Share

5 Cerita Kegembiraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Prestasi Timnas Indonesia Era Evan Dimas, Nomor 1 Bikin Hati Tenang

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Sabtu 30 April 2022 15:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 30 51 2587742 5-cerita-kegembiraan-presiden-susilo-bambang-yudhoyono-pada-prestasi-timnas-indonesia-era-evan-dimas-nomor-1-bikin-hati-tenang-fDekAzihL0.jpg 5 cerita kegembiraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada prestasi Timnas Indonesia era Evan Dimas (Foto: Dokumentasi/Sindo)

ADA 5 cerita kegembiraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada prestasi Timnas Indonesia era Evan Dimas yang menarik untuk dibahas pada artikel ini. Ya, sebagaimana diketahui, ketika itu Evan Dimas dkk membela Timnas Indonesia U-19 sekitar tahun 2013.

Prestasi gemilang pun berhasil ditorehkan Evan Dimas dan kolega. Bertepatan waktu itu, Susilo Bambang Yudhoyono masih menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia.

Ya, tak jauh beda dari masyarakat Indonesia pada umumnya, Susilo Bambang Yudhoyono juga menikmati hebatnya Timnas Indonesia U-19. Bahkan, ada sejumlah kegembiraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yang terekam ketika Timnas Indonesia U-19 sedang dalam masa kejayaan.

Lantas seperti apa kisahnya? Berikut 5 cerita kegembiraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada prestasi Timnas Indonesia era Evan Dimas:

5. Nonton Bareng Paspampres

Susilo Bambang Yudhoyono

Presiden keenam Indonesia ini sangat senang dengan prestasi gemilang Timans Indonesia era Evan Dimas. Karena begitu semringah, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tak mau ketinggalan pertandingan Garuda Muda sekali pun.

Sampai ada satu cerita, di mana Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini nonton bareng (nobar) bersama jajaran Pasukan Pengamanan Presiden (Paspamres) di sekitar Istana Negara. Ketika itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono habis menjamu Presiden Korea Selatan.

Selepas Presiden Korea Selatan pamit, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bergegas menghampiri Paspamres dan sejumlah staf. Saat itu, para staf dan Paspampres sedang menonton Evan Dimas dkk bertanding di Kualifikasi Piala Asia 2014 melawan Korea Selatan.

4. Meminta Konflik PSSI Tidak Ganggu Fokus Timnas Indonesia

PSSI

Di balik gemilangnya prestasi Evan Dimas dkk, kondisi Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) ketika itu sedang carut marut, karena konflik internal. Akan tetapi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersikap tegas.

Ya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengungkapkan sikap tegasnya di dalam akun Facebook pribadinya, satu hari setelah Timnas Indonesia U-19 menang 3-2 atas Korea Selatan U-19 di babak kualifikasi Piala Asia 2014. Ia berharap agar Timnas Indonesia U-19 bisa maju.

"Era pengurus PSSI bertengkar dan tidak kompak sudah lewat. Jangan terjadi lagi. Jangan biarkan konflik pengurus mengacaukan Timnas kita," kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam akun facebook miliknya pada 13 Oktober 2013 silam.

3. Tidak Intervensi Pelatih Timnas Indonesia

Indra Sjafri

Kesuksesan Timnas Indonesia era Evan Dimas tidak terlepas dari tangan dingin Indra Sjafri. Ya, juru taktik yang kini berusia 59 tahun itu memang sangat berjasa bagi Timnas Indonesia U-19 era itu.

Ia menemukan sejumlah talenta muda yang luar biasa. Sebut saja seperti Evan Dimas, Maldini Pali, maupun Ravi Murdianto.

Sebab demikian Presiden Susilo Bambang Yudhoyono turut andil menyuarakan pandangannya terkait prestasi Timnas Indonesia U-19. Ia bahkan meminta tidak ada intervensi kepada pelatih Indra Sjafri saat itu.

"Perankan dan berikan kepercayaan kepada pelatih. Dia yang paling tahu strategi dan taktik pertandingan. Jangan ada intervensi," ucap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ketika itu.

2. Buatan Cuitan ketika Timnas Indonesia U-19 Juara Piala AFF U-19 2013

Twitter SBY

Rasa bangga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terhadap Timnas Indonesia memang sering ia tunjukan di media sosialnya. Salah satu cuitan yang terkenang adalah ketika Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mencuit soal kemenangan Timnas Indonesia U-19 di final Piala AFF U-19 2013.

Ketika itu Evan Dimas dkk berhasil menaklukan Vietnam U-19 di partai puncak. Garuda Muda menang berkat adu penalti 7-6, setelah hanya bermain imbang 0-0. Sontak cuitan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sempai viral di masa itu.

"Alhamdulillah Indonesia menang dalam pertandingan sepak bola Piala AFF U-19. Saya menyaksikan jalannya adu penalti dari Palembang," kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam akun twitternya, @SBYudhoyono.

1. Tidur Nyenyak Berkat Tiga Gol Evan Dimas

Timnas Indonesia U-19

Bukan hanya kagum dengan segudang prestasi Timnas Indonesia U-19, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga dibuat tenang hati. Ya, itu dirasakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ketika Garuda Muda dipastikan lolos ke Piala Asia U-19 2014.

Evan Dimas jadi bintang lapangan hijau saat itu. Ia berhasil mencetak tiga gol untuk membawa Timnas Indonesia U-19 menang 3-2 atas Korea Selatan, di laga terakhir babak kualifikasi Piala Asia U-19 2014. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pun mengaku bisa tidur nyenyak karena tiga gol Evan Dimas.

"Sekali lagi, malam ini kita mendapat hadiah istimewa dari PSSI U-19. Dengan kemenangan yang gemilang, kita bisa tidur nyenyak," tulis Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Facebook Fans Page-nya pada 12 Oktober 2013.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini