Share

Pengamat Sepakbola Singgung Kontroversi dalam Laga Farmel FC, Eks Striker Persipura Jayapura Turut Beri Tanggapan

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 09 Maret 2022 14:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 09 49 2558841 pengamat-sepakbola-singgung-kontroversi-dalam-laga-farmel-fc-eks-striker-persipura-jayapura-turut-beri-tanggapan-noKTG2hQbd.jpg Pengamat sepakbola singgung kontroversi dalam laga Farmel FC (Foto: Instagram/@farmelfc)

KOORDINATOR Save Our Soccer (SOS) dan juga pengamat sepak bola, Akmal Marhali, mengomentari kontroversi yang terjadi dalam pertandingan Farmel FC di Liga 3 musim ini. Dia mengunggah pendapatnya ke instagram (@akmalmarhali20) yang mendapatkan respons dari mantan penyerang Persipura Jayapura, Marinus Manewar.

Akmal membuka pendapatnya dengan pernyataan, Farmel FC sejatinya punya potensi untuk menjadi sesuatu di masa depan. Sebab, pembinaan pemain muda mereka cukup bagus.

Akmal Marhali (Foto: Instagram/@akmalmarhali20)

"ADA APA DENGAN FARMEL FC? #SOS-07022022 - Dan, farmelfc menjadi buah bibir di @liga3official. Sejatinya tim berjulukan 'Jawara Rajawali Merah' yang berdiri pada 2020 dan bermarkas di lapangan Sepakbola Raihan Center, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang cukup potensial," tulis Akmal, dikutip dari instagram-nya, Rabu (9/3/2022).

Sayang, perjalanan Farmel FC diliputi beberapa kontroversi saat mereka bertanding. Kontroversi terakhir terjadi saat Farmel FC menang 3-0 atas tim milik artis Prilly Latuconsina, Persikota Tangerang.

"Utamanya, dari sistem pembinaan akademinya di kelompok umur. Tapi, perjalanan klub yang berada di bawah payung hukum PT Farmel Cahaya Mandiri ini di #liga3indonesia penuh kontroversi," sambungnya.

"Sampai di Babak 16 Besar Grup CC saat #derbytangerang melawan @persikotafc1994 yang dimiliki @prillylatuconsina96. #Persikota memutuskan tidak melanjutkan pertandingan karena permintaan untuk mengganti wasit tak digubris #matchcommissioner," lanjut Akmal.

"#BayiAjaib yang notabene juara @liga3indonesia Zona Banten dengan mengalahkan #farmelfc harus kalah 0-3 di laga perdana Grup CC Babak 16 Besar. Benarkah perjalanan Farmel FC sampai Babak 16 Besar dibantu wasit?" ungkapnya.

Akmal pun menilai perlu ada penyelidikan terhadap kontroversi yang terjadi saat Farmel FC bertanding. Dia meminta PSSI untuk bertindak agar semuanya menjadi jelas.

"Ini harus dijawab @pssi sebagai operator kompetisi dan juga induk organisasi. #PSSI punya komite Fair Play yang dipimpin Haruna Soemitro, punya juga Komite Etik dan Komite Disiplin, bahkan PSSI punya #satgasantimafiabola bentukan sendiri yang sempat berdiri gagah di sejumlah pertandingan @liga1match dan @liga2match," sambungnya lagi.

Marinus Wanewar (Foto: Instagram/@marinuswanewar03)

"PSSI dengan kekuatannya harus bisa mengungkap permasalahan ini secara transparan dan akuntabel. Apakah Farmel sukses karena bantuan wasit, ada backing orang dalam, atau memang karena prestasi mereka," tulisnya.

"Ini penting untuk diungkap agar bila Farmel sukses promosi ke #liga2 statusnya menjadi jelas. Bahwa mereka lolos karena prestasi yang membanggakan. Bukan faktor nonteknis. Wasit yang sering mengambil keputusan keliru harus disanksi berat. Jangan sampai Liga 3 jadi barbar seperti laga @deltrasfcofficial vs @pspalembang_official atau @persipaofficial yang protes wasit," tutup Akmal.

Unggahan Akmal pun mendapatkan berbagai tanggapan di kolom komentar. Salah satunya datang dari Marinus yang menanggapinya dengan emotikon tertawa dan orang menepuk jidat.

Selain Marinus, banyak juga netizen yang berkomentar. Mereka tentu ingin tahu apa yang terjadi di balik semua kontroversi tersebut.

“Laaahhh.... kenapa setelah peristiwa kemaren IG nya FarmelFC gak ada yg bisa di tag ya,” tulis @dinda.rd.

“Liga setingan...ayo bongkar donk bung @akmalmarhali20,” ungkap @andrea_kemod.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini