Share

5 Kesialan yang Menimpa Shin Tae-yong selama Latih Timnas Indonesia, Nomor 1 Terpapar Covid-19

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 04 Mei 2022 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 03 51 2588861 5-kesialan-yang-menimpa-shin-tae-yong-selama-latih-timnas-indonesia-nomor-1-terpapar-covid-19-fXPsAOoPRT.jpg Berikut 5 kesialan yang menimpa Shin Tae-yong selama latih Timnas Indonesia (Foto: Twitter/@PSSI)

5 kesialan yang menimpa Shin Tae-yong selama latih Timnas Indonesia, akan dibahas Okezone. Nama Shin Tae-yong naik daun dalam beberapa waktu terakhir usai membawa Timnas Indonesia jadi runner-up Piala AFF 2020.

Dalam kariernya membesut Timnas Indonesia, perjalanan Shin Tae-yong tidak selalu mulus. Berikut 5 kesialan yang menimpa Shin Tae-yong selama latih Timnas Indonesia:

5. Selisih Paham dengan Indra Sjafri

5 Kesialan yang Menimpa Shin Tae-yong Selama Latih Timnas Indonesia

(Indra Sjafri waktu melatih, foto: PSSI)

Shin Tae-yong menjabat sebagai Pelatih Timnas Indonesia, mulai dari U-19, U-23 hingga senior, pada akhir 2019. Pada awal masa kepelatihannya, Shin Tae-yong sempat berselisih paham dengan Indra Sjafri yang saat itu berstatus asisten pelatih Timnas Indonesia U-19.

Semua berawal dari kepulangan Timnas Indonesia U-19 dari pemusatan latihan (TC) di Thailand pada Awal 2020 silam. Indra Sjafri pergi sesaat usai tiba di Bandara Soekarno-Hatta. Indra Sjafri hanya pamit kepada staf pelatih Timnas Indonesia U-19 karena buru-buru ingin datang ke pernikahan anak Rahmad Darmawan.

Indra Sjafri pun tahu Shin Tae-yong marah kepadanya. Indra Sjafri meminta maaf kepada Shin Tae-yong melalui Yoo Jae-hoon, yang merupakan salah satu staf pelatih, tetapi kurang disambut baik. Keadaan memanas pada Juni 2020 karena Shin Tae-yong menyindir Indra Sjafri dalam wawancara dengan media Korea Selatan, Naver Sport.

Akhirnya, Indra Sjafri pun balik menyindir Shin Tae-yong soal sikapnya yang hadir dalam rapat zoom saat sedang menyetir mobil. Sementara itu, para petinggi PSSSI ada di ruangannya masing-masing.

Meski begitu, semua kesalapahaman itu telah beres. Shin Tae-yong dan Indra Sjafri kini bahu-membahu untuk membawa Timnas Indonesia berprestasi.

4. Sempat dalam Ancaman Pemecatan

5 Kesialan yang Menimpa Shin Tae-yong Selama Latih Timnas Indonesia

(Shin Tae-yong dalam konferensi pers, foto: PSSI)

Pada saat bersamaan saat berselisih paham dengan Inra Sjafri, ada kejadian tidak menyenangkan lain menimpa Shin Tae-yong. Sebab, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Timnas Indonesia, Syarif Bastaman, membuka peluang untuk memecat Shin Tae-yong.

Itu akibat Shin Tae-yong terlalu lama di Korea Selatan pada waktu itu. Di sisi lain, Timnas Indonesia, yang disupervisi oleh Syarief, yakni senior, U-23 dan U-19 butuh arahan langsung dari Shin Tae-yong.

“Kami minta pekan depan (untuk balik ke Indonesia dari Korea Selatan). Kami lihat pekan depan dia datang atau tidak. Jika tidak harus kami evaluasi. Mungkin dipecat. Sejago apa pun dia, namanya Ferguson, jago, sudah terikat kontrak kalau dia tak datang, tak mau melatih. Ini bangsa besar bung. Ini saja datang duduk, lalu sepakati program seperti apa,” kata Syarief waktu itu.

3. Piala Dunia U-20 2021 Dibatalkan dan SEA Games 2021 Ditunda

5 Kesialan yang Menimpa Shin Tae-yong Selama Latih Timnas Indonesia

(Logo SEA Games 2021, foto: Vietnam News)

Salah satu target dari PSSI untuk Shin Tae-yong adalah membawa Timnas Indonesia U-19 berprestasi di Piala Dunia U-20 2021 yang seharusnya berlangsung di Indonesia pada Mei hingga Juni silam. Akan tetapi, ajang akbar itu justru batal karena pandemi covid-19.

Meski begitu, Piala Dunia U-20 akan diselenggarakan lagi pada 2023 mendatang. Indonesia kembali menjadi tuan rumah dan itu menjadi kesempatan Shin Tae-yong untuk membawa Timnas Indonesia U-19 berprestasi.

Sementara itu, selain Piala Dunia U-20 2021 batal, pandemi covid-19 juga membuat SEA Games 2021, yang seharusnya berlangsung di Hanoi, Vietnam ditunda. Akan tetapi, ajang ini akhirnya akan berlangsung pada 12 hingga 23 Mei 2022. Shin Tae-yong ditargetkan untuk membawa Timnas Indonesia U-23 meraih medali emas.

2. Dapat Kritik Keras dari Anggota Exco PSSI Haruna Soemitro

5 Kesialan yang Menimpa Shin Tae-yong Selama Latih Timnas Indonesia

(Haruna Soemitro dan Shin Tae-yong, foto: PSSI)

Usai membawa Timnas Indonesia jadi runner-up Piala AFF 2020, Shin Tae-yong pun mendapatkan pujian dari publik Tanah Air. Sebab, Timnas Indonesia mengukir prestasi itu dengan skuad muda dan sebelumnya tidak diunggulkan oleh siapa pun.

Namun, Shin Tae-yong tidak hanya menerima pujian, tetapi juga kritik. Kritik cukup keras disuarakan oleh anggota Exco PSSI, Haruna Soemitro. Haruna mengkritik Shin Tae-yong karena Timnas Indonesia gagal menjadi juara Piala AFF 2020.

Kritik itu sempat mencuri perhatian publik Tanah Air dan membuat Haruna jadi bulan-bulanan netizen. Akan tetapi, semua kini sudah selesai. Semua pihak, mulai dari PSSI, Shin Tae-yong hingga suporter, fokus pada prestasi Timnas Indonesia.

1. Positif Covid-19

5 Kesialan yang Menimpa Shin Tae-yong Selama Latih Timnas Indonesia

(Shin Tae-yong pimpin latihan, foto: PSSI)

Shin Tae-yong sempat terpapar positif Covid-19. Kepastian ini didapat setelah pelatih berpaspor Korea Selatan itu menjalani tes swab PCR pada Jumat 19 Maret 2021 malam.

Sempat dirawat di Jakarta, Shin Tae-yong akhirnya menjalani pengobatan di Korea Selatan. Shin Tae-yong pun dapat kembali pulih dari penyakit yang menjadi momok dunia dalam tiga tahun terakhir ini. Dia kini dapat menjalankan lagi tugasnya sebagai juru taktik Timnas Indonesia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini