKARTA Shin Tae-yong lebih memilih memanggil Marselino Ferdinan ketimbang Ronaldo Kwateh dalam memperkuat Tim Nasional (Timnas) Indonesia FIFA Matchday Juni 2022. Kini, pelatih Timnas Indonesia itu pun membeberkan penyebabnya.

Seperti diketahui, 29 pemain telah dipanggil ke Timnas Indonesia untuk menjalani FIFA Matchday kontra Bangladesh pada 1 Juni 2022. Nama-nama yang bersinar di Piala AFF 2020 serta SEA Games 2021 menghiasi daftar pemain yang diutus oleh juru taktik asal Korea Selatan itu.

Ronaldo Kwateh

Akan tetapi, hanya ada nama Marselino Ferdinan di sana, sedangkan bintang muda lainnya, Ronaldo Kwateh, tidak terdaftar. Tentu saja, keputusan tersebut cukup mengejutkan.

Pasalnya, Ronaldo Kwateh tampil apik di beberapa laga dengan skuad senior. Pemain berusia 17 tahun itu bahkan mencetak gol dalam debutnya dalam laga persahabatan kontra Timor Leste beberapa bulan yang lalu.

BACA JUGA: Jelang Timnas Indonesia vs Bangladesh di FIFA Matchday Juni 2022, Shin Tae-yong Targetkan Kemenangan

Ternyata, Shin Tae-yong berpendapat bahwa kemampuan pemain keturunan Indonesia-Liberia itu masih kurang mumpuni untuk bersaing dengan para pemain senior. Alhasil, dia memutuskan untuk tak membawanya.

BACA JUGA: Gara-Gara Alasan Konyol, Timnas Indonesia Batal Latihan di Stadion Madya

Sementara Marselino, menurutnya dia tampil lebih apik dari Ronaldo. Meski begitu, dari segi fisik, sang pelatih juga masih belum puas dengan Marselino.

“Ronaldo memang susah untuk bersaing di tim senior. Jadi daripada tidak dapat waktu bermain, lebih baik dia main di Toulon Prancis. Jadi begitu main di Prancis, pastinya ada pengalaman baru yang dia dapat,” kata Shin kepada awak media, Kamis (26/5/2022).

“Marselino walau masih kurang fisiknya, tapi dia masih bisa melawan dan menunjukkan performa baik jadi saya milih dia,” imbuhnya.

Ya, meski tak masuk ke skuad senior Timnas Indonesia, Ronaldo dibawa membela Timnas Indonesia U-19 bersaing di Toulon Cup 2022. Ajang ini akan bergulir pada 29 Mei-12 Juni 2022 di Prancis. Ronaldo dan 21 pemain muda lainnya yang dipanggil bakal berhadapan dengan darah muda dari Meksiko, Ghana, dan Venezuela di fase grup.

Marselino Ferdinan

Sedangkan Marselino, dia akan berangkat ke Bandung pada Sabtu 27 Mei 2022 untuk menjalani latihan dalam rangka persiapan laga FIFA Matchday kontra Bangladesh. Laga ini akan digelar di Stadion Jalak Harupat pada 1 Juni 2022.

Selain itu, skuad senior yang dipanggil juga dipersiapkan untuk bersaing di Kualifikasi Piala Asia 2023. Di ajang itu, Indonesia akan menghadapi Kuwait (8 Juni), Yordania (12 Juni) dan Nepal (15 Juni).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini