Share

6 Aksi Pemain Bola yang Akhirnya Mengubah Aturan di Dunia Sepak Bola, Nomor 1 si Tampan Legenda Manchester United

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 17 Mei 2022 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 51 2595625 6-aksi-pemain-bola-yang-akhirnya-mengubah-aturan-di-dunia-sepak-bola-nomor-1-si-tampan-legenda-manchester-united-Y0NgvBPBYz.jpg Berikut 6 aksi pemain bola yang akhirnya mengubah aturan di dunia sepak bola (Foto: Sportskeeda)

6 aksi pemain bola yang akhirnya mengubah aturan di dunia sepak bola, akan dibahas Okezone. Sepak bola adalah olahraga paling populer di dunia.

Sejak pertama kali dimainkan, sepak bola banyak mengalami perubahan. Salah satu yang berubah adalah aturan. Berikut enam pemain bola yang akhirnya mengubah aturan di dunia sepak bola:

6. Bill McCracken

6 aksi pemain bola yang akhirnya mengubah aturan di dunia sepak bola

(Bill McCracken turut andil dalam berubahnya aturan offside, foto: nufc)

Daftar ini akan dimulai dengan Bill McCracken. Eks pemain Newcastle United ini berjasa untuk mengubah aturan offside dalam sepak bola.

Sebelumnya, pemain terkena offside jika berada di belakang tiga pemain terakhir lawan. McCracken dan rekannya, Frank Hudspeth, mengakali aturan tersebut. Dia dan Hudspeth terus berdiri di sekitar garis tengah lapangan untuk menjebak lawan.

Tim lain mengikuti aksi dua bek Newcastle itu sehingga gol sulit terjadi. Alhasil, FA turun tangan dan mengubah aturan offside hanya dua pemain terakhir pada musim 1925-1926.

5. Jimmy Thorpe

6 aksi pemain bola yang akhirnya mengubah aturan di dunia sepak bola

(Jimmy Thorpe meninggal dunia dalam pertandingan pada 1936, foto: Istimewa)

Sebagaimana diketahui, pemain lawan tidak boleh merebut bola yang ada dalam pelukan kiper. Aturan itu berkaca dari kejadian nahas yang menimpa kiper legendaris Sunnderland, Jimmy Thorpe.

Saat Sunderland melawan Chelsea pada Februari 1936, Jimmy kehilangan nyawanya. Penyebab Jimmy meninggal adalah kepala dan dadanya ditendang pemain lawan yang ingin merebut bola dari dalam pelukannya.

4. Jimmy Hill

6 aksi pemain bola yang akhirnya mengubah aturan di dunia sepak bola

(Jimmy Hill, foto: ccfc)

Jimmy Hill berjasa untuk gaji dan bonus yang diterima para pemain masa sekarang. Mantan pemain Fulham itu mengubah aturan pembatasan gaji saat memimpin PFA.


3. Jean-Marc Bosman

6 aksi pemain bola yang akhirnya mengubah aturan di dunia sepak bola

(Jean-Marc Bosman waktu berlaga, foto: Instagram/@alterecken)

Jean-Marc Bosman adalah pemain yang berjasa di balik Aturan Bosman. Pada 1990, Bosman berselisih dengan klubnya, RFC Liege, hingga ke pengadilan Eropa. Penyebabnya adalah Liege tidak membiarkannya pergi meski kontrak sudah habis.

Berkaca dari kasus itu, Aturan Bosman pun lahir. Kini, pemain bisa menentukan nasibnya, yaitu gabung klub lain atau bertahan, jika kontraknya dengan klub sekarang tersisa enam bulan lagi.

2. Peter Schmeichel

6 aksi pemain bola yang akhirnya mengubah aturan di dunia sepak bola

(Peter Schmeichel saat bela Manchester United, foto: Istimewa)

Kiper legendaris Manchester United, Peter Schmeichel, ada di posisi kedua. Aksi Schmeichel membuat kiper dilarang menerima umpan dari rekan setimnya dengan tangan.

Di Piala Eropa 1992, Schmeichel dan kolega berulah waktu membela Timnas Denmark. Saat Timnas Denmark unggul, demi mengulur waktu, para pemain kerap mengoper ke Schmeichel yang kemudian menangkap bola.

1. David Beckham

6 aksi pemain bola yang akhirnya mengubah aturan di dunia sepak bola

(David Beckham saat bela Manchester United, foto: Give Me Sport)

Legenda Manchester United yang terkenal dengan prestasi dan ketampanannya, David Beckham, ada di posisi pertama. Beckham dalang di balik aturan The Designated Player Rule di MLS (Major League Soccer). Aturan ini juga kerap disebut Beckham Rule.

Saat pindah ke LA Galaxy pada 2007, Beckham menerima gaji yang amat tinggi. Selanjutnya, operator liga menggunakan The Designated Player Rule. Aturan itu membuat tim-tim hanya bisa merekrut tiga pemain dengan bayaran melebih salary cap.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini