Share

5 Pesepak Bola Top Dunia di Barcelona yang Jadi Korban Lionel Messi, Nomor 1 Transfer Termahal Blaugrana

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 16 Maret 2022 16:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 16 51 2562674 5-pesepak-bola-top-dunia-di-barcelona-yang-jagi-korban-lionel-messi-nomor-1-transfer-termahal-blaugrana-BCb1Sq1XJn.jpg Berikut lima pemain top dunia yang jadi korban Lionel Messi di Barcelona (Foto: Reuters)

LIONEL Messi adalah ikon sekaligus legenda bagi mantan klubnya, Barcelona. Saat Messi masih main untuk Barcelona, berbagai trofi didatangkannya ke Camp Nou.

Namun, kehebatan Messi tidak selalu berdampak baik. Bagi beberapa pemain, keberadaan Messi justru merusak kariernya di Barcelona. Melansir dari Sportskeeda, Rabu (16/3/2022), berikut lima pemain top dunia yang jadi korban Messi di Barcelona:

5. Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic (Foto: Reuters)

Daftar ini akan dimulai dengan penyerang veteran AC Milan, Zlatan Ibrahimovic. Ibrahimovic pernah menjadi bagian dari Barcelona pada 2009-2010. Akan tetapi, dia tersingkir usai Messi ingin bermain sebagai penyerang tengah yang merupakan posisinya. Dia hanya setahun berseragam Barcelona dengan torehan 22 gol dan 13 assist dalam 46 laga.

“Itu adalah mimpi masa kecil (gabung Barcelona) dan saya berjalan di udara (amat bahagia). Itu dimulai dengan baik, tetapi Messi mulai bersuara. Dia ingin bermain di tengah, bukan di sayap, jadi sistemnya berubah dari 4-3-3 menjadi 4-5 -1. Saya dikorbankan dan tidak lagi memiliki kebebasan di lapangan yang saya butuhkan untuk berhasil,” kata Ibrahimovic, dikutip dari Daily Mail.

4. Alexis Sachez

Alexis Sanchez (Foto: Istimewa)

Selanjutnya, ada pemain Inter Milan, Alexis Sanchez yang membela Barcelona pada 2011-2014. Pemain Cile itu diharapkan menjadi bintang di Barcelona saat itu.

Namun, Sanchez akhirnya selalu berada di bawah bayang-bayang sinar Messi. Sanchez mengakhiri tiga tahunnya di Camp Nou dengan torehan 46 gol dan 37 assist dalam 141 laga.

3. Samuel Eto’o

Samuel Eto'o (Foto: Istimewa)

Legenda sepakbola Kamerun, Samuel Eto’o, memiliki rekam jejak yang bagus bersama Barcelona. Lima musim (2004-2009) main di Camp Nou, Eto’o membukukan 130 gol dan 40 assist dalam 199 laga.

Masalah sebenarnya Eto’o di Barcelona adalah pelatihnya saat itu, Josep Guardiola. Mereka kurang akur karena masalah taktik. Dengan ganasnya Messi sebagai ujung tombak, Eto’o pun kehilangan posisinya sehingga harus pergi ke Inter pada akhir musim 2008-2009.

2. Antoine Griezmann

Antoine Griezmann (Foto: Reuters)

Antoine Griezmann diharapkan menjadi pembelian sukses saat Barcelona membelinya dari Atletico Madrid pada musim panas 2019. Akan tetapi, Griezmann kesulitan untuk beradaptasi di Barcelona. Dia bahkan dikabarkan kurang akur dengan Messi saat itu.

Berbagai masalah internal membuat performa Griezmann menurun. Dia pun baru mencatatkan 35 gol dan 17 assist pada dua tahun pertamanya bersama Barcelona. Griezmann kini dipinjamkan ke Atletico hingga akhir musim ini.

1. Philippe Coutinho

Philippe Coutinho (Foto: Istimewa)

Philippe Coutinho adalah pembelian termahal dalam sejarah Barcelona. Pemain Brasil itu dibeli Barcelona dari Liverpool dengan mahar 135 juta euro (sekira Rp2,1 triliun) pada musim dingin 2018. Akan tetapi, Coutinho gagal memenuhi ekspektasi di Barcelona.

Coutinho berposisi sebagai gelandang serang, tetapi tempat itu sudah menjadi milik Messi saat umurnya makin menua. Coutinho pun harus bergeser ke sayap sehingga tidak tampil maksimal.

Coutinho bahkan dipinjamkan ke beberapa klub demi mendapatkan menit bermain. Sejak musim dingin 2022, Coutinho main untuk Aston Villa di bawah asuhan mantan rekan setimnya di Liverpool, Steven Gerrard.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini