Share

Kisah Sedih Anang Maruf Pensiun dari Timnas Indonesia Jadi Driver Ojek Online

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Senin 02 Mei 2022 14:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 02 49 2588425 kisah-sedih-anang-maruf-pensiun-dari-timnas-indonesia-jadi-driver-ojek-online-kfVxA1gcGd.jpg Kisah Sedih Anang Maruf Pensiun dari Timnas Indonesia Jadi Driver Ojek Online. (Foto: Ist)

KISAH sedih Anang Maruf pensiun dari Timnas Indonesia jadi driver ojek online sempat berhatil menyita perhatian para pencinta sepakbola Tanah. Pasalnya tak yang menyangka pesepakbola yang sukses membela skuad Garuda justru mengalami kesulitan ekonomi ketika sudah pensiun sebagai pesepakbola profesional.

Anang Maruf adalah salah satu pemain yang pernah berjasa untuk Timnas Indonesia. Bagaimana tidak, saat masih aktif bermain dan dipercaya membela skuad Garuda, Anang Maruf pernah memberikan gelar untuk Timnas Indonesia.

Kala itu Anang Maruf dan kawan-kawan sukses mengantarkan Timnas Indonesia meraih medali perak di ajang SEA Games 1997. Tak cukup sampai itu, dua tahun berikutnya di kompetisi yang sama, Anang Maruf juga mengantarkan Timnas Indonesia membawa pulang medali perunggu.

Anang Maruf

Anang Maruf sendiri termasuk pemain yang cukup sering dipanggil untuk membela Timnas Indonesia. Berposisi sebagai fullback kanan, pemain yang melakoni debut bersama Timnas Indonesia pada 4 Desember 1995 itu tercatat sudah 41 tampil membela skuad Garuda.

Secara level klub, Anang Maruf merupakan jebolan akademi Persebaya Surabaya. Ia dipercaya naik ke tim senior Persebaya pada 1994 dan bertahan hingga 1999 lantaran ia pindah ke Persija Jakarta.

Empat tahun Anang Maruf bermain membela Persija lalu ia pun setelah itu banyak pindah-pindah klub. Termasuk sempat kembali bergabung dengan Bajul Ijo pada 2004. Setelah melalang buana, Anang Maruf pun pensiun pada 1 Juli 2013.

Sayangnya, setelah pensiun Anang Maruf mengalami masalah ekonomi. Berbagai pekerjaan ia ambil, termasuk menjadi seorang pengemudi ojek online.

Anang Maruf tak malu menggeluti pekerjaan tersebut meski statusnya adalah seorang legenda untuk Timnas Indonesia. Sikap gigih Anang Maruf pun pada saat itu sampai ke Tri Rismaharini yang kala itu masih menjadi Walikota Surabaya.

Sebagai balas jasa atas perjuangan Anang Maruf selama ini saat membela Timnas Indonesia, Tri Rismaharini lantas memberikannya pekerjaan yang layak. Anang Maruf pun kini menjabat sebagai staf di biding olahraga dan prestasi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispor) Surabaya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini