Share

5 Keajaiban yang Pernah Terjadi di Timnas Indonesia, Nomor 1 Paling Dikenang

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 11 Mei 2022 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 11 51 2592637 5-keajaiban-yang-pernah-terjadi-di-timnas-indonesia-nomor-1-paling-dikenang-ejRWRTXI7c.jpg 5 keajaiban yang pernah terjadi di Timnas Indonesia

SEBANYAK 5 keajaiaban yang pernah terjadi di Timnas Indonesia akan diulas pada artikel ini. Ya, perjuangan Timnas Indonesia untuk mendulang kemenangan memang tidak mudah.

Hanya saja, perjuangan Timnas Indonesia patut diapresiasi dan diberikan sanjungan. Bahkan, kerap kali kemenangan yang didapat Timnas Indonesia berkat adanya keajaiban dewi fortuna!

Ya, lantas momen keajaiban apa yang pernah dialami Timnas Indonesia? Berikut 5 keajaiban tersebut:

5. Kemenangan Timnas Indonesia vs Thailand (Piala AFF 2010)

Timnas Indonesia

Keajaiban pertama terjadi ketika Timnas Indonesia senior berhasil menumpas perlawanan Timnas Thailand. Momen itu terjadi di fase Grup A Piala AFF 2010.

Ketika itu Timnas Indonesia memang sudah dipastikan lolos ke semifinal. Hanya saja gengsi menang lawan Thailand jadi pertaruhan besar.

Pertandingan berjalan sulit bagi Timnas Indonesia. Thailand berhasil unggul lebih dulu lewat gol Suree Sukha pada menit ke-69.

Akan tetapi, dua gol Bambang Pamungkas jelang pertandingan usai menjadi keajaiban bagi Timnas Indnesia. Skuad Garuda pun sukses menumbangkan Thailand 2-1, kemenangan itu pun sangat berharga bagi Timnas Indonesia.

4. Timnas Indonesia U-19 Kalahkan Timnas Korea Selatan U-19 (Kualifikasi Piala Asia U-19 2014)

Timnas Indonesia U19

Kemudian, momen keajaiban juga pernah dirasakan Timnas Indonesia U-19. Ketika itu, skuad Garuda Nusantara berhasil mengalahkan salah satu tim kuat di Asia, Timnas Korea Selatan U-19.

Menghadapi Korea Selatan (Korsel) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Timnas Indonesia U-19 tampil sebagai underdog. Hanya saja, di luar dugaan Evan Dimas dkk ketika itu berhasil menang 3-2 atas Timnas Korsel U-19

Gol kemenangan Garuda Nusantara diborong oleh Evan Dimas (30’, 49’, dan 86’). Sementara, Korsel membalas melalui aksi Seol Tae-su (32’) dan Shu Meong-hwon (89’).

Hasil itu pun membuat Timnas Indonesia U-19 lolos langsung ke Piala Asia U-19 2014. Sementara itu, Korsel lolos melalui jalur lima runner-up terbaik.

3. Timnas Indonesia Lolos dari Fase Grup A Piala AFF 2016

Timnas Indonesia

Kemudian ada keajaiban di Piala AFF 2016. Ketika itu Timnas Indonesia tergabung di Grup A Piala AFF 2016.

Perjalanan Timnas Indonesia di grup ini begitu berat. Timnas Indonesia hanya bisa meraup satu poin dari dua laga yang telah dimainkan di Grup A. Timnas Indonesia pun harus duduk di peringkat paling buncit dalam tabel klasemen.

Namun, di laga terakhir sebuah keajaiban terjadi. Timnas Indonesia berhak lolos ke babak semifinal usai mengalahkan Singapura 2-1. Di saat bersamaan Timnas Thailand bisa menumbangkan Filipina. 1-0.

2. Timnas Indonesia U-19 Menang vs China (Laga Persahabatan 2019)

Timnas Indonesia U-19

Di urutan kedua ada momen di mana Timnas Indonesia U-19 lagi-lagi menorehkan catatan positif. Meski hanya berlaga di pertandingan persahabatan, skuad Garuda Nusantara berhasil membuat kejutan dengan mengalahkan Timnas China U-19.

Ketika itu pertandingan berlangsung pada 17 Oktober 2019. Timnas Indonesia U-19 menang telak 3-1, meski tidak diunggulkan.

Adapun tiga gol Timnas Indonesia U-19 dicetak oleh Amiruddin Bagus Kahfi (14'), Fajar Fathur Rachman (25'), dan Alfeandra Dewangga (36'). Sedangkan Timans China U-19 hanya berhasil mencetak satu gol via penalti dari Tao Qianglong (63’).

1. Tundukkan Bahrain di Piala Asia 2007

Timnas Indonesia

Momen ini bukan hanya sekadar keajaiban biasa. Ya, tapi hal ini akan jadi momen yang paling dikenang masyarakat Indonesia.

Ketika itu, 15 tahun silam, Timnas Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah Piala Asia 2007. Di laga pertamanya, Timnas Indonesia langsung berjumpa tim besar yaitu Bahrain.

Sadar tak diunggulkan, Budi Sudarsono dan kolega bermain tanpa beban. Namun, keajaiban terjadi ketka Timnas Indonesia justru bisa menang 2-1 atas Bahrain di Piala Asia 2007 Grup D.

Adapun gol Timnas Indonesia berhasil dilesatkan oleh Budi Sudarsono (14’) dan Bambang Pamungkas (64’). Sedangkan Bahrain membalas lewat Sayed Mahmood Jalal (27’).

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini