Share

7 Teori Konspirasi Paling Menghebohkan di Dunia Sepak Bola, Nomor 1 Berkaitan dengan Barcelona

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 16 Mei 2022 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 14 51 2594311 7-teori-konspirasi-paling-menghebohkan-di-dunia-sepak-bola-nomor-1-berkaitan-dengan-barcelona-wf6wMh4bUc.jpg Berikut 7 teori konspirasi paling menghebohkan di dunia sepak bola (Foto: Istimewa)

7 teori konspirasi paling menghebohkan di dunia sepak bola, akan dibahas Okezone. Sebagaimana diketahui, sepak bola adalah olahraga paling populer di dunia yang memiliki banyak pencinta.

Sepak bola tidak hanya soal permainan, tetapi banyak aspek lain, seperti sejarah, ekonomi hingga politik. Bahkan, sepak bola pun diwarnai berbagai teori konspirasi yang mungkin belum Anda tahu. Berikut tujuh teori konspirasi paling menghebohkan di dunia sepak bola:

7. Brasil Jual Piala Dunia 1998

7 teori konspirasi paling menghebohkan di dunia sepak bola

(Timnas Brasil di Piala Dunia 1998, foto: Istimewa)

Brasil adalah unggulan di Piala Dunia 1998, tetapi Selecao hanya menjadi runner-up. Brasil kalah telak 0-3 dari tuan rumah Prancis yang meraih trofi Piala Dunia pertama mereka.

Ada teori konspirasi yang menyebutkan, bahwa Brasil sengaja kalah di final Piala Dunia 1998. Imbalannya adalah Brasil menerima USD28 juta dari FIFA. Brasil kabarnya juga membuat kesepakatan dengan FIFA, bahwa mereka akan jadi juara Piala Dunia 2022 dengan mudah.

6. Ronaldo Terpaksa Main di Final Piala Dunia 1998

7 teori konspirasi paling menghebohkan di dunia sepak bola

(Ronaldo Luis Nazario de Lima di final Piala Dunia 1998, foto: Istimewa)

Teori konspirasi lainnya masih berkaitan dengan final Piala Dunia 1998 antara Brasil dengan Prancis. Sebuah teori konspirasi menyebutkan, bahwa Ronaldo Luis Nazario de Lima dalam kondisi tidak fit di final Piala Dunia 1998.

Ronaldo kabarnya terpaksa main karena permintaan Nike. Sebab, keberadaan Ronaldo dibutuhkan untuk menyaingi sinar gelandang andalan Prancis saat itu, Zinedine Zidane yang merupakan bintang Adidas. Akan tetapi, Zidane lebih menonjol karena bisa membawa Prancis juara Piala Dunia 1998.

5. Aksi Gemilang Korea Selatan di Piala Dunia 2002

7 teori konspirasi paling menghebohkan di dunia sepak bola

(Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2002, foto: Istimewa)

Korea Selatan dan Jepang jadi tuan rumah Piala Dunia 2002. Sebagai tuan rumah, Korea Selatan membuat kejutan dengan menembus semifinal Piala Dunia 2002. Sebelumnya, Korea Selatan bahkan menyingkirkan tim-tim kuat, seperti Italia dan Spanyol.

Aksi gemilang Korea Selatan di Piala Dunia 2002 menimbulkan teori konspirasi. Teori itu menyebutkan, bahwa Korea Selatan dapat dukungan FIFA untuk melangkah jauh di Piala Dunia 2002. Sebab, melajunya Korea Selatan hingga semifinal, membuat Piala Dunia 2022 lebih meriah yang menghasilkan pemasukan lebih banyak untuk FIFA.

4. Piala Dunia 1958 Tidak Berlangsung di Swedia

7 teori konspirasi paling menghebohkan di dunia sepak bola

(Pele beraksi di Piala Dunia 1958, foto: Istimewa)

Piala Dunia 1958 berlangsung di Swedia. Ajang akbar empat tahunan itu menelurkan Brasil sebagai juara. Piala Dunia 1958 itu pun menjadi panggung bagi legenda Brasil, Pele.

Namun, sejarawan Swedia, Bar Jacques de Waern, menduga Piala Dunia 1958 tidak diselenggarakan di Swedia, tetapi Amerika Serikat. Waern mengklaim, Piala Dunia 1958 adalah bagian uji coba CIA untuk menguji kekuatan program televisi di masyarakat.

3. Pemain Tottenham Hotspur Diracun

7 teori konspirasi paling menghebohkan di dunia sepak bola

(Robbie Keane pemain kunci Tottenham Hotspur pada 2005-2006, foto: Eurosport)

Derby London antara Tottenham Hotspur melawan West Ham United pada musim 2005-2006, krusial untuk The Lilywhites. Sebab, Tottenham sedang berebut tiket empat besar dengan Arsenal yang selalu berada di atas mereka sejak 1995.

Sehari jelang pertandingan kontra West Ham, banyak pemain Tottenham diduga keracunan makanan di hotel tim. Meski kabar itu belum terbukti kebenarannya, Tottenham akhirnya kalah 1-2 dari West Ham yang berakibat The Lilywhites finis kelima, sedangkan Arsenal menempati posisi keempat.

2. Calciopoli Juventus

7 teori konspirasi paling menghebohkan di dunia sepak bola

(Luciano Moggi, mantan petinggi Juventus saat terkena Cacliopoli, foto: Eurosport)

Sejarah besar Juventus tercoreng pada 2006 karena dinyatakan terlibat dalam kasus pengaturan skor atau yang disebut Calciopoli. Juventus pun dihukum degradasi ke Serie B dan dua gelar juara Liga Italia terakhir mereka dicabut.

Lalu, dua gelar juara Liga Italia Juventus itu diberikan pada Inter Milan. I Nerazzurri tidak terlibat dalam kasus Calciopoli ini. Muncul teori konspirasi, bahwa Inter adalah dalang di balik Calciopoli itu demi meruntuhkan dominasi Juventus.

1. Barcelona Dimanjakan UEFA

7 teori konspirasi paling menghebohkan di dunia sepak bola

(Barcelona selebrasi, foto: Istimewa)

Barcelona sempat mendominasi sepak bola Eropa pada era puncaknya Lionel Messi. Barcelona bahkan sempat meraih treble winner pada 2009 dan 2015.

Blaugrana disebut banyak pihak, mendapatkan bantuan dari UEFA untuk sesukses itu. Oleh sebab itu, Barcelona sempat menerima julukan Anak Emas UEFA.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini