Share

Punya Banyak Pemain Berpotensi, Shin Tae-yong Yakin Timnas Indonesia Disegani di Kancah Sepakbola Asia

Rio Eristiawan, Jurnalis · Sabtu 21 Mei 2022 20:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 21 51 2598042 punya-banyak-pemain-berpotensi-shin-tae-yong-yakin-timnas-indonesia-disegani-di-kancah-sepakbola-asia-fBxE96OMHd.jpg Shin Tae-yong optimis Timnas Indonesia disegani di kancah sepakbola Asia (Foto: PSSI)

PELATIH Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong menyebutkan bahwa skuad Garuda memiliki potensi untuk bersaing di kancah sepakbola Asia. Hal tersebut diyakini Shin Tae-yong setelah melihat perkembangan anak buahnya dalam kurun waktu dua tahun terakhir.

Setelah resmi menjabat sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia di semua kelompok usia, Shin Tae-yong terus membangun kekuatan timnya. Ia pun lebih tertarik memilih pemain muda untuk membela Timnas Senior Indonesia.

Timnas Indonesia U-23

Hasilnya di Piala AFF 2020, Skuad Garuda berhasil menyaingi Vietnam untuk bisa menjadi juara Grup A. Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan pun sukses menembus babak final, meski gagal menjadi juara usai dikalahkan Thailand dengan agregat 2-6.

Sementara di SEA Games 2021, Shin Tae-yong berhasil membawa Timnas Indonesia U-23 lolos dari babak penyisihan Grup A. Namun, mereka gagal menembus ke babak final, setelah dikalahkan Timnas Thailand U-23 dengan skor tipis 0-1 di semifinal.

Kendati demikian, Timnas Indonesia U-23 masih punya peluang membawa pulang medali perunggu. Sebab, skuad Garuda Muda bakal melakoni laga perebutan tempat ketiga kontra Timnas Malaysia U-23 pada Minggu, 22 Mei 2022.

Melihat potensi itu, Shin Tae-yong optimis sepakbola Indonesia memiliki masa depan bagus di Asia. Ia dan staf kepelatihan bertekad mewujudkan itu semua.

"Indonesia memiliki masa depan bagus di kawasan Asia. Saya dan rekan-rekan akan berusaha untuk mewujudkannya," kata Shin Tae-yong dilansir dari Zingnews, Sabtu (21/5/2022).

Shin Tae-yong

Shin Tae-yong memiliki alasan tersendiri mengenai Indonesia memiliki masa depan bagus di kawasan Asia. Menurutnya pemain-pemain Indonesia memiliki potensi untuk bisa terus berkembang.

"Pemain Indonesia memiliki potensi untuk terus berkembang," jelasnya.

Hal tersebut terlihat dengan banyaknya pemain muda potensial. Sebut saja, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan, yang bermain di luar negeri.

Dengan empat pemain tersebut bermain di luar Indonesia, sudah memperlihatkan kualitas individu pemain Indonesia. Di sisi lain, pemain lainnya pun memperlihatkan perkembangan yang sangat signifikan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini