Share

Dikonfirmasi FIGC, Timnas Italia Dipastikan Tidak Berpartisipasi di Piala Dunia 2022

Cikal Bintang, Jurnalis · Jum'at 20 Mei 2022 02:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 19 51 2596947 dikonfirmasi-figc-timnas-italia-dipastikan-tidak-berpartisipasi-di-piala-dunia-2022-a4AW4oatRp.jpg FIGC konfirmasi Timnas Italia tidak akan ikut Piala Dunia 2022 (Foto: Twitter/FIGC)

FEDERASI Sepakbola Italia (FIGC) resmi buka suara terkait isu yang menyebut Timnas Italia masih bisa ikut serta di Piala Dunia 2022. Hal itu dikonfirmasi langsung Presiden FIGC, Gabriele Gravina dalam keterangan pers, yang disadur media Italia, Football Italia.

Dalam pernyataannya, Gabirele Gravina menepis rumor Timnas Italia bisa menggantikan Ekuador di Piala Dunia 2022. Hal itu menyusul mencuat isu bahwa Ekuador memalsukan sejumlah dokumen terkait keikutsertaannya di Piala Dunia 2022.

Timnas Italia

Seperti diketahui, jauh sebelum polemik tersebut muncul, Timnas Italia memang sudah tidak dipastikan lolos ke Piala Dunia 2022. Hal itu disebabkan, Gli Azzurri (julukan Timnas Italia) gagal lolo Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa.

Kegagalan itu menyusul kekalahan Gli Azzurri di tangan Makedonia Utara. Tim besutan Roberto Mancini itu takluk 0-1 dari Makedonia Utara di Playoff Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa pada 25 Maret 2022 silam.

Meski begitu, Timnas Italia sempat dirumorkan bisa menggantikan Ekuador, yang tengah diselidiki karena kasus memalsukan dokumen pemain. Ketua Komite Olahraga Italia (CONI), Franco Chimenti mengatakan Timnas Italia akan mendapatkan jatah berdasarkan peringkat jika Ekuador dicoret.

Akan tetapi, baru-baru ini Gabriele Gravina menegaskan rumor tersebut tidak benar. Setelah berbicara dengan Federasi Sepakbola Internasional (FIFA), pria 68 tahun itu mengatakan Timnas Italia sudah dipastikan tidak lolos ke Piala Dunia 2022.

“Nol,” kata Gabriele Gravina singkat ketika ditanya tentang peluang Timnas Italia lolos ke Piala Dunia 2022, dikutip dari Football Italia.

Timnas Italia

“Eropa memiliki 13 tempat yang tersedia dan jatah itu telah diambil. Jika sebuah tempat tersedia di Amerika Selatan, itu akan pergi ke negara Amerika Selatan,” sambung Gabriele Gravina.

"Kami telah berbicara dengan FIFA dan tanggapannya benar-benar negatif,” tambahnya.

Dengan demikian, Gli Azzurri sudah dipastikan tidak akan tampil di Piala Dunia 2022. Hal ini membuat Timnas Italia kembali absen dari ajang Piala Dunia. Sebelumnya, mereka juga absen dari perhelatan itu karena kalah dari Swedia (0-1) di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini