Share

Penyebab Timnas Italia Masih Bisa Lolos ke Piala Dunia 2022 meski Kalah di Playoff dari Makedonia Utara

Tim Okezone, Okezone · Kamis 31 Maret 2022 11:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 31 51 2570790 penyebab-timnas-italia-masih-bisa-lolos-ke-piala-dunia-2022-meski-kalah-di-playoff-dari-makedonia-utara-78UIPNu05U.jpg Berikut penyebab Timnas Italia masih bisa lolos ke Piala Dunia 2022. (Foto: REUTERS/Umit Bektas)

PENYEBAB Timnas Italia masih bisa lolos ke Piala Dunia 2022 meski kalah di playoff dari Makedonia Utara akan dibahas dalam artikel kali ini. Media asal Italia, Sportmediaset, menyebut ada potensi Gli Azzurri –julukan Italia– lolos ke Piala Dunia 2022.

Hal itu terjadi jika Timnas Iran mendapat hukuman dari Federasi Sepakbola Dunia (FIFA). Sekadar diketahui, Federasi Sepakbola Iran (FFIRI) sedang mendapat sorotan FIFA.

Timnas Iran

(Timnas Iran terancam hukuman dari FIFA)

Penyebabnya kaena FFIRI melarang 2.000 wanita yang memegang tiket pertandingan Iran vs Lebanon, masuk ke area stadion. Pada Selasa 29 Maret 2022, Iran menjamu Lebanon di matchday pamungkas Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Sebanyak 22.453 suporter hadir di Imam Reza Stadium, Mashad, Iran, untuk menyaksikan laga Iran vs Lebanon. Namun, otoritas FFIRI melarang 2.000 wanita asal Iran pemegang tiket pertandingan untuk memasuki stadion.

Sebelumnya pada 2019 mereka juga melakukan hal yang sama. Karena pelanggaran yang berulang, FIFA kabarnya turun tangan.

Bahkan anggota PSSI-nya Iran, Mehrdad Seradschi, khawatir tim nasionalnya mendapat hukuman dari FIFA. “Berita yang mengkhawatirkan dari FIFA dan AFC,” tulis Mehrdad Seradschi.

Lantas, kenapa Timnas Italia yang ditunjuk FIFA jika Iran terkena hukuman? Kenapa FIFA bukan mengganti Iran dengan anggota AFC lain? Ternyata Italia dipilih karena di antara tim yang gagal lolos ke Piala Dunia 2022, Gli Azzurri memiliki ranking FIFA paling tinggi.

Timnas Italia

“Secara teori FIFA dapat mempromosikan negara dengan peringkat FIFA tertinggi. Hal itu berarti, jatah bakal diberikan kepada juara Eropa Italia yang baru saja kalah dari Makedonia Utara di babak playoff,” lanjut laporan tersebut.

Karena itu, menarik menanti keputusan apa yang diambil FIFA. Tentunya sangat disayangkan jika hak Timnas Iran dicabut begitu saja, mengingat mereka susah payah lolos ke Piala Dunia 2022 dengan lolos sebagai pemuncak klasemen Grup A, mengalahkan Korea Selatan.

Terlepas dari itu, drawing Piala Dunia 2022 bakal diselenggarakan dalam waktu dekat. Rencananya, drawing dilangsungkan di Doha, Qatar pada Jumat, 1 April 2022 pukul 23.00 WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini