Share

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022: Gebuk Australia 2-0, Timnas Jepang Lolos ke Putaran Final

Cikal Bintang, Jurnalis · Kamis 24 Maret 2022 18:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 24 51 2567331 hasil-kualifikasi-piala-dunia-2022-gebuk-australia-2-0-timnas-jepang-lolos-ke-putaran-final-KNwVIoZC4r.jpg Timnas Jepang menang 2-0 atas Timnas Australia (Foto: Twitter/@afcasiancup)

SYDNEY – Timnas Jepang melawan Timnas Australia dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Kemenangan diraih oleh Jepang dengan skor 2-0.

Tanding di Stadion Australia, Kamis (24/3/2022) pukul 16.10 WIB, kedua tim cukup seimbang. Akan tetapi, Karou Mitoma (89’ dan 90+4’) menjadi pembeda untuk Timnas Jepang. Samurai Biru pun lolos ke putaran final Piala Dunia 2022.

Susunan pemain Australia vs Jepang (Foto: Twitter/@afcasiancup)

Jalannya Pertandingan

Timnas Jepang langsung memegang kendali jalannya permainan sejak awal. Tim asuhan Hajime Moriyasu mengandalkan serangan dari sisi sayap yang cepat.

Hasilnya, Samurai Biru berhasil melesatkan empat tendangan langsung yang mengancam gawang Mathew Ryan. Akan tetapi, belum ada gol yang tercipta untuk Jepang hingga pertandingan memasuki menit ke-20.

Sementara itu, Timnas Australia bukan tanpa perlawanan. Meski dalam tekanan, beberapa kali percobaan serangan dilakukan oleh Socceroos untuk melawan balik. Akan tetapi, serangan mereka selalu terputus di lini tengah.

Pada akhirnya, beberapa peluang yang tercipta untuk kedua tim di babak pertama tak mampu dimanfaatkan dengan baik. Babak pertama berakhir imbang 0-0.

Beralih ke babak kedua, Timnas Jepang kembali menunjukkan dominasinya di awal paruh kedua. Samurai Biru terpantau unggul dari segi penguasaan bola. Hal ini membuat Socceroos makin tertekan.

Meski demikian, beberapa ancaman Timnas Jepang berhasil dihalau dengan baik oleh Australia. Memasuki menit ke-80, gelombang serangan Timnas Jepang makin massif menggedor pertahanan Australia.

Namun, solidnya lini pertahanan Australia membuat Takumi Minamino dan kolega garuk-garuk kepala. Hajime Moriyasu mengganti Minamino dengan Kaoru Mitoma untuk mempertajam lini depan.

Strategi ini pun berhasil, Kaoru Mitoma (89’) memecah kebuntuan usai menerima umpan matang Miki Yamane. Seusai gol tersebut, Samurai Biru makin percaya diri untuk melakukan serangan.

Hasilnya manis, Mitoma (90+4’) menggandakan keunggulan Timnas Jepang. Pada akhirnya, Timnas Jepang mengatasi perlawanan Australia dengan skor 2-0.

Susunan pemain Timnas Australia vs Timnas Jepang:

Australia (4-2-3-1): Mathew Ryan, Rhyan Grant, Milos Degenek, Trent Sainsbury, Joel King, Gianni Stensness (Folami 90’), Connor Metcalfe (Jeggo 46’), Martin Boyle (Maclaren 84’), Ajdin Hrustic, Awer Mabil (Tilio 69’), Mitchell Duke (Fornaroli 68’).

Pelatih: Graham Arnold

Jepang (4-1-4-1): Shuichi Gonda, Miki Yamane, Ko Itakura, Maya Yoshida, Yuto Nagatomo (Nakayama 64’), Wataru Endo, Junya Ito, Ao Tanaka (Haraguchi 84’), Hidemasa Morita, Takumi Minamino (Mitoma 84’), Takuma Asano (Ueda 64’).

Pelatih: Hajime Moriyasu

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini